Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Jenis Burung Kolibri

9 min read

jenis burung kolibri

Cakbagus – Taukah anda? bahwa  Indonesia dikenal sebagai surganya satwa di dunia, karena hampir sebagian besar bisa ditemukan di negara kita. Tidak terkecuali jenis burung kolibri atau sering disebut juga burung madu sangatlah banyak.

Mulai dari kolibri King Koni, Kolibri Hitam, Sepah Raja, Ninja, Sriganti, dan lain-lain. Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan beberapa saja yang sering ditemui atau dipelihara oleh para pecinta burung, husunya pecinta burung kolibri atau burung madu.

Mengenal Burung Kolibri

jenis burung kolibri
unsplash.com

Burung kolibri merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak di incar oleh para pecinta burung. Karena memiliki suara dan karakter tubuh yang unik, burung ini mampu menjadi pusat perhatian siapa saja.

Perlu anda ketahui bahwa jenis burung kolibri berasal dari Amerika, jenis burung ini banyak ditemukan dan besar di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Uniknya adalah burung kolibri merupakan salah satu jenis burung terkecil di dunia.

Selain itu, burung kolibri dikenal sebagai burung yang memiliki suara indah. Alasan inilah yang menjadikan burung kolibri diburu oleh para pecinta burung.

Karakter Burung Kolibri yang Perlu Anda Ketahui

jenis burung kolibri
unsplash.com

Suara kicau burung kolibri

Dulu jenis burung kolibri tidak terlalu banyak diminati oleh para pecinta burung di Indonesia, seiring berjalannya waktu burung kolibri semakin banyak peminatnya, mulai dari pecinta burung yang sudah berpengalaman hingga pecinta burung yang masih pemula.

Jika diamati, ada beberapa faktor yang membuat pecinta burung jatuh cinta terhadap burung ini, salah satunya adalah karena keindahan suaranya yang merdu.

Melakukan Hal Unik Saat Ingin Berkembang Biak

Salah satu hal unik dari burung kolibri adalah pada musim berkembang biak tiba, burung kolibri akan berkicau ke pasangannya, burung ini akan terbang dengan ketinggian beberapa meter dan melakukan aksi untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Unik bukan!

Itulah sebagian ciri khusus dan karakteristik dari burung kolibri. Pengetahuan ini tentunya sangat penting sekali karena untuk merawat burung harus memiliki pengetahuan dasar mengenai burung tersebut.

Jika anda sudah mengetahui karakteristik burung yang akan anda pelihara, nanti akan mudah sekali untuk merawatnya hingga menjadi burung yang berkualitas. Tujuan dari merawat burung kolibri adalah agar  burung kolibri menjadi lebih bersih dan segar dan dapat membantu burung kolibri dalam masa pertumbuhan.

Baca juga : √ 13+  Jenis Burung Hantu yang Dipelihara di Indonesia [LENGKAP]

Jenis Burung Kolibri

  • Kolibri King Koni

    jenis burung kolibri
    unsplash.com

Burung kolibri king koni memiliki nama latin lemtocoma calostetha. Dikenal juga sebagai burung madu bakau karena sering dijumpai di rawa-rawa maupun hutan bakau yang berada di ketinggian 250 mdpl.

Jenis burung kolibri ini mempunyai ukuran sedang sekitar (13 cm). Dan memiliki warna kehitaman. Untuk warna burung kolibri jantan dan betina terkadang berbeda-beda.

Kolibri king koni jantan yaitu dibagian tubuh paling atas berwarna hitam dan hijau yang mengkilap, dan pada bagian dada berwarna ungu, sedangkan pada bagian tenggorokan berwarna tembaga gelap mengkilap.

Kolibri king koni betina yaitu dibagian kepala memiliki warna abu-abu, pada bagian punggung berwarna zaitun, sedangkan pada bagian tenggorokan berwarna keputih-putihan. Pada bagian perut berwarna kuning kotor, dan pada bagian ekor berwarna putih, sedangkan paruh dan kaki berwarna cokelat.

  • Kolibri Wulung

    jenis burung kolibri
    hargaburung-master-blogspot.com

Burung kolibri wulung dikenal juga dengan sebutan kolibri muncang atau kaca, jenis burung ini merupakan salah satu jenis kolibri yang juga menjadi favorit di kalangan pecinta burung di Indonesia.

Pasalnya kolibri wulung juga memiliki keunggulan dari segi penampilan yang mungil dan cantik. Ia juga dianugerahi kemampuan berkicau yang jempolan. Adapun suara khas kicaunya ialah bersetan atau cretcretan dengan nada yang relatif kencang dan melengking.

Jenis burung kolibri ini memiliki ukuran kecil sekitar (10 cm). Dan memiliki warna tubuh yang bermacam-macam seperti pelangi. Adapun untuk warna kolibri wulung jantan dan betina ada sedikit pernbedaan.

Kolibri wulung jantan yaitu dibagian tubuh paling atas memiliki warna hijau tua mengkilap, area pipi berwarna merah tua, pada bagian perut berwarna kuning, sedangkan tenggorokan berwarna cokelat jingga.

Kolibri wulung betina yaitu dibagian tubuh paling atas memiliki warna zaitun kehijauan, pada bagian bawah memiliki warna seperti jantan tetapi lebih pucat sedikit, sedangkan pada bagian paruh dan kaki berwarna hitam kehijauan.

  • Kolibri Sriganti

    jenis burung kolibri
    pengicau.net

Burung yang memiliki nama latin Cinnyris jugukaris atau Olive-Backed Sunbird termasuk kedalam salah satu jenis burung kolibri yang mendapat perlindungan khusus dari pemerintah.

Artinya burung ini termasuk kedalam daftar burung yang dilindungi

Pada umumnya, jenis burung kolibri sriganti ini seperti burung kolibri wulung yang memiliki ukuran tubuh sekitar (10 cm). Namun pada bagian perut di dominasi oleh warna kuning terang. Ada sedikit perbedaan warna untuk kolibri sriganti jantan dan betina.

Kolibri sriganti jantan yaitu dibagian dagu dan dada memiliki warna hitam keunguan metalik, pada bagian punggung berwarna hijau zaitun.

Kolibri sriganti betina yaitu dibagian dagu dan dada tidak berwarna hitam, kemudian pada tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun, dan tubuh bagian bawah berwarna kuning, dan pada bagian alis biasanya berwarna kuning muda. Sedangkan paruh dan kaki berwarna hitam.

  • Kolibri kelapa

    jenis burung kolibri
    jalaksuren.net

Burung kolibri kelapa memiliki nama lain Brown Throated Sunbird. Jenis kolibri ini merupakan incaran para pecinta burung khusunya burung kolibri. Karena jenis burung kolibri ini unik dan keren.

Jenis burung kolibri ini memiliki tubuh sedang sekitar(13 cm). Dan memiliki warna yang bervariasi. Adapun warna jenis burung kolibri kelapa jantan dan betina berbeda.

Kolibri kelapa jantan yaitu dibagian punggung kolibri kelapa memiliki warna hijau bersinar, pada bagian tunggir, penutup sayap, ekor, dan setrip kumis di dominasi oleh warna ungu bersinar. Sedangkan pada bagian pipi, dagu dan tenggorokan berwarna cokelat tua buram. Adapun pada tubuh bagian bawah burung ini berwarna kuning.

Kolibri Kelapa Betina yaitu pada tubuh bagian atas dihiasi oleh warna hijau zaitun, sedangkan pada tubuh bagian bawah berwarna kuning muda, pada bagian paruh dan kaki berwarna hitam abu-abu.

  • Kolibri Sepah Raja

    jenis burung kolibri
    wikicau.com

Jenis burung kolibri yang satu ini tinggal di kawasan hutan tropis. Burung yang memiliki kekebalan tubuh ini sangat kuat dibandingkan dengan jenis lainnya.

Jenisnburung kolibri ini memiliki ukuran tubuh seperti kolibri kelapa yaitu sekitar(13 cm). Untuk warna tubuh jenis burung yang satu ini ada perbedaan antara jantan dan betina.

Kolibri sepah raja jantan yaitu dibagian tubuh memiliki warna merah terang. Sangat mirip dengan burung kolibri ekor merah pada dahi yang berwarna ungu, ekor yang lebih pendek, dan perut yang lebih gelap.

Kolibri sepah raja betina yaitu pada bagian tubuh memiliki warna hijau zaitun gelap. Dengan paruh kehitam-hitaman dan kaki berwarna kebiru-biruan.

  • Kolibri Gunung/Merak

    jenis burung kolibri
    omkicau.com

Burung kolibri gunung memiliki nama latin Aethopyga Eximia. Burung kolibri ini dinamakan kolibri gunung karena memang habitatnya di daerah pegunungan atau di dataran tinggi.

Kolibri gunung merupakan kolibri endemik dari pulau jawa, maka dari itu kolibri ini tidak akan ditemukan di daerah selain di pulau jawa.

Jenis burung kolibri yang satu ini memiliki ukuran tubuh sedang sekitar (13 cm). Dan memiliki warna tubuh berwarna-warni. Sedangkan untuk warna jantan dan betina sangatlah berbeda.

Kolibri Gunung Jantan yaitu pada bagian tenggorokan memiliki warna biru mengkilap, dan pada bagian dada atas berwarna merah, sedangkan punggung dan sayap berwarna zaitun, adapun pada bagian ekor berwarna hijau kebiruan.

Kolibri gunung betina yaitu pada bagian tubuh paling atas berwarna zaitun suram, sedangkan pada bagian bawah berwarna hijau zaitun tua dengan sisi putih, adapun paruh dan kaki berwarna hitam.

  • Kolibri Ekor Merah

    jenis burung kolibri
    jalaksuren.net

Jenis burung kolibri ini memiliki nama latin Aethopyga temminckii. Burung kolibri dengan warna ekor merah mencolok ini berasal dari sumatera dan Kalimantan. Selain penampilan yang cantik burung kolibri ekor merah ini juga mempunyai suara kicauan cukup nyaring.

Jenis burung kolibri ini memiliki ukuran kecil sekitar 13 cm untuk jantan dan 10 cm untuk betina. Jenis burung kolibri yang satu ini sedikit berbeda dengan jenis burung kolibri lainnya, yang membedakannya adalah pada bagian ekor yang tajam.

Kolibri ekor merah jantan yaitu pada tubuh jenis burung ini berwarna merah tua, sedangkan pada bagian ekor berwarna merah padam. Untuk bagian alis, sisi mahkota, tengkuk, dan penutup ekor berwarna ungu metalik. Sedangkan tubuh bagian bawah berwarna keabu-abuan.

Kolibri ekor merah betina yaitu pada bagian tubuh paling atas memiliki warna cokelat zaitun. Warna khas dari burung ini adalah memiliki warna sapuan merah pada sayap dan ekor, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna zaitun kekuningan, adapun paruh dan kaki berwarna hitam.

  • Kolibri Matari

    jenis burung kolibri
    mongabay.co.id

Burung kalibri ini memiliki nama latin Cinnirys Solaris dimana masih satu keluarga dengan kolibri Sogok Ontong. Para pecinta burung lebih mengenalnya dengan kolibri matari atau disebut Flame Breasted Sunbird.

Jenis burung kolibri ini mungkin bisa dikatakan paling kecil karena memiliki ukuran sekitar (11 cm).

Kolibri matari jantan yaitu pada bagian dahi, tenggorokan, dan dada memiliki warna hijau biru mengkilap dan jingga tua.

Kolibri matari betina yaitu jenis burung ini mirip dengan burung kolibri sriganti, hanya saja warna kuning pada tubuh bagian bawah jauh lebih kusam. Sedangkan tubuh bagian bawah memiliki warna kuning terang.

  • Kolibri Jawa atau Jago

    jenis burung kolibri
    pinterest.com

Kolibri jawa memiliki nama latin Aethopyga Mystacalis. Jenis burung ini bisa ditemukan di sekitar pulau jawa.

Jenis burung kolibri ini memiliki ukuran kecil (12 cm sudah termasuk ekor).

Kolibri jawa jantan yaitu pada tubuh burung ini berwarna merah terang, pada bagian ekor panjangnya memiliki warna ungu gelap mengkilap. Pada bagian kepala, dada, dan punggung berwarna merah padam, dan sayap berwarna merah zaitun, sedangkan pada bagian perut berwarna abu-abu muda.

Perbedaannya dengan burung kolibri sepah raja adalah pada bagian dahi berwarna merah, ekor lebih panjang, dan perut berwarna putih.

Kolibri jawa betina yaitu memiliki warna tubuh abu-abu zaitun buram. Sapuan merah pada sayap dan ekor sedangkan paruh dan kaki berwarna cokelat.

  • Kolibri Sangihe

    jenis burung kolibri
    jalaksuren.net

Jenis burung kolibri sangihe memiliki nama latin Aethopyga Duyvenbodei. Jenis burung ini termasuk salah satu keluarga burung penghisap nektar. Habitat burung ini berada di gunung suhendaruman.

Masyarakat Sangihe juga menjulukinya dengan sebutan burung sarimisi bamburaeng. Akan tetapi populasinya kian menipis, dan diperkirakan tinggal 13.000 hingga 29.000 ekor burung dewasa.

Jenis burung ini memiliki ukuran sedang sekitar (12 cm).

Kolibri sangihe jantan yaitu pada tubuh bagian atas memiliki warna hijau metalik dan biru. Punggung berwarna zaitun kekuningan sedangkan tenggorokan berwarna kuning.

Kolibri sangihe betina yaitu pada bagian tubuh atas memiliki warna zaitun kekuningan, dan tenggorokan serta tubuh bagian bawah berwarna kuning.

  • Kolibri Black Sunbrid

    jenis burung kolibri
    jenisfaunaindonesia.web.id

Jenis burung kolibri ini memiliki nama latin Leptocoma sericea. Kolibri ini merupakan salah satu anggota keluarga Nectariniidae. Burung ini termasuk burung endemik Indonesia, dengan wilayah persebaran di Sulawesi, papua, dan Maluku.

Sebagian pecinta burung menyebutnya kolibri hitam, karena hampir seluruh bulu-bulunya berwarna hitam mengkilap.

Jenis burung ini berukuran kecil sekitar (11 cm).

Kolibri black sunbird jantan yaitu pada bagian tubuh burung ini berwarna hitam dengan kilauan warna-warni biru dan ungu. Pada bagian paruh sedikit melengkung ke bawah.

Kolibri black sunbird betina yaitu pada bagian kepala memiliki warna abu-abu namun pada bagian tenggorokan sedikit pucat, sedangkan pada bagian punggung dan sayap berwarna zaitun. Dan pada bagian perut berwarna cokelat.

Makanan Sehari-hari Burung Kolibri

jenis burung kolibri
pixabay.com

Makanan burung kolibri berbeda dengan burung-burung lainnya. Baik jenis burung kolibri sriganti, sepah raja, wulung, manggar, dan lain-lain.

Di alam lain burung kolibri hanya memakan nektar bunga dan serangga saja. Dalam keseharian nya burung kolibri mencari nektar pada bunga-bunga yang sedang mekar.

Terkadang terlihat kejar-kejaran dengan burung lainnya untuk berebut bunga. Metabolisme pada tubuh burung kolibri sangat cepat, sehingga dalam sehari burung kolibri butuh energi lebih dari dua kali lipat dari berat badannya.

Selain memakan nektar bunga, burung kolibri juga memakan serangga-serangga kecil sebagai asupan protein untuk menunjang nutrisi.

Namun terkadang pemahaman para pecinta burung salah dalam merawat burung kolibri. Mereka menganggap bahwa dengan menyediakan air gula atau madu saja sudah cukup untuk menu harian burung kolibri.

Sehingga setelah beberapa hari mereka mendapati burung kolibri tampak loyo dan tidak lama kemudian mati.

Mati disini bukan berarti burung kolibri susah dipelihara karena stres setelah ditangkap dialam air. Tetapi karena salah dalam perawatan nya sehingga burung menjadi kurus atau biasa disebut dengan nyilet.

Poin penting dalam penyediaan makanan burung kolibri adalah harus memenuhi dua unsur yaitu karbohidrat dan protein.

Para pecinta burung kolibri bisa memperoleh karbohidrat dari minuman manis sebagai contoh, madu, air gula, nektar produk yang banyak beredar, dan voer. Sedangkan protein dapat di peroleh dari kroto, ulat balap, putih telur, dan susu kental manis. Dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa makanan harian untuk burung kolibri.

Baca terus ya!

Sumber Karbohidrat

Madu : Selain untuk manusia, madu juga bagus untuk burung kolibri untuk dijadikan menu makanan. Madu bagus untuk meningkatkan birahi dan memunculkan fighter pada burung.

Nektar Pabrikan : Nektar yang dibuat oleh para produsen dimana di dalamnya sudah diberikan vitamin, mineral dan protein. Sehingga memudahkan pecinta burung untuk meracik menu makanan burung kolibri.

Air Gula atau Nektar : Air gula adalah pengganti nektar yang bisa anda buat sendiri. Bisa berbahan gula pasir, merah, batu atau sirup.

Voer : Adalah sumber karbohidrat kering yang biasa digunakan oleh burung-burung lain. Namun kolibri juga ada yang mau makan voer, sebagai contoh kolibri wulung dan kolibri manga.

Sumber Protein

Susu kental manis : Biasanya burung yang baru ditangkap dari alam. Selama perawatan jika tidak mau makan serangga lain. Salah satu solusi agar burung kolibri tetap hidup adalah dengan mengganti air gula atau minuman manis dengan susu kental manis. Karena di dalamnya sudah mengandung minuman manis dan protein dari susu.

Kroto : Adalah sumber protein yang sangat bagus untuk burung kolibri. Karena kroto memiliki kandungan gizi yang lengkap sehingga membuat burung kolibri semakin gacor. Namun masalahnya adalah kroto sangat sulit ditemukan dan harganya lumayan mahal.

Ulat balap : Ulat balap adalah menu pengganti kroto jika kroto sedang langka. Karena ulat bulu juga sumber protein yang bagus untuk burung kolibri.

Putih telur  Putih telur yang sudah di cincang-cincang kecil juga bisa dijadikan asupan protein sehari-hari.

Baca juga : √ 13+ Jenis Burung Jalak Terpopuler di Dunia Ciri Fisik & Gambarnya [LENGKAP]

Cara Merawat Burung Kolibri Agar Tetap Sehat

jenis burung kolibri
pixabay.com

Jika anda ingin memelihara burung kolibri, sebaiknya ada beberapa hal yang perlui anda perhatikan cara perawatan burung kolibri. Maka dari itu saya akan membagikan tips merawat burung kolibri agar lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • Memperhatikan Kebersihan Kandang Burung Kolibri

Agar burung kolibri nyaman dan betah anda harus menyiapkan kandang yang bersih dan terhindar dari kotoran. Kandang yang tidak terlalu besar untuk burung kolibri yang terpenting adalah kebersihan dari kandang tersebut.

Karena akan sangat mempengaruhi sekali terhadap mood dari burung tersebut. Jika kandang tidak bersih maka burung kolibri akan cepat stres dan akhirnya bisa saja sakit dan kemungkinan mati.

Anda harus membersihkan kandang burung kolibri secara rutin jangan menunggu kotoran menumpuk, yang terpenting anda harus peka dan sigap.

  • Memandikan Burung Kolibri

Memandikan burung kolibri merupakan tahap yang sangat penting sekali, karena faktor keberhasilan dalam merawat burung kolibri yaitu memiliki kekebalan tubuh yang bagus.

Untuk membuat hal tersebut sangat diperlukan mandi secara rutin agar nantinya burung kolibri sehat dan segar. Bahkan terhidar dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya.

Untuk memandikan burung kolibri anda bisa memandikannya pada waktu-waktu tertentu yaitu pada pagi dan sore hari. Jika ingin memiliki hasil maksimal anda bisa memandikannya secara rutin setiap hari.

Pemandiannya bisa dilakukan pada jam tujuh hingga sepuluh pagi, dan sore hari bisa dilakukan pada jam empat hingga lima sore.

  • Penjemuran Burung Kolibri

Jika burung kolibri sudah berhasil dimandikan, anda tinggal melakukan tahap selanjutnya yaitu proses penjemuran burung kolibri. Pada tahap ini juga harus sesuai waktu yang tepat, bisa dilakukan pada saat burung habis dimandikan atau bisa juga sesuai dengan cuaca.

Jika cuacanya bagus anda bisa menjemur nya pada siang hari, sekitar jam dua hingga tiga sore. Letakan pada tempat yang sejuk dan terkena aliran udara yang segar pada sore hari.

Jika hal ini dapat dilakukan dengan rutin burung kolibri yang anda pelihara dapat berkembang dengan cepat dan bahkan bisa cepat berkicau.

  • Pemberian Makanan yang Berkualitas

Bagi setiap burung makanan merupakan suatu hal yang sangat penting seperti halnya manusia yang sangat membutuhkan makan dan minum. Biasanya burung kolibri memiliki selera pada nektar bunga dan madu yang paling sering di cari oleh burung tersebut.

Yang terpenting utamakan terlebih dahulu makanan pokoknya, setelah itu anda tinggal menambahkan porsi makanan seperti serangga dan voer khusus burung kolibri yang banyak dijual di toko.

Bagaimana menurutmu! Mudah bukan?

Yang terpenting dari berbagai metode di atas bisa anda laksanakan dengan rutin, baik dari kebersihan kandang, memandikan, menjemur, hingga mengatur pola makan.

NB : Metode diatas hanya berlaku untuk burung kolibri dewasa ya!

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Jenis Bunga Matahari

Abdhi Mujahid
6 min read

Jenis Ayam Petarung

Abdhi Mujahid
4 min read

Jenis Ayam Kalkun

Abdhi Mujahid
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *