Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Alat Musik Sumatera Selatan

3 min read

alat musik tradisional bonang

Sumatera Selatan memiliki banyak alat musik yang sampai sekarang masih ada. Karena sering dimainkan oleh masyarakat sumatera selatan. Inilah alat musik sumatera selatan yang perlu anda ketahui.

1. Kenong Basemah Palembang

Daerah Pagar Alam yang berada dibagian Barat propvinsi Sumatera Selatan yaitu daerah yang banyak di huni oleh masyarakat suku Basemah.

Suku Basemah dikenal mempunyai sebuah alat musik yang terkenal dengan nama Kenong Basemah. Bentuk alat musik ini hampir sama dengan alat musik kenong pada biasanya hanya saja mempunyai ukuran yang lebih kecil.

Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul ini terbuat dari bahan tembaga ini biasanya dimainkan bersamaan dengan gamelan dan berfungsi sebagai alat musik melodis.

2. Gambus

Gambus merupakan alat musik yang banyak digunakan oleh suku Melayu, karena itu penyebaran alat musik ini bisa kita temukan dibeberapa daerah dipulau Sumatera.

Salah satu daerah yang bisa kita temukan alat musik gambus yaitu daerah Sumatera Selatan. Alat musik ini sering digunakan oleh masyarakat didaerah lokal terutama daerah dengan kebanyakan suku Melayu.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa alat musik ini terbuat dari kayu dan mempunyai enam dawai yang masuk dalam kategori alat musik petik.

3. Terbangan

Terbangan sebetulnya bukanlah sebuah alat musik yang asli berasal dari Sumatera Selatan. Akan tetapi alat musik ini menjadi salah satu alat musik tradisional yang sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat di Sumatera Selatan.

Alat musik Terbangan sebetulnya adalah alat musik Rebana yang dibawa ke daerah Sumatera Selatan oleh masyarakat Melayu Aceh dalam penyebaran agama Islam di Sumatera Selatan.

Terbangan merupakan alat musik yang terdiri dari 4 buah Rebana dan dimainkan dengan cara dipukul. Biasanya alat musik ini dimainkan pada saat acara syukuran dan dimainkan bersamaan dengan alat musik Serunai.

4. Burdah

Burdah merupakan alat musik yang banyak digunakan oleh masyarakat di Sumatera Selatan khususnya Ogan Komering Ulu (OKU). Burdah lebih dikenal dengan nama Gendang OKU karena alat musik ini pertama kali ditemukan oleh budaya masyarakat OKU.

Alat musik ini sering digunakan dalam acara-acara adat misalnya pernikahan, latihan pencak silat dan banyak acara-acara lainnya. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.

5. Tenun

Alat musik yang satu ini memang mempunyai nama yang berbeda dan sangat unik. Alat musik ini sebenarnya merupakan alat musik yang banyak digunakan untuk mengusir rasa bosan dan menjadi alat penghibur bagi para wanita yang sedang menenun kain, itu jugalah yang menyebabkan alat musik ini disebut dengan alat musik tenun. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara memukulkan kayu pada bagian tertentu yang menghasilkan nada-nada berbeda.

6. Biola

Alat musik ini tentu banyak kita ketahui bersama sebagai alat musik yang cukup populer hingga sekarang. Bentuk fisik alat musik biola dari sumatera selatan ini mempunyai bentuk yang sama dengan biola dari Eropa.

Alat musik yang dibuat dari kayu dan tali senar ini dimainkan dengan cara digesek. Istrumen musik ini mempunyai 4 dawai dan busur, biasanya alat musik ini banyak dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu pada upacara adat Melayu.

7. Terompet

Alat musik ini yaitu salah satu alat musik klasik dan banyak digunakan oleh masyarakart diseluruh dunia dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

Begitu juga dikalangan warga Sumatera Selatan telah lama menggunakan alat musik yang satu ini menjadi alat musik tradisional yang masih digunakan hingga sekarang pada acara- acara tertentu. Alat musik ini dibuat dari bahan dasar stenlis dan dimainkan dengan cara ditiup bersamaan dengan alat musik lainnya.

Telurusi: Alat Musik Sumatera Utara

8. Gong

Pada masa lalu gong adalah satu alat musik yang juga digunakan sebagai alat komunikasi. Ketika gong dipukul maka biasanya akan ada pengumuman yang akan disampaikan pada khalayak ramai dan dengan terdengarnya bunyi gong maka masyarakat akan ramai-ramai berkumpul.

Alat musik ini dibuat dari bahan dasar kuningan yang bisa dimainkan secara perorangan maupun bersamaan dengan alat musik yang lainnya. Alat musik ini banyak dimainkan pada acara-acara adat di Sumatera Selatan.

9. Genggong

Genggong yaitu salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara di tiup. Ada beberapa daerah di pulau Sumatera yang menggunakan genggong sebagai alat musik tradisional masa lalu salah satunya merupakan Sumatera Selatan. Genggong dibunyikan dengan cara ditiup dan menggunakan tangan dan getaran lidah sebagai pengatur nadanya. Alat musik Genggong dibuat dari bahan pelepah enau, bilah bambu atau logam.

10. Kolintang

Kolintang dikenal oleh masyarakat suku Komering dari Sumatera Selatan. Alat musik ini sering dimainkan pada pertunjukan musik saat upacara adat maupun acara tradisional lainnya. Kolintang terbuat dari susunan logam kecil yang tersusun dan dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pukul yang dibuat secara khusus.

11. Seruling

Seruling merupakan alat musik dari bambu yang mempunyai beberapa lubang. Seluring dikenal luas hampir diseluruh masyarakat adat di nusantara hanya saja mempunyai nama yang berbeda.

Seruling dimainkan dengan cara ditiup dan menutup beberapa lubang dengan jari untuk mengatur melodi. Seruling bisa dimainkan secara tunggal maupun berkelompok untuk mengiringi lagu-lagu daerah dalam upacara adat atau pertunjukan tradisional.

12. Marawis

Marawis terkenal dibanyak daerah dengan sebaran ummat Islam terbanyak di daerah Sumatera Selatan. Alat musik ini banyak dimainkan untuk mengiringi lagu yang bernuansa islam pada acara-acara keagamaan. Alat musik ini terbuat dari kayu dan kulit binatang serta tali.

13. Kecapi

Sama seperti beberapa jenis alat musik lainnya, Kecapi bukanlah alat musik asli dari Sumatera akan tetapi alat musik yang satu ini sejak lama digunakan oleh masyarakat adat di beberapa daerah di Sumatera.

Daerah-daerah yang banyak menggunakan Kecapi sebagai instrumen musik tradisional terutama di daerah dengan mayoritas penduduk Jawa.

Alat musik ini terbuat dari kayu dan tali senar yang dibuat dari kawat logam yang tipis. Kecapi dimainkan dengan cara dipetik oleh tangan.

 

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *