Lompat Harimau

Lompat Harimau – Mendengar kata tersebut tentu anda tidak asing lagi, suatu gerakan yang dibilang cukup ekstrim yang dilakukan dalam praktek pelajaran olahraga di sekolah.

Dalam melakukan lompat harimau mirip dengan gerakan roll depan. Perbedaanya terdapat melompat dan melayang.

Pada artikel ini, cakbagus membahas lengkap mengenai lompat harimau, mulai dari pengertian, teknik dasar, peralatan yang diperlukan, hingga manfaatnya.

Yuk simak bersama.

Pengertian Lompat Harimau

lompat harimau

Tiger Sprong atau lebih dikenal lompat harimau merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam gerakan senam lantai. Gerakan pada lompat harimau yaitu gerakan pengembangan dari gerakan salto.

Sama halnya dengan cabang olahraga lain lompat harimau ini mempunyai beberapa teknik tertentu dalam pelaksanaannya, dimana teknik gerakan ini bertujuan untuk menghindari adanya resiko cidera ringan maupun  fatal.

Dalam gerakan salto saja jika kita salah sedikit baik pada sikap awalan ataupun pendaratan hal ini mampu memicu suatu keadaan tidak terduga yang berpotensi melukai diri seperti terjatuh dengan kondisi yang tidak memungkinkan, hal ini berlaku untuk gerakan lompat.

Maka dari itu diperlukan teknik untuk berhasil melakukan gerakan lompat dengan benar dan selamat.

Peralatan Lompat Harimau

Setelah mengetahui teknik lompat harimau alangkah baiknya bila pemahaman kita ditambah dengan peralatan apa saja yang mampu menunjang keberhasilan dan keselamatan dari olahraga lompat harimau ini.

1.   Matras

Pada kegiatan olahraga keamanan menjadi salah satu yang paling wajib diperhatikan, begitu pula dengan kegiatan lompat harimau.

Untuk menambah keamanan dan kenyamanan maka peralatan yang wajib disediakan adalah matras tebal.

Matras yang lebar juga dibutuhkan untuk meminimalisir cidera pada saat pendaratan.

1.   Penanda

Penanda lompat tidak perlu dipasang terlalu tinggi namun disesuaikan dengan keadaan tubuh dari masing-masing.

Untuk anak-anak, penanda dipasang sekiranya anak-anak tersebut mampu mencapai dan melewatinya.

Teknik Dasar Lompat Harimau

Gerakan lompat membutuhkan kekuatan bahu, lengan dan tangan supaya bisa melakukan gerakan ini dengan benar. Secara teknik, gerakan pada lompat tidak berbeda dengan gerakan salto dan roll depan.

Berikut ini 3 teknik yang biasa dilakukan saat melakukan gerakan lompat.

1. Sikap Pertama

Hal terpenting yang harus dilakukan yaitu badan berdiri tegak dan posisi kedua lengan berada di sisi tubuh kemudian pandangan lurus kedepan dan mulai mengambil ancang-ancang untuk siap berlari.

2. Lompatan dan Gulingan

Setelah melakukan sikap awalan gerakan selanjutnya yaitu berlari dengan cepat mendekati penanda.

Setelah mendekati penanda maka lakukan tolakan dengan kedua kaki, berat badan ditumpu pada kedua kaki dan angkat badan keatas untuk melewati penanda yang telah disediakan.

Agar lompatan yang dihasilkan bisa sempurna maka hal yang harus diperhatikan saat badan melayang diatas penanda yaitu tungkai kaki diluruskan kemudian kedua lengan diayunkan ke depan.

Selanjutnya setelah gerakan lompatan yaitu gerakan berguling yang bisa dilakukan dengan cara menggulingkan tubuh kita kearah depan.

Ketika kedua tangan sudah menyentuh matras hal yang harus segera dilakukan yaitu kepala ditundukkan dan dimasukkan hingga dagu menyentuh bagian dada.

Pada saat berguling bagian pertama tubuh yang menyentuh matras bagian pundak, bagian punggung dengan sendirinya akan membulat mengakibatkan badan denga sendirinya berguling ke depan.

3. Sikap Akhir Pendaratan

Setelah melakukan loncatan dan gulingan maka hal terpenting saat melakukan harimau yaitu sikap akhir pendaratan untuk mengakhiri gerakan harimau.

Gerakan harimau diakhiri posisi jongkok pada akhir gerakan. Pada posisi akhir, kedatangan diangkat lurus.

Manfaat Gerakan Lompat Harimau

Setelah anda mengetahui pengertian dan teknik dasar lompat harimau.

Penting juga bagi anda mengetahui apa saja manfaat dalam melakukan lompat. langsung saja, berikut ini manfaatnya :

1. Menjadikan tubuh lebih langsing

Dengan melakukan gerakan tiger sprong akan sangat membantu untuk membakar kalori dalam tubuh sehingga menjadikan tubuh lebih lansing.

Selain membakar kalori, gerakan lompatan juga dapat membuat bentuk tubuh menjadi lebih indah.

2. Bertambahnya kelenturan tubuh

Gerakan pada lompat harimau membutuhkan kelincahan dan ketangkasan, gerakan berguling akan menjadikan tubuh menjadi lebih lentur.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain makanan yang kaya serat, protein dan mineral, gerakan olahraga lompat diyakini bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Hal ini saat melakukan gerakan lompat dibutuhkan tenaga yang cukup besar, maka otot jantung juga akan bekerja lebih maksimal.

Nah dengan bekerjanya otot jantung yang maksimal maka jantung akan dipicu untuk bekerja secara lebih aktif sehingga mampu meningkatkan kesehatan si jantung.

4. Membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancer

Gerakan harimau membuat seluruh anggota badan bekerja dengan lebih baik, sehingga kapasitas oksigen akan mengalir lebih lancar keseluruh tubuh.

Dengan pemahaman yang baik tentang teknik olahraga senam lantai tiger sprong, serta manfaat-manfaat yang bisa diperoleh maka diharapkan olahraga tiger srong ini mampu dijadikan salah satu referensi olahraga kita semua demi terjaganya kebugaran tubuh.

Bacca Juga: Guling Lenting

Tinggalkan komentar