Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Ada banyak sekali alat musik tradisional Indonesia yang terkenal hingga keluar negeri, salah satu diantaranya adalah alat musik Tradisional Jawa Timur.

Bagi anda yang belum tahu apa saja alat musik dari jawa timur, yuk simak artikel berikut sampai selesai.

Alat Musik Angklung Reog

angklung reog
Alat musik bambu yang dimainkan untuk mengiringi tarian reog. Cara memainkan adalah dengan digerakkan sehingga mengeluarkan bunyi melalui benturan antara bambu dan cuthik yang fungsinya sebagai resonator. Sistem nada yang digunakan adalah pelog.

Angklung Reog adalah alat musik yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, sesuai dengan namanya alat musik ini berfungsi  sebagai pengiring dalam pementasan kesenian Reog Ponorogo.

Bentuk dari alat musik ini sama dengan alat musik Angklung yang berasal dari Jawa Barat, yang membedakannya ialah Angklung Reog biasanya dihiasi dengan tali yang berwarna merah dan kuning.

Alat Musik Kluncing

alat musik kluncing

Kluncing yaitu alat musik Jawa Timur yang bentuknya seperti alat musik triangel. Hal ini dipengaruhi oleh masuknya budaya bangsa Eropa.

Alat musik kluncing terbuat dari logam. Cara memainkan alat musik ini hanya dipukul dengan alat pemukul khusus kluncing.

Alat Musik Bonang

Alat musik yang satu ini tidak hanya berkembang di Jawa Barat dan Jawa Tengah saja. Melainkan Jawa Timur juga mempunyai alat musik yang satu ini.

Cara memainkan alat musik ini ialah memukul bagian yang menonjol pada bonang. Bagian yang menonjol pada bonang ini disebut dengan pencon. Untuk alat pemukul bonang ini disebut bindhi.

Alat Musik Kenong

alat musk kenong

Kenong adalah sebuah alat musik Jawa Timur yang biasa mengiringi pertunjukan seni tari Reog Ponorogo. Bentuk kenong seperti gong kecil.

Cara memainkan alat musik ini dipukul dengan alat khusus. Instrumen kenong dipergunakan untuk memperkuat nada.

Kenong sendiri memiliki dua macam variasi yaitu kenong besar dan kenong kecil. Kedua macam kenong dimainkan bersamaan untuk mengiringi seni pertunjukan.

Alat Musik Angklung Caruk

Sets of Angklung in various size and octave, Saung Angklung Udjo

Alat musik ini berkembang di daerah Banyuwangi. Sama dengan angklung yang sudah populer, bahan dasar dari angklung ini ialah bambu.

Harmonisasi dari alat musik ini digunakan untuk suasana kompetisi. Biasanya membutuhkan dua kelompok angklung yang nantinya adu kepiawaian.

Alat Musik Kempul

Alat musik kempul bentuknya hampir mirip dengan gendang. Bedanya kempul mempunyai suara lebih berat dari pada gendang.

Kempul terbuat dari bahan kayu dan bagian tabuhannya dari kulit binatang. Cara menggunakan alat musik ini adalah memukul membran kulit binatang. Instrumen yang dihasilkan tergantung dari kepintaran pemain dalam menabuh kempul.

Alat Musik Kentongan

Alat musik ini juga berasal dari jawa timur. Biasanya, alat musik ini sering digunakan oleh masyarakat untuk melakukan pengamanan di pos kamling. Biasa juga disebut kentongan.

Kentongan terbagi kedalam tiga kategori yaitu kentongan suara tinggi, kentongan  suara sedang dan kentongan  suara rendah. Alat musik ini digunakan dalam acara karapan sapi dan sapi sono.

Alat Musik Kethuk Esri

Kethuk esri ini  merupakan alat musik dari Jawa Timur yang bentuknya sama dengan gong. Alat musik kethuk berjumlah dua buah.

Cara menggunakan alat musik ini yaitu dipukul pada tonjolannya. Bahan utama dari alat musik ini ialah logam. Suara yang dihasilkan dari alat musik ini rendah.

Alat Musik Ketuk Jaler

kethuk jaler

Alat musik  ini masih satu rumpun dengan alat musik Jawa Timur ketuk estri. Perbedaan dari kedua alat musik ini ialah bisa dilihat dari suara yang dihasilkan.

Suara yang dihasilkan dari alat musik kethuk jaler lebih tinggi satu kwint dibandingkan dengan alat musik kethuk estri.

Alat Musik Saronen

Alat musik Jawa Timur ini berasal dari Madura. Panjang dari alat musik ini mencapai 40 senti meter.

Cara menggunakan alat musik ini ialah ditiup seperti seruling.

Saronen mempunyai tujuh buah lubang. Enam lubang berderetan didepan dan satu lubang lagi berderetan di belakang.

Saronen memiliki suara yang keras dan nyaring ketika ditiup.

Alat Musik Gendang Banyuwangi

Banyuwangi terkenal akan seni musik tradisionalnya. Hingga saat ini alat musik gendang mempunyai variasi tersendiri di daerah Banyuwangi.

Gendang yang berasaldari Banyuwangi ini biasa digunakan untuk mengiring seni musik atau tarian khas Banyuwangian. Untuk membunyikan alat musik ini anda harus memiliki keahlian khusus.

Alat Musik Ul Dahul

bui dahul

Alat musik  ul dahul berasal dari daerah Madura. Lahirnya alat musik ini yaitu di kawasan Sumenep. Cara untuk menggunakan alat musik ini ialah ditabuh.

Ul dhaul merupakan alat musik perkusi etnis khas di daerah Jawa Timur. Alat musik ini juga digunakan untuk mengiringi seni tari atau pertunjukan di daerah Madura dan sekitarnya.

Alat Musik Suling Bambu

Cara memainkan alat musik ini ialah ditiup. Untuk mencapai nada-nada tertentu alat musik ini diperlukan teknik khusus.

Suara yang dihasilkan dari suling bambu juga khas dari pada suling sintetis.

Alat Musik Ketipung

Banyak orang mengetahui bahwa gendang dan ketipung adalah sebuah alat musik yangsama. Akan tetapi ada perbedaan yaitu pada segi ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan gendang.

Ketipung terbuat dari bahan dasar kayu yang dibubut dan diberi lubang pada bagian tengahnya dengan ukuran 20-40 cm sesuai kengininan pengrajin.

Cara memainkan ketipung ialah menggunakan tangan layaknya gendang.

Penutup

Demikian penjelasan tentang alat musik tradisional jawa timur yang harus kita ketahui, terutama penduduk jawa timur. Karena sudah kita ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki banyak alat musik tradisional yang memang sudah diakui oleh dunia.

Selain itu kita juga harus menjaga kelestarian alat musik tradisional Indonesia yang sudah di wariskan oleh leluhur kita.

 

Tinggalkan komentar