Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Jenis Ayam Bangkok

5 min read

jenis ayam bangkok

Jenis Ayam Bangkok – Siapa sih yang tidak kenal dengan hewan unggas yang satu ini?

Namanya sangat Populer di Indonesia, siapa lagi kalau bukan ayam bangkok.

Ayam bangkok ialah sejenis ayam aduan yang populer di Asia Tenggara dan Khususnya di Indonesia. Apalagi jenis hewan ini sudah populer di kalangan pecinta ayam, karena sering dijadikan ayam aduan.

Yuk, Kita mengenal lebih dekat tentang ayam bangkok!

A. Mengenal Ayam Bangkok

Ayam Bangkok diketahui sebagai ayam aduan yang handal. Ia memiliki bentuk tubuh yang elegan, tinggi, dan garang saat beradu. Ditambah lagi dengan sorotan matanya yang tajam membuat lawan ketakutan.

Meskipun demikian, tidak semua orang menjadikan ayam Bangkok sebagai ayam aduan. Sebagian orang memelihara ayam Bangkok hanya untuk sekedar hobi saja.

Well, terlepas dari itu semua, cakbagus akan membagikan informasi terkait jenis ayam Bangkok yang paling bagus dan sering dipakai sebagai ayam aduan.

Apa saja jenis ayam Bangkok itu?

Baca juga: Jenis jenis Kelinci

B. Jenis Ayam Bangkok

Jenis ayam Bangkok disini sudah dilengkapi dengan gambarnya. Sehingga memudahkan anda untuk mengambil referensi sebelum memelihara ayam Bangkok dirumah ya.

  • Jenis Ayam Bangkok Wangkas

jenis ayam bangkok
ayamtempur.biz

Ayam Bangkok wangkas menempati posisi pertama dalam pembahasan ini. Jenis ayam Bangkok ini sangat terkenal.

Di Indonesia sendiri ayam Bangkok wangkas sering digunakan dalam ajang pertarungan ayam, karena kehebatan serta gaya bertarung nya sudah tidak diragukan lagi.

Makanya kebanyakan orang sering menjadikan ayam Bangkok wangkas sebagai indukan agar memiliki keturunan yang baik untuk bertarung.

Ayam Bangkok wangkas memiliki dua varian warna. Pertama adalah ayam Bangkok wangkas emas dan kedua ayam Bangkok wangkas geni.

Ayam Bangkok emas di dominasi oleh warna kuning emas, sedangkan warna geni didominasi oleh warna merah menyerupai geni ( geni ialah bahasa jawa yang artinya api).

Untuk keduanya sama-sama unggul dan juga bagus apabila dipelihara dirumah walau sekedar hobi.

  • Jenis Ayam Bangkok Pakhoy

jenis ayam bangkok
ayam bangkok pakhoy

Jenis ayam Bangkok ini cukup popular di Masyarakat. Tahukah anda! Bahwa pertama kali ayam Bangkok pakhoy ini dihasilkan oleh peternak asal Bangkok Negara Thailand.

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, ayam Bangkok pakhoy memiliki warna dasar hitam dengan bulu rawis dan leher berwarna merah kecokleatan.

Dari sisi aduan, ayam Bangkok pakhoy dikenal sebagai ayam aduan yang bisa mengimbangi kecepatan ayam Burma. Sehingga tidak heran jika banyak dicari oleh penggemar ayam aduan.

  • Ayam Bangkok Jali

jenis ayam bangkok
indobola.biz

Sebenarnya ayam Bangkok jali kurang terlalu diminati oleh penggemar ayam aduan. Namun ayam Bangkok jali memiliki warna yang lebih varian sehingga terkadang ia disebut ayam birik.

Jenis ayam Bangkok ini memiliki bintik-bintik kuning, putih, merah, dan hitam dengan tersusun rapi. Pokoknya jenis ayam ini sangat bagus untuk dipelihara dirumah.

  • Ayam Bangkok Wiring

jenis ayam bangkok
judiayambangkok.com

Ayam Bangkok wiring mempunyai banyak penggemar di kalangan masyarakat. Bukan karena kegigihannya bertarung. Namun, karena ia memiliki warna dan bentuk tubuh yang menawan.

Bahkan jenis ayam ini dikatakan dalam sejarah kalau ayam Bangkok wiring biasa dijadikan sebagai ayam persembahan bagi para raja di Negara asalnya yaitu Thailand.

Untuk di Indonesia sendiri ada dua jenis ayam Bangkok wiring yang sering dipelihara oleh masyarakat. Yaitu ayam Bangkok wiring kuning dan ayam Bangkok wiring galih.

Perbedaan dari kedua jenis ayam Bangkok ini terdapat pada warna bulu rawisnya. Jika bulu rawis lebih dominan kecokelatan maka disebut wiring galih.

Namun jika bulu rawisnya berwarna kuning maka dinamakan ayam bangkong wiring kuning.

Dalam segi aduan, ayam bangkok wiring memiliki keakuratan dalam menyerang lawannya. Disisi lain juga ia memiliki ukuran keras dan menawan.

Makannya jika anda memelihara ayam Bangkok ini karena hobi, sebaiknya dijauhkan dari ayam cemani (ayam kampung). Karena bisa menyerang dadakan.
  • Ayam Bangkok Blorok

jenis ayam bangkok
agentembakcacing.asia

Jika dilihat sekilas, ayam Bangkok blorok mirip dengan ayam Bangkok jali, padahal keduanya berbeda jauh. Untuk membedakan diantara keduanya tidaklah sulit. Lihat saja susunan corak warnanya.

Susunan bintik-bintik ayam Bangkok jali lebih rapi dibandingkan dengan ayam Bangkok blorok. Dari segi warnanya juga berbeda. Biasanya warna ayam Bangkok blorok berwarna putih sedangkan Bangkok jali berwarna kuning.

Yang paling banyak dicari oleh kebanyakan orang adalah Bangkok blorok madu. Jika blorok biasa memiliki warna putih dengan dua dominasi warna hitam dan merah, maka untuk blorok madu lebih istimewa.

Ia memiliki corak warna putih dengan kombinasi merah, hitam, dan hijau. Karena itulah masyarakat banyak yang ingin memelihara blorok madu.

Selain warna, blorok madu juga memiliki banyak kelebihan dalam beradu. Yaitu memiliki kecerdasan dalam beradu dan kuat, bahkan bisa mengidentifikasi kelemahan lawannya.

Namun ada juga kekurangan yang dimiliki jenis ayam Bangkok ini, yaitu pada pernapasan dan stamina. Mungkin karena sangat agresif sehingga cepat lemas.

Jika sudah lemas serangannya kurang akurat dan kurang bertenaga.
  • Ayam Bangkok Klawu

jenis ayam bangkok
sentraayambangkok.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, ayam Bangkok klawu ini didasari oleh warna abu-abu dan ditambah dengan beberapa kombinasi warna seperti merah, kuning, hitam, dan gading.

Pada umumnya warna campuran tersebut terdapat dibagian rawis (bulu leher).

Setiap kombinasi warna juga memiliki nama panggilan yang berbeda-beda. Misalnya ayam Bangkok abu-abu bercorak merah maka disebut klawu geni. Jika abu-abu bercorak hitam biasa disebut klawu kethek.

Sebagian orang kurang begitu tertarik terhadap jenis ayam Bangkok ini. Disebabkan karena warna yang terlalu kalem dan kurang menarik.

Meskipun begitu, ayam Bangkok klawu juga memiliki kelebihan dalam sisi aduan. Yaitu pukulan yang lumayan keras, ideal dalam menyerang dan bisa mengatur ritme penyerangan.

  • Ayam Bangkok Putih

jenis ayam bangkok
ayambangkok.web.id

Jika anda penghobi ayam Bangkok, mungkin jenis ayam Bangkok ini sangat cocok untuk dipelihara. Karena warnanya cantik dan mempesona.

Jika biasanya ayam memiliki warna yang bermacam-macam, maka untuk jenis ayam Bangkok ini hanya satu warna saja yaitu putih. Baik warna dasar atau pun warna rawisnya.

Untuk gaya bertarung nya tidak kalah dengan jenis ayam yang sudah cakbagus sebutkan diatas. Ayam Bangkok putih memiliki pukulan keras dan lompatan yang cepat.

  • Ayam Bangkok Jragem

jenis ayam bangkok
cermati.com

Ayam Bangkok ini kebalikan dari ayam Bangkok putih. Ayam Bangkok ini biasa disebut Bangkok kumbang. Ia memiliki warna hitam pekat disekujur tubuhnya.

Dari kepala, rawis, dan ekor, didominasi oleh warna hitam. Namun sayang sekali keberadaan jenis ayam ini sudah jarang ditemukan, kalaupun ada mungkin hasil persilangan antara ayam Bangkok dengan ayam kampong cemani.

  • Ayam Bangkok Wido atau Jalak

jenis ayam bangkok
pinterest.com

Sama seperti Bangkok klawu, Bangkok jalak juga kurang peminatnya karena memiliki warna yang kurang menarik.

Pada umumnya jenis Bangkok ini memiliki warna hitam, lalu di bagian rawis biasanya berwarna putih kehijauan, dibagian paruh, mata, dan kaki berwarna kuning. Namun tergantung juga sama rawisnya, ada yang kuning dan ada yang putih.

  • Ayam Bangkok Mathai Persilangan Burma dan Thailand

jenis ayam bangkok
pixabay.com

Jenis ayam Bangkok ini ialah hasil dari perkawinan antara ayam Burma dan Bangkok. Karena salah satu teknik bertarung ialah dengan menyilangkan ras ayam.

Sebagai contoh adalah ayam mathai berhasil menjelma sebagai ayam unggulan. Mempunyai gerakan yang cepat seperti Burma namun mempunyai teknik bertarung yang tangguh seperti Bangkok.

C. Cara Merawat Ayam Bangkok

jenis ayam bangkok
ternakayam.ptnasa.net

Sebenarnya setiap orang memiliki cara tersendiri dalam merawat ayam Bangkok. Namun ada beberapa hal penting yang harus dilakukan agar ayam Bangkok piaraan anda tumbuh menjadi ayam yang berkualitas.

Dibawah ini adalah cara memelihara ayam Bangkok yang baik dan benar.

  • Membersihkan Kandang Ayam
jenis ayam bangkok
99.co

Kandang ayam harus sering dibersihkan agar tidak menjadi penyakit terhadap ayam. Kandang ayam harus dibersihkan setiap hari. Dengan begitu kesehatan ayam akan terjaga dan kualitas ayam semakin meningkat.

  • Memberi Pakan

jenis ayam bangkok
indobola77.biz

Pemberian pakan ialah hal yang paling penting untuk diperhatikan, termasuk dalam cara merawat ayam. Selain sebagai asupan energi, pakan ayam juga berpengaruh terhadap performa ayam.

  • Memandikan Ayam Bangkok

jenis ayam bangkok
kompak18.wordpress.com

Untuk menjaga dan merawat kesehatan ayam. Selain kandang yang dibersihkan setiap hari, ayam juga harus dimandikan. Dengan begitu, ayam akan terlihat lebih menarik, tangguh dan berkualitas.

Catatan:

Jangan memandikan punggung ayam terlalu sering karena bulu-bulunya akan mudah kusut. Peras handuk yang digunakan untuk membasuh ayam agar airnya tidak terlalu banyak.

  • Menjemur Ayam

jenis ayam bangkok
takimzone.com

Setelah dimandikan, ayam harus dijemur untuk menghilangkan sisa-sisa air pada bulu dan badannya. Anda tinggal memasukkan ayam kedalam kurungan bulat yang bagian bawahnya sudah diberi alas kayu agar ayam tidak kembali kotor.

Lakukan penjemuran diantara jam 08:00-10:00, karena pada jam jam seperti itu sinar matahari mengandung Vitamin D inaktif yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan bulu ayam.

D. Penutup

Melihat ulasan diatas kita sepakat bahwa ayam bangkok bisa dibedakan sesuai dengan corak warnanya. meski saat ini sudah banyak yang melakukan persilangan, tidak menutup kemungkinan akan ada jenis jenis baru yang lebih bagus.

Demikian ulasan tentang jenis ayam bangkok yang bagus disertai dengan gambar, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin memelihara ayam bangkok.

Sekian dan terimakasih.

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Jenis Bunga Matahari

Abdhi Mujahid
6 min read

Jenis Ayam Petarung

Abdhi Mujahid
4 min read

Jenis Ayam Kalkun

Abdhi Mujahid
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *