Alat Musik Palembang

Setiap daerah memiliki alat musik tradisional masing-masing, begitupun dengan palembang yang memiliki alat musik tradisional palembang yang khas.

Mau tahu apa saja alat musik palembang?

Berikut alat musik Palembang yang perlu anda ketahui.

Alat Musik Burdah atau Oku

burdah

Alat musik burdah terbuat dari bahan kayu yang ditutupi dengan kulit hewan. Bisa dilihat bentuk dari burdah seperti  gendang.

Kata Oku berasal dari sebutan alat musik masyarakat Ogan Komering Ulu  yang disingkat menjadi “OKU”.

Itulah sebab alat musik ini disebut alat musik oku oleh masyarakat setempat.

Alat musik Burdah sering dimainkan pada acara adat lokal sebagai alat musik ritmis.

Alat Musik Gambus

gambus

Meskipun Gambus merupakan alat musik khas Timur Tengah, Namun jangan salah, alat musik ini juga ada di Palembang, masuknya alat musik ini mengikuti penyebaran agama islam di Indonesia.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik sehingga menimbulkan suara yang khas.

Alat musik Gambus dimainkan untuk mengiringi lagu bernuansa religi. Di Indonesia sendiri kita bisa melihat siaran di televisi atau mencari di Internet tentang alat musik Gambus Palembang.

Musikal Gambus terkenal dari Palembang misalnya Orkes Gambus Al Muhibbien dan Assyabab Group Gambus Palembang. Mungkin anda sudah lebih dulu mengenal grup ini.

Alat Musik Marawis

gambus

Alat musik marawis terbuat dari kayu, kulit binatang dan juga tali. Alat musik ini seperti gendang berkepala ganda namun berbadan pendek dan biasanya dimainkan sebagai pengiring lagu dengan nuansa Islam saat acara keagamaan, selain itu juga dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional.

Alat Musik Kenong Basemah

kenongn basemah

Alat musik kenong basemah memang bisa kita jumpai pada susunan ansambel gamelan Jawa. Pada bagian tengahnya ada lingkaran yang menonjol untuk dipukul

Alat pukul kenong terbuat dari kayu yang ujungnya dililitkan dengan kain, sehingga saat dipukul kenong mengeluarkan bunyi tanpa merusak fisiknya.

Alat musik Kenong Basemah bisa anda temukan di salah satu kota di Sumsel yaitu Kota Pagar Alam.

Kenong Basemah berguna sebagai penegas nada, seperti menekankan ketika lirik lagu yang mempunyai makna dalam.

Biasanya, 1 set kenong beragam, mulai dari 8 hingga 10 buah, namun pada umumnya 10 buah. Alat musik Kenong Basemah terbuat dari tembaga dan seperti namanya, bisa ditemukan di suku Basemah.

Alat MusikTenun

tenun

Tenun yaitu alat musik tradisional Palembang yang terbuat dari kayu, bentuknya persegi panjang.

Bagian tengahnya berbentuk seperti ornamen segitiga, jika dipukul nantinya akan mengeluarkan bunyi, bukan irama. Alat musik tenun ini biasanya dimainkan pada acara-acara lokal.

Alat musik ini juga dimainkan karena mereka bosan dan ingin menghibur diri di tengah-tengah kesibukan pekerjaan yang sedang terjadi pada saat itu.

Alat Musik Terbangan

terbangan

Terbangan merupakan alat musik tradisional dari Palembang yang berbentuk sejenis Rebana yang berada di daerah palembang, terdiri dari 4 jenis rebana, yaitu Hadroh dan satu buah bedug kecil yang disebut dengan Jidur.

Terbangan, biasanya dimainkan berbarengan dengan alat musik Serunai dan Biola (modern). Seperti layaknya alat musik pukul lainnya, Terbangan juga mempunyai  teknik dalam permainannya.

Alat Musik Genggong

Alat musik Enggong dari kota Pagar Alam menghasilkan suara seperti harmonika. Alat musik Genggong terbuat dari bambu, kayu atau logam tergantung dari keinginan si pembuat.

Pada zaman dahulu alat musik Genggong ini dimainkan para petani saat beristirahat dari aktivitasnya di sawah, untuk mengisi waktu masyarakat membawa Genggong sebagai hiburan.

Genggong juga dimainkan oleh masyarakat Basemah untuk tujuan yang sama juga yaitu penghibur.

Alat Musik Kolintang

Kolintang adalah alat musik tradisional palembang yang merupakan susunan logam kecil yang dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pemukul yang dibuat khusus.

Alat musik Kolintang di daerah lain di Indonesia mempunyai nama yang beragam, misalnya di Riau, alat musik ini disebut dengan nama Talempong atau Calempong.

Alat Musik Seruling

seruling

Alat musik seruling terbuat dari potongan  bambu. Seruling termasuk kedalam jenis alat musik tiup melintang yang dimainkannya secara horizontal, salah satu ujung dari seruling diberi penyekat, dilengkapi dengan enam lubang nada dan satu lubang yang berguna untuk meniup.

Permainannya bisa beriringan dengan senada untuk mengiringi lagu-lagu daerah dan lagu-lagu yang mengungkapkan perasaan yang ada di lubuk hati.

Alat Musik Gong

Gong terbuat dari bahan dasar kuningan. Gong bisa dimainkan secara tunggal maupun berkelompok melaraskannya dengan alat musik lainnya.

Alat Musik dari Palembang ini merupakan alat musik peninggalan nenek moyang yang sekarang masih ada sisa-sisa peninggalanya, maka dari itu kita sebagai penerusnya harus mempertahankan dan melestarikan sisia-sisia peninggalan ini.

Alat Musik Biola

Alat musik ini terbuat dari bahan ukiran kayu dan tali senar. Alat musik gesek mirip dengan biola Eropa. Instrumen ini mempunyai empat dawai dan busur. Biola ini pada umumnya dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu upacara adat Melayu. Selain itu dimainkan juga untuk mengiringi lagu-lagu tradisional.

Alat Musik Terompet

Terompet terbuat dari bahan dasar stenlis. Alat musik ini berbentuk seperti terompet Eropa. Terompet ini adalah bagian dari sepasang alat musik jidor atas blas karena dimainkan oleh belasan orang.

Dilihat dari sisi bentuknya, alat musik jidor sangat banyak mendapatkan pengaruh dari benua Eropa, seperti terompet, klarinet, sak seto, tenorak, dan alat musik khas Eropa lainnya.

Akhir Kata

Itulah ulasan tentang alat musik palembang yang terkenal di sumatera. Tentunya alat musik tradisional harus tetap kita jaga bersama agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita nantinya.

Baca Juga: Alat Musik Jambi

Tinggalkan komentar