Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Jenis Bebek Petelur

1 min read

bebek petelur karawang

Jenis Bebek Petelur – Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini yaitu bebek. Bebek dibagi kedalam jenis-jenisnya, ada bebek petelur, bebek daging dan bebek hias.

Dan untuk bebek petelur terbagi kedalam jenis bebek mojosari, bebek magelang, bebek alabio, bebek cirebon dan bebek-bebek lainnya.

Budidaya bebek petelur memang sudah banyak digunakan di masyarakat baik dalam skala besar maupun kecil dan juga perawatannya sederhana.

Cek Juga: Jenis Ayam Petelur

Pengen tahu jenis bebek petelur unggulan? Simak ulasannya dibawah ini.

1. Jenis Bebek Petelur (Bebek Jawa)

jenis bebek petelur

Bebek ini dikenal dengan sebutan bebek jawa yang merupakan salah satu bagian dari bebek lokal asli Indonesia.

Pada umumnya bebek ini banyak diternakkan di bagian Pulau Jawa. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya jaman bebek ini sudah banyak diternakkan di berbagai wilayah di negeri Indonesia.

Bebek Jawa ini juga termasuk kedalam bebek poeghasil telur dengan jumlah produktifitas yang sangat tinggi. Dalam setahun bebek ini bisa menghasilkan telur dengan jumlah 250-300 butir telur.

Bebek ini akan mulai menghasilkan telur pada saat menginjak usia 5 – 6 bulan, dan akan tetap priduktif hingga usia 2 tahun.

2. Jenis Bebek Petelur (Bebek Karawang)

bebek petelur karawang

Sesuai dengan namanya, Bebek Karawang adalah bebek petelur yang populasinya banyak terdapat di daerah Karawang, Jawa Barat.

Selain bebek karawang yang banyak terdapat di daerahnya, ada juga jenis bebek Cirebon yang juga dikenal bebek lokal asli.

Ciri khas dari bebek petelur karawang ini ialah dengan bulunya yang berwarna kecoklatan dengan leher panjang.

3.Jenis Bebek Petelur (Bebek Magelang)

bebek petelur

Bebek ini ada di daerah Magelang Jawa Tengah. Ciri khas dari bebek magelang bisa dikenali dengan mudah karena adanya bulu yang melingkar di leher mirip kalung sehingga ada sebagian masyarakat ada yang menyebut dengan bebek kalung. Bebek kalung bisa berproduksi 200-230 ekor per tahun.

4. Jenis Bebek Petelur (Bebek Tegal)

jenis bebek petelur unggulan

Bebek Petelur Tegal ada di kabupaten Tegal Jawa Tengah. Warna dari bebek tegal ini bervariasi dan tiap warna memiliki nama yang berbeda.

Jenis dari bebek ini ternyata bisa menempuh perjalanan jauh sehingga peternak menggunakan cara ternak tradisional dengan diumbarkan di alam bebas.

Produktifitas telur yang dihasilkan mencapai 250 butir/ ekor/ tahun. Untuk masa betelur bebek ini mulai bertelur pada umur 5,5 bulan.

5. Jenis Bebek Petelur (Bebek Alabio)

bebek petelur

Pada mulanya bebek ini ada di kecamatan Alabio di kabupaten Hulu Sungai Utara di Kalimantan Selatan.

Bebek ini memiliki keunggulan yaitu produktivitas telurnya yang tinggi. Jumlahnya bisa mencapai 300 butir/ ekor/ tahun.

Daya tahan tubuhnya yang kuat sehingga tidak gampang terkena penyakit, cepat besar dan rasa dagingnya yang lezat.

Ukuran telurnya memang lebih kecil dibandingkan dengan bebek lainnya. Untuk itu bebek alabio sering disilangkan dengan jenis bebek lain agar bisa menghasilkan keturunan yang lebih unggul.

Contoh hasil persilangan antara bebek betina alabio dan bebek jantan mojosari yaitu bebek hibrida yang diberi nama Raja dan Ratu.

Itulah jenis-jenis bebek petelur yang potensial untuk di ternak. Selamat mencoba…

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *