Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Jenis Jenis Rumput Liar

4 min read

jenis jenis rumput liar

Jenis jenis Rumput Liar – Jenis-jenis rumput di Indonesia sangatlah banyak, akan tetapi menurut manfaatnya rumput ini dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu jenis rumput yang biasa dimakan ternak dan rumput hiasan.

Rumput hias kebanyakan di manfaatkan sebagai hiasan taman, sedangkan untuk hiasan ruangan biasanya menggunakan rumput sintetis.

Namun pada artikel kali ini cakbagus akan membahas tentang jenis jenis rumput liar yang sering di temukan oleh manusia karena keberadaannya ada di sekitar pekarangan rumah.

Daripada penasaran, apa saja sih jenis jenis rumput liar?

Hmm langsung aja yuk.

Let’s Go.

A. Jenis jenis Rumput Liar

jenis jenis rumput liar
pixabay.com

Pada dasarnya semua rumput yang hidup di permukaan bumi adalah rumput liar. Mungkin karena bentuk teksturnya yang bagus dan enak di pandang mata.

Maka ada sebagian orang yang memanfaatkan rumput tersebut sehingga namanya bisa terkenal hingga saat ini.

Ada banyak sekali rumput liar di Indonesia.

Ada yang bentuknya pendek-pendek tidak memiliki batang pohon yang tegak, ada yang seperti rumput jepang, bahkan ada juga rumput yang memiliki batang pohon yang tinggi.

Selain itu ada juga jenis-jenis rumput yang memiliki batang dan daun namun bentuknya kecil. Rumput jenis ini biasanya dikategorikan sebagai hama pengganggu pada tanaman.

Di bawah ini beberapa jenis jenis rumput liar yang perlu anda ketahui.

  • Rumput Ilalang / Alang-alang

jenis jenis rumput liar
anasmakhruf.com

Rumput ilalang memiliki nama lain alang-alang. Rumput jenis ini banyak di jumpai di pinggir jalan, hutan, ataupun di pesawahan yang tanahnya sudah mengering.

Dilihat dari perkembangannya, rumput ilalang memang sangat cepat dalam memperbanyak keturunan bibitnya. Hal itu karena beberapa faktor lain.

Rumput ilalang ini tumbuh bergerombolan di tempat-tempat tertentu, hal itu memudahkan mereka dalam penyebaran benih bijinya.

Rumput ilalang sering terlihat di beberapa tempat sehingga pohonnya tinggi-tinggi, padahal jika di lihat dari kehidupan masyarakat tersebut memiliki hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Akan tetapi mengapa mereka membiarkan rumput tersebut tumbuh tinggi hingga mati.

Jika dipikir secara logis kan sayang, kenapa tidak dijadikan pakan ternak aja?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut memang rumput ilalang tidak cocok untuk di gunakan sebagai pakan ternak karena tekstur dari rumput yang kaku, tipis dan tajam.

Sehingga mungkin mulut hewan yang memakan rumput ilalang jadi sakit.

  • Rumput Teki

jenis jenis rumput liar
medium.com

Rumput teki sepertinya sudah banyak diketahui orang, rumput teki juga banyak ditemui di beberapa tempat, namun ia lebih suka berada pada tempat yang kering tetapi basah, seperti pinggiran sungai dan pesawahan.

Rumput teki ialah tanaman tahunan ia bisa tumbuh hingga dengan tinggi 140 cm.

Tumbuh dengan daun biasanya berjajaran samping kanan dan kiri menjadi tiga bagian, batang bagian bawah berwarna putih, di sela-sela akar ia memiliki umbi yang bisa di ambil banyak manfaatnya.

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Fakultas Pertanian ia menemukan rumput teki bisa dijadikan bahan pembuatan bioethanol.

Dijadikan bioethanol dengan cara di tumbuk hingga menjadi bubuk. Kemudian bubuk tersebut di fermentasi menggunakan bakteri  Saccharomyces Cereviseae kemudian dimurnikan menjadi methanol.

Tidak hanya itu saja, ubi yang terdapat pada rumput teki bisa juga dijadikan sebagai obat kuat untuk ayam petarung.

  • Rumput Grinting

jenis jenis rumput liar
cerpen.co.id

Rumput grinting memiliki kelebihan tersendiri diantara jenis jenis rumput lain. Kelebiahannya ialah kekuatan bertahan hidupnya yang tidak diragukan lagi.

Ia mampu bertahan hidup pada musim kemarau yang berkepanjangan. Akan tetapi jenis rumput ini tidak diminati oleh hewan ternak.

Namun rumput grinting sangatlah bermanfaat untuk melindungi erosi pada tanah miring, karena memang akar serabutnya banyak dan kuat sehingga bisa menjadikan tanah menjadi padat dan tidak mudah runtuh.

Pada awalnya rumput grintiang aialah tumbuhan pantai yang perkembangannya saat ini menyebar ke seluruh tempat hingga pesawahan.

Di sawah rumput ini menjadi gulma yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman yang di tanam oleh para petani.

Hal semacam itu sangat merisaukan para petani. Karena pekerjaan mereka menjadi berlipat-lipat.

Disamping itu membersihkan gulma juga memerlukan tenaga yang ekstra untuk memastikan bahwa rumput grinting ini sudah mati, karena memang rumput ini memiliki daya tahan hidup yang kuat.

  • Rumput Gajah

jenis jenis rumput
cakbagus.net

Rumput gajah tidak asing lagi bagi para peternak sapi. Karena memang kebanyakan rumput ini dijadikan pakan ternak.

Akan tetapi kegunaannya tidak hanya itu saja, tidak disangka ternyata batang dari pohon gajah ini bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan fiber serat.

Rumput gajah sangat mudah tumbuh asalkan tanahnya basah. Menurut penelitian yang saya lakukan, rumput ini cenderung menyukai lahan yang basah.

  • Crabgrass

jenis jenis rumput liar
Vandergiessennursery.com

Crabgrass ialah jenis jenis rumput liar yang tumbuh pada musim panas dengan penyebaran dari biji dan akar yang terletak pada tanah.

Jenis rumput ini biasanya akan mati pada akhir musim tanam. Terkadang pada musim semi dan gugur akan menghasilkan benih baru pada setiap bulannya.

Jenis rumput crabgrass mudah di kelola, namun mengontrol crabgrass sebelum menetapkan benih adalah satu hal yang penting, karena benih akan tetap hidup selama tiga tahun.

Sebagian orang lebih menyarankan memotong rumput hingga ketinggian 2 atau 4 inci dan anda cukup memotong rumput agar berada dalam kisaran itu.

  • Pisang Buckorn

jenis jenis rumput liar
peda.net

Jenis jenis rumput liar selanjutnya ialah Pisang Buckhorn. Jenis rumput ini memiliki daun sempit dan suka menyerang padang rumput dan halaman rumput. Gulma ini muncul di semua musim.

Jenis rumput ini sebenarnya bisa dimakan, terutama saat daunnya muda dan lunak.

  • Ranting Domba

jenis jenis rumput liar
pixabay.com

Ranting Domba ialah jenis jenis rumput liar yang paling umum ditemukan di kebun.

Jenis rumput ini memiliki batang yang cukup besar dan tegak lurus keatas.

Memiliki bunga yang mekar dan berwarna putih.

  • Bindweed

jenis jenis rumput liar
pixabay.com

Jenis rumput ini memiliki warna putih dan biru atau bahkan ungu. Ia juga memiliki batang yang lebih tebal dan kadang-kadang berbulu serta daun yang berbentuk hati.

  • Putri Malu

jenis jenis rumput liar
pixabay.com

Rumput putri malu sering tumbuh di pinggir jalan dan pekarangan rumah yang banyak rumputnya.

Jenis rumput ini cepat berkembang biak dan memiliki batang berbentuk bulat berbulu dan berduri.

Jika daun pada rumput ini disentuh maka akan menutup.

Putri malu bermanfaat untuk mengobati kesulitan tidur, radang saluran nafas, panas tinggi pada anak-anak, herrfes, cacingan dan reumatik.

  • Meniran

jenis jenis rumput liar
aryanto.id

Jenis rumput ini sering di temukan di pekarangan rumah karena habitatnya memang mudah untuk tumbuh dan berkembang biak.

Jenis rumput ini mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Rumput maniran memiliki aktivitas imunomodulator yang berperan membuat sistem imun lebih aktif dalam menjalankan fungsinya.

B. Penutup

Demikianlah jenis jenis rumput liar yang di tulis oleh cakbagus.

Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan kita.

Terimakasih.

Semoga Bermanfaat.

NB: Boleh di share

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Jenis Bunga Matahari

Abdhi Mujahid
6 min read

Jenis Ayam Petarung

Abdhi Mujahid
4 min read

Jenis Ayam Kalkun

Abdhi Mujahid
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *