Lempar Cakram

Lempar Cakram  adalah salah satu cabang olahraga atletik pada nomor lempar yang sudah ada dari zaman kuno. Pada saat melakukan olahraga lempar cakram, Anda akan melempar objek yang berbentuk piringan yang disebut dengan cakram.

Pada perlombaan atletik resmi, peserta akan diberi kesempatan untuk melempar sebanyak tiga kali. Kemudian dari sejumlah atlet babak pertama akan dipilih delapan atlet terbaik, yang akan diberi kesempatan untuk melempar sebanyak tiga kali lagi.

Permainan dan olahraga atletik lempar cakram sangat menarik dan menantang untuk dilakukan, guna melihat kemampuan Anda dalam melempar cakram, terutama jika Anda bisa membuktikan siapa yang bisa melempar paling jauh diantara teman-teman bermain.

Pengertian Lempar Cakram

Taukah anda apa yang dimaksud dengan olahraga lempar cakram?

Lempar cakram merupakan olahraga melemparkan benda seperti lemping, cakram atau piringan bersabuk besi atau bahan lainnya, dengan cara dilempar sejauh mungkin sesuai dengan aturan mainnya.

Jika Anda terlalu sulit membayangkan bentuk cakram atau lemping yang dipakai dalam olahraga lempar cakram, Anda bisa membayangkan bentuk ufo yang sedang terbang melayang.

Tentunya jangan sampai mengira, cakram digunakan untuk olahraga ini sebesar ufo betulan. Ukurannya tidak terlalu besar, tidak pula terlalu kecil, dengan berat yang telah ditentukan berdasarkan usia dan jenis kelamin pemain.

Sebelum memulai permainan atau olahraga, Anda harus tahu bahwasanya dalam melakukan olahraga lempar dibutuhkan beberapa teknik, dan lapangan khusus.

Agar bisa mendapatkan hasil lemparan yang jauh dengan teknik yang benar, maka dibutuhkan latihan dasar dalam olahraga  cakram.

Sejarah Lempar Cakram

Taukah anda jika olimpiade lempar sudah ada sejak tahun 708 Masehi. Namun masih menjadi bagian dalam pancalomba (pentatlon). Dahulu sekali, cakram masih terbuat dari batu terupam halus, lalu berangsur ke perunggu yang dicor dan ditempa.

Sedangkan cara melakukan lemparan pada mulanya menirukan nelayan yang melemparkan jaring secara berulang-ulang. Setelah itu, ditemukanlah lemparan dengan sikap badan menyiku secara khusus dengan badan agak bersandar ke depan.

Baca Juga: Materi TolaK Peluru

Gaya Lempar Cakram

Secara garis besar lempar cakaram mempunyai dua gaya, pertama yaitu melempar cakaram dengan gaya samping, kedua yaitu melempar cakaram dengan gaya samping. Masing-masing gaya mempunyai caranya sendiri, untuk lebih jelasnya akan dijelaskan di bawah ini :

1. Lempar Cakram Gaya Samping

2. Lempar Cakram Gaya Belakang

Teknik Dasar Lempar Cakram

Hal terpenting dalam melakukan olahraga lempar yaitu dengan menguasai teknik dasar dalam melakukannya. Hal demikian bertujuan supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Begitupun lempar cakaram, mempunyai teknik dasar yang harus di kuasai oleh para atlet supaya terhindar dari kecelakaan akibat olahraga dan juga agar hasil lemparan bisa dilakukan secara optimal.

berikut teknik dasar lempar cakaram yang perlu anda ketahui :

1. Teknik Memegang Cakram

2. Teknik Awalan Lempar Cakram

3. Teknik Melempar Cakram

4. Sikap Akhir Melempar Cakram

Hal-hal yang Harus Dihindari pada Olahraga Lempar Cakram

  • Jangan menginjak garis lingkaran
  • Gerakan kaki jangan berada di belakang lingkaran usai berputar ketika hendak melemparkan.
  • Keluar dari lingkaran saat Anda mendapatkan giliran melempar sebelum cakram dilemparkan
  • Hasil lemparan keluar dari garis tepi kanan dan tepi kiri atau garis pembatas pinggir dari lapangan cakram.
  • Jatuh ke belakang pada awal putaFran
  • Berputar di tempat
  • Badan membungkuk ke depan
  • Melompat tinggi di udara.
  • Kaki terlalu tegang dan penempatannya kurang sempurna, karena bisa menganggu gerakan saat melempar cakram
  • Membawa berat badan pada kaki depan dan membiarkan jatuh
  • Melakukan lemparan terlalu dini tanpa mengaba-ngaba waktu yang tepat
  • Jangan keluar dari lingkaran dengan cara berlari ataupun melompat

Itulah informasi yang bisa penulis berikan mengenai lempar cakram. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk berlatih ataupun bermain lempar, Terimakasih dan salam olahraga.

 

Tinggalkan komentar