Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Jenis Bunga Matahari

6 min read

macam macam bunga matahari

Ada banyak sekali jenis-jenis bunga di dunia ini yang memiliki keindahan yang menakjubkan. Sehingga, banyak orang untuk membudidayakannya, bahkan membeli bunga tersebut dengan harga yang mahal. seperti jenis bunga matahari, bunga anggrek emas, bunga tulip dan lain-lain.

Nah, tapi disini cakbagus akan membahas tentang jenis bunga matahari yang terkenal di dunia.

Apa Saja?

Sejarah Singkat Bunga Matahari

sejarah bunga matahri
idntimes.com

Bunga ini ialah bunga resmi dari negara bagian Kansas, Amerika Serikat dan juga menjadi bunga nasional untuk negara Ukraina. Adapun jika kita melihat jaman dahulu sebenarnya bunga matahari ini sudah dibudidayakan sejak ribuan tahun yang lalu oleh suku Indian.

Kemudian lambat-laun mulai tersebar ke penjuru Amerika dan menjadi bahan makanan untuk suku Inka. Setelah itu barulah bunga yang mempunyai kelopak besar ini tersebar ke seluruh dunia sejak abad ke 16. Pada saat itulah bunga matahari sudah mulai digunakan baik sebagai sumber makanan maupun untuk di ambil minyaknya.

Karakteristik Bunga Matahari

karakteristik bunga matahari
tokopedia.com
  • Tanaman ini ialah tumbuhan tropis yang memiliki tinggi sekitar 3-5 meter tergantung dari jenisnya.
  • Selain itu rata-rata batangnya berdiri tegak dan tidak bercabang dengan ciri khas terdapat rambut-rambut kasar pada bagian batangnya.
  • Memiliki ukuran daunnya sendiri terbilang cukup lebar yang berguna untuk fotosintesis.

Jenis bunganya tersusun secara majemuk. Jadi pada bunga matahari ini sendiri adat dua model bunga, yang pertama disebut dengan bunga tepi sebab terdapat kelopak besar yang berwarna cerah dan steril, Selanjutnya ada pula bunga tabung yang mana bisa menghasilkan biji.

Bunga matahari akan selalu menghadap atau condong ke arah matahari atau dalam bidang keilmuan sering disebut juga dengan heliotropisme.

Jadi dengan pergerakan mengikuti arah sinar matahari ini bunga matahari bisa memperoleh keuntungan hingga 10% untuk membantu fotosintesis.

Habitat dan Tempat Tumbuh Bunga Matahari

habitat bunga matahari
ekosistem.co.id

Karena berasal dari daerah subtropik, bunga ini akan tumbuh dengan maksimal pada kondisi tanah yang hangat dan subur serta suasana yang cerah. Seperti contohnya di halaman rumah atau di taman-taman dengan sinar matahari yang mencukupi.

Namun apabila di tanam di daerah tropika, hasilnya akan maksimal jika tanam di dataran tinggi. Jika di tanam pada daerah yang beriklim sedang seperti di Eropa, tanaman bunga matahari ini hanya akan tumbuh di musim gugur dan musim semi, juga harus menghindari frost (cuaca yang membeku).

Jika ingin menanam tumbuhan ini di negara dengan 4 musim, sebaiknya menghindari musim dingin dan musim gugur, karena kemungkinan bunga matahari ini sulit untuk tumbuh.

Nah, di Indonesia sendiri bunga matahari ini sudah bisa ditanam, karena sekarang tanaman bunga ini sudah melalui persilangan, sehingga sudah cocok ditanam di daerah tropik seperti negara kita ini. Dengan catatan, jangan ditanam di tempat yang tergenang air karena akarnya bisa menjadi busuk.

Jenis Bunga Matahari yang ada di Dunia

jenis bunga matahari
bunga mathari07.blogspot.com

Bunga jenis ini mempunyai bunga dengan 3 warna yang sangat mengagumkan. Adapun warna tersebut ialah perunggu, cokelat dan kuning. Selain itu jenis Earth Walker ini juga salah satu jenis matahari raksasa dengan ketinggian yang mencapai 270 cm.

Big Smile

jenis bunga matahari
langitbumihijau.blogspot.com

Bagi anda yang ingin menanam bunga matahari di dalam pot, maka bisa memilih jenis yang satu ini. Bunga matahari jenis Big Smile ini mempunyai ketinggian sekitar 40 cm dengan dahan yang bisa bercabang. Biasanya dalam satu pohon bisa menghasilkan hingga 4 kuntum bunga yang diameternya mencapai hingga 10 cm.

Fiesta Diel Sol

jenis bunga matahari
masudha.com

Bunga matahari dengan jenis Fiesta Del Sol ini mempunyai warna yang berbeda dengan bunga matahari pada umumnya, karena bunga yang dihasilkan pada bunga matahari jenis ini berwarna kemerahan dengan diameter mencapai 5-10 cm. Sementara itu bunga matahari ini bisa tumbuh hingga mencapai  80 cm dan sangat cocok sekali dijadikan sebagai tanaman hias.

Giant Sungold

jenis bunga matahari
fagsgh.blogspot.com

Bunga matahari jenis Giant Sungold ini mempunyai bentuk kelopak bunga yang terlihat seperti bunga ganda. Jadi anda akan melihat bunga matahari pada umumnya, namun pada bagian belakang seperti ada kelopak bunga matahari lainnya.

Untuk ketinggian dari tanaman jenis ini bisa mencapai 1 meter yang bisa anda tanam di dalam polybeg besar. Adapun diameter kelopak bunga yang dihasilkan kisaran 15 cm dan mampu bertahan hingga 2 bulan.

Teddy Bear

macam-macam bunga matahari
pixabay.com

Jenis bunga matahari yang selanjutnya ialah Teddy Bear. Jadi Bunga ini cukup pendek di antara jenis lainnya karena hanya mempunyai  ketinggian antara 60 sampai dengan 90 cm. Adapun diameter kelopak bunganya berukuran 17 cm

Musik Box

aneka bunga matahari
pinterest.com

Jenis bunga matahari ini rata-rata hanya mempunyai ketinggian sekitar 50 cm. Sementara bunganya bisa mencapai 10 cm dan mampu bertahan hingga 75 hari lamanya.

Jenis bunga matahari music box ini perawatannya juga bisa dibilang cukup mudah, kita hanya perlu menyiraminya dan menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Autumn Beauty

jenis bunga taman
bukalapak.com

Jenis Autumn Beauty ini mempunyai banyak warna mulai dari orange sampai cokelat kemerahan.

Di samping itu bunga matahari ini bisa tumbuh lebih tinggi dari pada yang lain hingga mencapai 170 cm dengan diameter bunga mencapai 15 cm. J

Jadi bunga yang matahari yang dihasilkan dari tanaman jenis ini umumnya mampu bertahan mekar hingga 75 hari.

Moon Walker

jenis bunga matahari
bukalapak.com

Bunga ini mempunyai warna yang hampir sama dengan jenis lainnya, hanya saja warnanya lebih pucat. Selain itu Jenis matahari Moon walker ini bisa tumbuh hingga mencapai 170 cm dengan diameter bunga 15 cm.

Pacino Gold

jenis bunga matahari
bukalapak.com

Jenis Pacino Gold ini mempunyai warna kekuning-kuningan dengan diameter bunga sekitar 13 cm. Sementara itu tinggi dari jenis bunga matahari ini hanya sebatas 60 cm. Jadi sangat cocok untuk di tanam di dalam pot, apalagi bunganya bisa bertahan hingga 2 bulan.

Red Sun

macam bunga matahari
pixabay.com

Untuk bunga matahari jenis Red Sun pada umumnya mampu tumbuh hingga 150 cm. Adapun kelopak bunga yang dihasilkan diameternya bisa mencapai 15 cm dengan waktu bertahan sekitar 2 bulan.

Untuk warnanya sendiri memiliki warna kemerahan. Namun pesona dari bunga matahari jenis ini memang mempunyai keunikan tersediri.

Early Russian

jenis bunga matahari
dekoruma.com

Jenis bunga matahari Early Russian termasuk kedalam bunga matahari raksasa yang mana tingginya bisa mencapai 2-3 meter. Bunga yang dihasilkannya juga lumayan besar berdiameter 30 cm. Namun untuk bisa berbunga sepertinya butuh waktu sekitar 3 bulan.

Velvet Queen

berbagai macam bunga
tokopedia.com

Bunga matahari jenis Velvet Queen rata-rata berwarna cokelat kemerah-merahan. Tinggi dari jenis bunga matahari ini bisa mencapai 150 cm dengan kelopak bunga berdiameter 15 cm.

Dalam satu bunga biasanya bisa menghasilkan 5-8 kelopak bunga yang mana bisa bertahan hingga 2 bulan.

Valentine

bunga matahari beserta cara tanam
id.carousell.com

Bunga matahari jenis Valentine biasa di tanamdi kebun, karena ketinggiannya mencapai 170 cm. Adapun diameter bunganya matahari jenis ini mencapai 15 cm dengan waktu berbunga sekitar 2 bulan 30 hari.

Cerry Rose

jenis bunga matahari
pinterest.com

Jenis bunga matahari Cherry Rose ialah jenis dengan tingkat pertumbuhan yang paling cepat. Adapun warna dari bunga matahari jenis ini nampak berbeda dengan lainnya.

Selain itu yang menjadi ciri khas dari bunga matahari jenis ini ialah degradasi warna yang membentuk lingkaran.

Budidaya Bunga Matahari

budidaya bunga matahari
health.detik.com

Bunga matahari ialah tanaman yang bisa dibilang mempunyai banyak fungsi. Sehingga, banyak orang yang menyukainya. Dan berikut ini ialah langkah-langkah budidayanya:

  1. Pengenalan Benih

Tahap ini ialah proses awal yang sangat krusial dan penting. Namun jangan khawatir, karena benihnya bisa dengan mudah dikenali dengan ukuran yang biasanya besar. Gampang dikenali karena bijinya sering dikonsumsi sebagai cemilan yaitu kuaci.

  1. Persiapan Lahan

Khusus untuk proses penyemaian, usahakan untul mempersiapkan tanah yang subur dan gembur yang bisa menampung atau mengikat air. Namun, bisa juga langsung ditanam pada media permanen seperti di kebun, di taman, dll.

  1. Persiapan Bibit

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biji bunga matahari yang berasal dari induknya harus dipilih biji yang terbaik dan mempunyai kualitas paling baik. Karena bunga matahari ini di tanam dari biji dengan cara semai.

  1. Penanaman

Cara penanaman bunga matahari bisa dilakukan dengan cara menyebarkan langsung bijinya di area tanam dengan kedalaman 3-8 cm. Cara ini membutuhkan tempat atau media yang bebas dari gulma (tanaman yang tidak diinginkan).

Cara penanaman lain bisa dilakukan dengan cara mekanik, yaitu benih biji rata-rata 3-8 kg/ha (tergantung pada ukuran benih biji dan jaraknya). Jarak yang paling ideal yaitu 60-75 cm antar baris dan 20-30 cm dalam baris.

Sedangkan untuk kerapatan tanaman bunga matahari bisa disesuaikan dengan lingkungan dan kultivarnya 15.000-30.000 tanaman/ha di bawah hujan dan 40.000-60.000 tanaman/ha untuk yang diirigasikan mengecil. Untuk benih dalam skala sedikit, dapat disemaikan di dalam pot.

Namun jika memiliki benih banyak, semaikan di bedengan (area tanah yang sudah terkomposisi berbagai macam unsur hara, biasanya dibentuk memanjang). Setelah itu tunggu sampai 10 hari sejak masa tabur atau jika bibitnya sudah tinggi dengan ukuran 15-20 cm, baru bisa dipindah ke tempat penanaman.

Satu lubang diisi dengan satu bibit. Jarak tanam disarankan minimal 1 meter persegi, karena jika terlalu dekat/rapat, batangnya akan bercabang sehingga tanaman bunga matahari tidak berkembang. Dalam penanaman bunga matahari, kondisi tanah harus dalam keadaan gembur.

Perawatan Tanaman Bunga Matahari

perawatan bunga matahari
8villages.com

Perawatan bunga matahari ini bisa dibilang mudah dan simpel.

Karena hanya butuh menjaga asupan pupuk, pengairan cukup dan pembersihan dari gulma (tanaman pengganggu). Penyiramannya hanya butuh dilakukan sekali dalam sehari.

Untuk ukuran pemberian pupuk dan pengairan, bisa dibilang lebih kecil dari yang biasa diberikan terhadap tanaman jagung. Sejauh ini menurut beberapa petani mengatakan bahwa belum ada hama tertentu yang menggangu tanaman ini.

Pemanenan Bunga Matahari

pemanenan bunga matahari
youtube.com

Untuk tahapan pemanenan, perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa bunga matahari harus sudah dalam keadaan tua dan matang, baru bisa diambil bijinya.

Bunga matahari yang sudah tua dapat terlihat dari kelopak bunganya yang sudah kering. Tanda lain yang dapat terlihat ialah pada belakang bunga dan juga tangkainya.

Jika bunga matahari yang masih muda, akan berwarna hijau cerah dan jika bunga sudah matang dan tua, akan berwarna kuning kecoklatan. Bunga matahari yang sudah siap panen biasanya sudah berumur 100 hari.

Pemanfaatan Bunga Matahari Setelah Panen

pengolahan bunga matahari
pastiseru.com

Ternyata bunga matahari bisa dijadikan berbagai macam bahan olahan. Salah satu yang paling sering ialah digunakan sebagai bahan penghasil minyak dan makanan kecil yaitu kuaci. Selain itu, juga bisa untuk menjadi bahan tepung dan kapsul.

Untuk proses pengolahan menjadi minyak yaitu dengan melalui berbagai proses, diataranya proses penguapan, proses pengeringan, proses pembersihan dan penyortiran, proses penghalusan dan pengempaan biji dengan memakai alat screw press.

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Jenis Ayam Petarung

Abdhi Mujahid
4 min read

Jenis Ayam Kalkun

Abdhi Mujahid
4 min read

Jenis Ayam Petelur

Abdhi Mujahid
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *