Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Khas Bali

4 min read

makanan khas bali

Pulau bali mempunyai berbagai macam kuliner khas bali yang nikmat dengan harga terjangkau. Bagi kalian yang berlibur ke pulau dewata ini dan ingin mencicipi makanan khas bali tentu ini bisa di agendakan terlebih dahulu. Mau pergi ke bali dengan keluarga atau dengan teman-teman untuk mengisi waktu liburan akhir sekolah.

Penduduk Bali mayoritas memeluk  agama hindu,  akan tetapi ada pula yang beragama islam. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang makanan khas bali halal juga terkenal dan enak. Salah satu menu kuliner enak di Bali yaitu bebek betutu, makanan ini sangat disenangi oleh masyarakat bali.

1. Nasi Ayam Kedawetan Bali

nasi ayam bali
norhafizh

Makanan khas Bali yang pertama ialah nasi ayam kedawetan. Salah satu tujuan wisata bagi para turis lokal atau mancanegara ke pulau dewata Bali ini adalah mencicipi masakan khas bali yang satu ini. Nasi ayam kedewatan dijual oleh salah satu rumah makan di wilayah Gianyar dengan nama “Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku”.

Nasi khas Bali ini hampir mirip dengan nasi campur yang beredar di daerah lainnya seperti makanan khas sunda yang terkenal dengan nasi timbel, bedanya lauk-lauk yang ada di sana yaitu daging ayam, kacang goreng, jeroan, sate, telur rebus, dan juga kacang panjang.

Mengingat masyarakat yang mencintai rasa pedas, tersedia pula sambal mentah yang dibuat dari irisan cabai kecil-kecil yang ditambah dengan bawang dan garam.

Sebagai salah satu kuliner lezat, maka tak heran pula jika para wisatawan asing datang ke sana untuk menikmati satu porsi nasi ayam kedewatan untuk sarapan maupun makan siang.

2. Sate Lilit Bali

sate lilit
merdeka.com

Kuliner yang paling identik dengan Bali yaitu sate lilit yang terkenal dengan makanan khas Bali dari cara pembuatannya.

Berbeda sekali dengan jenis sate lain, sate lilit memang dibuat dengan cara melilitkan adonan daging kedalam tusuk.

Sedangkan kebanyakan olahan sate menusuk satu persatu daging yang sudah dipotong kecil-kecil sebelum akhirnya dipanggang.

Selain berbeda dari peletakan dagingnya, juga berbeda dari segi ada tidaknya bumbu kacang yang sduah melekat pada olahan sate.

Pada sate lilt, anda tidak akan menjumpai penggunaan bumbu kacang, karena bumbu-bumbu sate sudah dicampur dengan daging sebelum dibakar.

Pada umumnya untuk membuat sate lilit, bahan yang digunakan ialah daging ikan tuna, namun ada juga yang memakai daging ayam.

Membuatnya hanya perlu menghaluskan dagingnya saja dengan cara menggilingnya kemudian memberikan bumbu dari bawang merah, serai, daun jeruk, dan bawang putih.

Tahap selanjutnya adonan yang sudah merata akan dililitkan ke tusuk sate sebelum nantinya dibakar sampai matang.

Rasa pedas manis dengan aroma serai akan terasa muncul saat menikmati masakan khas Bali yang ada hampir di seluruh Bali ini.

3. Rujak Buleleng Bali

rujak buleleng
indonesiakaya.com

Makanan khas Bali yang ketiga ialah rujak buleleng. Kuliner paling pas untuk menikmati teriknya matahari Bali saat siang hari yaitu rujak buleleng yang mempunyai rasa segar dan pedas.

Berbagai buah-buahan akan dipotong dalam satu wadah yang nantinya akan ditaburi bumbu rujak di atasnya secara merata, itulah rujak buleleng.

Sekilas memang mirip sekali dengan rujak-rujak lain yang ada di Indonesia, akan tetapi karena bumbu atau sambalnya yang dicampur dengan buah membuatnya berbeda.

Kita sendiri tahu bahwa rujak normal yang kerap dipasarkan akan memisahkan bumbu dengan buah yang nantinya dimakan dengan cara mencocol buah dengan bumbu tadi.

Makanan khas Bali ini memang menjadi teman yang pas disaat menikmati keindahan wisata di bali. Rujak Buleleng bali meskipun ada pula yang mencampur buah dengan bumbu, namun kebanyakan di pisahkan, dan perbedaan lain ialah bahan pembuatan bumbunya.

Bahan yang dipakai untuk membuat bumbunya ialah gula aren buleleng, cuka, terasi, garam, cabai rawit, dan yang berbeda ialah adanya pisang batu.

4. Ikan Asap Sambal Matah Bali

ikan asam pedas
indozone.id

Pulau dengan nama Pulau Serangan mungkin belum terlalu terkenal di daerah Bali, akan tetapi olahan khasnya bernama ikan asap sambal matah merupakan salah satu makanan terbaik.

Di buat dari ikan hasil tangkapan orang di pulau yang masih segar ini seperti ikan tongkol, ikan tuna dan ikan kerapu yang dibakar dengan rasa pedas, itulah ikan asapnya Pulau Serangan di bali.

Keunikan dari makanan khas Bali yang halal ini yaitu penggunaan sabut kelapa yang digunakan untuk mengasapinya sehingga mewujudkan aroma sabut yang khas.

Selain menimbulkan aroma, pemasakan dengan sabut juga yang membuat teksturnya empuk dan bumbunya merasuk kedalam dikarenakan dimasak lebih lama.

Untuk membuatnya memang membutuhkan waktu lama, karena saat memasaknya, harus membolak-balik ikan beberapa kali hingga mengolesnya bumbu pada ikan tersebut.

Apalagi jika proses membalik ikan tersebut, perlu waktu 5 hingga 8 menit dan setiap pembalikan juga harus mengganti sabut kelapa.

5. Nasi Campur Bali

nasi campur bali
grab.com

Makanan khas Bali selanjutnya ialah berupa nasi. Jika nasi campur atau rames dikira hanya ada di pulau Jawa saja, itu merupakan salah besar, karena di Bali juga ada nasi campur yang dihiasi oleh lauk yang lezat.

Beragam lauk pauk bisa dipilih oleh para pelanggan seperti telur pindang, sate lilit, besisit, lawar sayuran, sambal, dan tidak lupa juga ada nasi.

Namun tidak hanya itu saja, karena nasi campur di Bali juga banyak yang dijual di berbagai rumah makan, sehingga akan ada varian lauk untuk membuatnya yang berbeda dengan produsen lain.

Dengan lauk yang enak, banyak para penikmat kuliner tersebut menjadikannya sebagai sarapan pagi, makan siang, bahkan makan malam untuk mengisi perut.

Beberapa lauk yang biasa dijumpai selain menu utama di atas ialah jukut urap, tum ayam, kacang tanah goreng, lawar ayam, dan sambal matah.

Jukut urap sendiri merupakan makanan yang dibuat dari nangka muda, dan ada pula yang membuatnya dengan cara mencampuradukan hasil rebusan bayam, kacang panjang, dan tauge dengan parutan kelapa bakar.

6. Bebek Betutu Bali

bebek betutu
bebek betutut

Jika tadi ada ayam betutu, maka kini ada makanan khas Bali yang bernama bebek betutu bali yang bisa dijumpai dengan bahan utama berupa bebek.

Olahan yang dimasak dengan cara betutu memang menjadi ciri khas tersendiri di masyarakat Bali, salah satunya ialah bebek betutu yang mempunyai rasa rempah yang sangat meresap.

Wajar saja karena pembuatannya bisa memakan waktu semalaman hanya untuk mendiamkan bebek yang sudah berlumur bumbu.

Untuk pembuatannya bisa digolongkan unik, karena harus dikukus terlebih dahulu agar bebeknya matang merata dan mempunyai tekstur yang lebih empuk.

Cara membuatnya berbeda, namun pada terkadang sesudah bumbu-bumbu dibuat dan sudah menjadi base genep, maka selanjutnya yaitu melumuri bumbu genep tersebut ke sekeliling bebek.

Artikel terkait: Makanan Khas Bandung

7. Jukut Urab Bali

urab bali
sajiansedap.grid.co.id

Salah satu jenis urapan yang khas dari pulau Bali yaitu jukut urab dengan penampilan hampir sama dengan urapan sayur dari daerah Jawa.

Sebagai makanan khas Bali, tentu ini menjadi daya tarik tersendiri pagi para pecinta kuliner. Didalam satu porsi jukut urab akan diisi oleh sayuran seperti kacang-kacangan, tauge, bayam, dan wortel kemudian diberi bumbu.

Perbedaan antara urapan yang ada di Jawa dengan jukut urab ada pada bumbu tersebut, karena jukut urab akan diberi perasan jeruk nipis dan ada kacang goreng yang menemaninya.

Masalah soal rasa, yang jukut urab terkesan lebih mempunyai rasa pedas, karena akan diberi bumbu berupa cabai begitu banyak.

Itulah makanan khas Bali yang bisa anda cicipi ketika anda bepergian ke Bali. Semoga bermanfaat.

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Khas Lampung

Abdhi Mujahid
4 min read

Makanan Khas Sunda

Abdhi Mujahid
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *