Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Jenis Ayam Kalkun

4 min read

jenis ayam kalkun

Jika sebelumnya kita membahas tentang jenis ayam petelur, tidak salahnya kali ini kita akan membahas tentang jenis ayam kalkun terbaik di dunia.

Seperti apa sih ayam kalkun itu?

Dari pada penasaran.

Yuk, langsung saja.

Mengenal Ayam Kalkun

jenis ayam kalkun
bobo.grid.id

Ayam kalkun ialah jenis unggas yang pertama kali ditemukan di Amerika Utara dan Meksiko lebih dari 400 tahun yang silam.

Menurut bahasa Inggris ayam kalkun disebut “turkey”. Kenapa ayam kalkun disebut “turkey”?

Meskipun dalam bahasa Inggris kalkun disebut turkey namun ternyata kalkun ini bukan berasal dari turki. Kalkun ialah jenis burung besar yang biasa dijadikan sajian pada hari-hari besar di berbagai Negara.

Dibalik kelezatan daging kalkun, perlu anda ketahui bahwa ayam kalkun mempunyai berbagai fakta unik yang mungkin tidak ditemukan pada jenis ayam lainnya.

Fakta Unik Ayam Kalkun

Ayam Kalkun Bertelur Lebih Banyak dan Besar

jenis ayam kalkun
baladabocahdesa.blogspot.com

Dalam produktifitasnya, ayam kalkun mampu menghasilkan telur yang lebih banyak serta lebih besar jika di banding dengan telur ayam biasa. Rata- rata ayam kalkun bisa menghasilkan 10-12 butir telur dalam satu periode.

Telur ayam kalkun juga mempunyai kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh manusia. Kandungan gizi yang dimiliki ayam kalkun berguna untuk pertumbuhan sel-sel tubuh.

Selain itu, telur ayam kalkun sangat baik untuk perkembangan otak dikarenakan telur ayam kalkun mengandung omega 3 dan omega 6 yang cukup tinggi.

Terlebih lagi apabila dikonsumsi oleh anak-anak, dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Telur ayam kalkun mempunyai rasa yang gurih dan nikmat.

Daging Ayam Kalkun Memiliki Gizi yang Tinggi

jenis ayam kalkun
ayamkalkunkita.blogspot.com

Ayam kalkun mempunyai kandungan protein yang bisa memperlambat pencernaan, sehingga dapat merasa lebih kenyang tahan lama.

Untuk anda yang menginginkan, maka dengan mengkonsumsi daging ayam kalkun bisa menjadi salah satu cara yang tepat.

Daging ayam kalkun juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mengandung vitamin B6.

Selain itu juga, daging ayam kalkun dipercaya sebagai hewan anti kanker karena mengandung mineral zinc dan selenium yang bisa mencegah terjadinya sel-sel yang akan dialami penderita kanker.

Pertumbuhan Ayam Kalkun Lebih cepat

jenis ayam kalkun
faktualnew.co

Jika dibandingkan dengan ayam biasa, ayam kalkun bisa dikatakan memiliki pertumbuhan fisik yang jauh lebih cepat. Dimana saat usianya tiga bulan mampu mencapai 6 kg.

Memiliki Kemiripan dengan Ayam Ketawa

jenis ayam kalkun
younknow.blogspot.com

Jenis unggas yang mempunyai tembolok yang menghasilkan suara seperti ayam ketawa sehingga tak jarang orang yang tidak biasa membedakan antara ayam kalkun dengan ayam ketawa.

Berikut Jenis Ayam Kalkun

Golden Palm

jenis ayam kalkun
ayamkalkunmagelang.wordpress.com

Ayam kalkun golden palm ialah jenis kalkun yang sangat mudah ditemukan di pasar lokal sehingga mempunyai peminat yang cukup banyak karena mempunyai bulu yang berwarna keemasan.

Bronze

jenis ayam kalkun
hobiternak.com

Ayam kalkun bronze ialah jenis ayam kalkun yang sangat popular dan termasuk jenis ayam dengan populasi paling banyak diantara jenis kalkun lain.

Ayam kalkun ini biasa disebut sebagai jenis kalkun yang paling besar. Ayam kalkun ini juga termasuk kedalam jenis kalkun pedaging.

Pecilled Palm

jenis ayam kalkun
ayamkalkunkita.blogspot.com

Ayam kalkun ini ialah jenis kalkun yang mempunyai perpaduan warna mirip batik dan pada bulu ekornya menyerupai bulu macan sehingga kalkun ini sering disebut penciled tiger.

Black Spanish

jenis ayam kalkun
jualayamhias.com

Jenis ayam kalkun ini berasal dari eropa, ia merupakan salah satu jenis kalkun yang mempunyai warna hitam di seluruh tubuhnya. Kalkun black Spanish tergolong kedalam jenis kalkun termahal jika dibandingkan dengan jenis kalkun lainnya.

Royal Palm

jenis ayam kalkun
olx.co.id

Jenis ayam kalkun ini mempunyai bulu yang cantik pada tubuhnya, dengan perpaduan warna hitam dengan putih yang banyak digemari oleh kaum wanita.

White Holland

jenis ayam kalkun
jualayamhias.com

Sesuai dengan namanya, macam ayam kalkun ini di kembangbiakan di Negara Belanda. Kemudian spesiesnya bermigrasi ke Negara Amerika Serikat.

Pada tahun 1800-an, ayak kalkun ini popular sebagai daging burung. White holland dikenal sebagai kalkun yang santuy dan bisa menjadi ibu yang baik.

Uniknya, kadang-kadang mereka memecahkan telurnya sendiri karena induknya mempunyai bobot jumbo. Seekor ayam white Holland betina berukuran sekitar 9 kg sedangkan yang jantan mencapai 13,6 kg.

Brush Turkey

jenis ayam kalkun
en.wikipedia.org

Jenis ayam kalkun ini memiliki ciri khas yaitu bulunya berwarna hitam, kepalanya merah, dan ekornya berwarna hitam, sementara gelambir tenggorokanya berwarna kuning.

Ayam brush turkey menjadi ayam kalkun terbesar di Autralia. Mereka menyebar disemenanjung Capek York dan Sydney.

Jenis ayam kalkun ini biasanya hidup di hutan dan semak-semak yang kering. Mereka mengkonsumsi serangga, biji-bijian, dan buah-buahan yang jatuh.

Wild Turkey

jenis ayam kalkun
audubon.org

Ayam kalkun ini berasal dari Amerika Utara. Mereka ialah anggota galiformes terberat. Sebetulnya wild turkey masih satu spesies dengan kalkun domestik, yang dulunya memang menjadi kalkun liar di Meksiko Selatan.

Jika sudah dewasa mereka mempunyai kaki yang berwarna kuning kemerahan atau hijau abu-abu. Sedangkan bulu pada tubuhnya berwarna gelap kehitaman.

Narraganset

jenis ayam kalkun
localharvest.org

Jenis ayam kalkun ini berasal dari Rhode Island. Jika sudah dewasa, kalkun betinanya mempunyai bobot tubuh sekitar 8 kg. sementara itu, yang jantan mempunyai berat sekitar 13,6 kg.

Midget White

jenis ayam kalkun
pinterest.com

Jenis ayam kalkun ini terbilang jenis baru. Pasalnya pada tahun 1960-an dari Universitas Massachusetts mengembangkannya.

Kalkun ini ialah hasil kawin silang antara Royal Palm dan Broad Breasted. Jenis kalkun ini memiliki ukuran kecil, namun rasanya begitu lezat.

Untuk bobot kalkun betina memiliki bobot 3-6 kg, sedangkan kalkun jantan dewasa mempunyai bobot 3-9 kg.

Broad Breasted Whites

jenis ayam kalkun
id.yellowbreadsert.com

Macam ayam kalkun ini ialah kalkun modern yang dikembangkan secara komersial. Mereka terkenal di semua Negara. Kalkun ini juga mempunyai rasio konsumsi yang tinggi.

Sehingga kalkun ini cocok untuk dijadikan bisnis peternakan. Namun mereka tidak bisa berjalan dan terbang, mereka juga mudah sakit.

Untuk segi daging kalkun ini kurang begitu lezat.

Black Turkey

jenis ayam kalkun
youtube.com

Kalkun ini ialah spesies kalkun domestik. Jenis kalkun ini berasal dari Meksiko kemudian dibawa ke Eropa oleh penjajah spanyol yang menginjakkan kaki untuk pertama kali di Amerika Serikat.

Maka dari itu, jenis kalkun ini sudah terkenal sejak tahun 1500-an.

Blue Slate

jenis ayam kalkun
pinterest.com

Seperti black turkey. Macam ayam kalkun ini termasuk kedalam domestik, hanya saja warnanya abu-abu. Terkadang kebanyakan orang memanggilnya dengan sebutan kalkun lavender.

Penampilannya terlihat indah dan menawan. Jenis ayak kalkun betina mempunyai bobot sekitar 3-6 kg sedangkan yang jantan kisaran 4-10 kg.

Pakan Ayam Kalkun

jenis ayam kalkun
fauna.id

Setelah mengetahui macam ayam kalkun, alangkah lebih baiknya kita mengetahui juga apa saja sih makanan yang sering dimakan oleh ayam kalkun?

Makanan yang sering dimakan oleh ayam kalkun biasanya berupa tahu, konsentrat, bekatul, dan sisa makanan sejenisnya.

Untuk jenis anak ayam kalkun alangkah lebih baiknya di berikan voer, karena pakan voer mempunyai kandungan protein yang tinggi dan sangat berguna untuk membantu pertumbuhan bagi anak ayam kalkun tersebut.

Sesekali juga bisa diberikan makanan konsentrat yang sudah dicampurkan dengan irisan sayuran. Karena kalkun ialah jenis unggas yang sangat senang memakan sayuran.

Kalkun juga ialah hewan yang tidak memerlukan banyak air. Karena kalkun akan berkurang nafsu makannya dan mudah terserang penyakit jika terlalu banyak minum air.

Dalam pemeliharaan ayam kalkun dibutuhkan kandang yang sesuai aktivitas dan umurnya.

Kandang Ayam Kalkun  

jenis ayam kalkun
contohternak.blogspot.com                        

Hal yang harus diperhatikan untuk peternakan adalah kandang. Kandang yang tepat untuk ayak kalkun adalah kandang umbaran.

Meskipun kandang umbaran, mereka juga akan membutuhkan kandang untuk melindungi diri dari panas maupun serangan dari predator.

Dalam pemeliharaan ayam kalkun sangat disarankan tempat kandang yang tidak sulit untuk mendapat makanan, yaitu tidak terlalu lembab dan mengarah kearah timur agar pada saat pagi hari kandang ayam kalkun akan langsung tersinari oleh cahaya matahari.

Penutup

Demikian pembahasan tentang jenis ayam kalkun terbaik di dunia. Terimakasih

 

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Jenis Bunga Matahari

Abdhi Mujahid
6 min read

Jenis Ayam Petarung

Abdhi Mujahid
4 min read

Jenis Ayam Petelur

Abdhi Mujahid
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *