Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Khas Bandung

4 min read

kuliner bandung

Makanan Khas Bandung – Bandung merupakan provinsi dari Jawa Barat, dengan ini membuat Bandung menjadi kota metropolitan yang dikatakan tidak pernah tidur.

Selain mempunyai daya tarik pada tempat wisata alamnya yang melimpah, juga ada wisata kuliner di kota berjuluk Paris Van Java tersebut.

Olahan tradisional dan kekinian dengan mudah bisa dijumpai di daerah Bandung, bahkan karena masyarakatnya memiliki kreativitas dan ide itulah yang menjadikan Bandung mempunyai banyak kuliner lezat dan mantab.

Bahkan makanan tradisional pun, bisa diubah menjadi panganan dengan rasa yang mewah dan tentunya bisa bersaing dengan panganan modern.

Dari pada penasaran, Inilah makanan khas bandung:

1. Makanan Khas Bandung ( Baso Tahu Tulen)

kuliner khas bandung
pergikuliner.com

Kata baso bagi segelintir orang sama dengan bakso, namun di Bandung dua kata itu memiliki perbedaan terutama dari segi arti, karena bakso merupakan makanan berkuah sedangkan baso tahu yaitu tahu yang berisi daging ikan giling.

Sebetulnya baso tahu mengandung artian lebih luas lagi, sebab dalam satu porsi baso tahu akan merujuk pada makanan seperti tahu isi daging, siomay, dan bumbu kacang sebagai bumbunya.

Dalam satu porsinya juga sering ada tambahan lain seperti telur rebus, kentang rebus, kol, dan pare.

Sedangkan pemberian bumbu kacang dimaksudkan agar baso tahu mempunyai rasa pedas, karena bumbu kacangnya dirancang lebih pedas daripada makanan khas Bandung yang pedas seperti siomay pada umumnya.

Di Bandung sendiri, ada yang namanya Baso Tahu Tulen, meskipun mirip dengan baso tahu lain, akan tetapi produsen yang satu ini mempunyai perbedaan rasa yang cukup menonjol.

Penggunaan daging ikan yang lebih banyak daripada tepung dalam isian baso tahu menjadikan rasa ikannya sangat kuat terasa. Belum lagi dengan kacang dari bumbunya dibuat tidak terlalu halus, sehingga rasa kacang lebih terasa di mulut.

2. Makanan Khas Bandung (Nasi Kalong)

masakan khas bandung
pergikuliner.com

Nasi kalong merupakan salah satu kuliner khas dari Bandung yang terbuat dari nasi dan aneka lauk yang beragam menemaninya. Yang membuatnya unik ialah nasinya yang bewarna hitam, sehingga mirip sekali dengan kalong atau dalam bahasa Indonesianya yaitu kelelawar.

Artikel terkait: Makanan Khas Bali 

Penggunaan nasi hitam bukanlah berasal dari beras hitam, karena bahan pembuatnya ialah nasi merah dengan bumbu tambahan seperti kluwek, bawang merah, cabai, kelapa parut, dan daun salam.

Namun ada juga penggunaan nasi putih jika tidak suka dengan penggunaan nasi merah pada makanan khas Bandung malam hari ini.

3. Makanan Khas Bandung (Bageur)

makanan khas bandung
dreamers.com

Jika mendengar makanan dengan nama burger sudah pasti bukan makanan asli indonesia, begitu pula dengan bakpao yang juga makanan dari luar negeri.

Namun jika burger dan bakpao digabung dalam bentuk bageur, maka itu ialah kuliner asli Bandung dan tentunya bukan dari luar negeri.

Yang membuatnya unik selain perpaduan antara burger dan bakpao yaitu bakpaonya dibuat dengan beraneka warna, sehingga begitu menggoda.

Jika dijabarkan lebih jelas, bageur merupakan makanan yang terdiri dari potongan bakpao di atasnya yang diberi isian berupa daging, selada, tomat, bawang bombay, mayyonaise, dan keju lalu ditutup dengan bakpao lagi.

Selain warna, bakpao yang digunakan juga mempunyai aneka rasa, seperti Smoked Egg Bageur, Cheese Bageur, dan Smoked Beef Bageur.

Bakpao-nya yang dibuat dengan cara dikukus dan dagingnya yang tidak digoreng membuatnya menjadi sehat, ditambah lagi untuk pewarna bakpao bukan dari pewarna tekstil.

Harganya cukup terjangkau untuk olahan premium dengan daging cukup tebal ini, karena banderolnya hanay 28 ribu hingga 89 ribu saja.

4. Makanan Khas Bandung (Batagor)

makanan khas bandung
tokopedia.com

Makanan khas Bandung yang murah meriah ini dikenal dengan nama batagor, sebenarnya ialah akronim dari baso tahu goreng yang sebenarnya merupakan masakan hasil akulturasi Tionghoa-Indonesia.

Pada umumnya, batagor terbuat dari adonan tepung tapioka yang dimasukkan ke dalam kulit pangsit sebelum akhirnya digoreng. Akan tetapi karena perkembangan selera dan kreatifitas, adonan tersebut akan ditambah pula dengan ikan tenggiri.

Untuk melengkapinya, akan ada bumbu tambahan seperti bumbu kacang yang menyelimuti batagor goreng, sehingga menjadikan perpaduan rasa pedas dan gurih ketika memakan batagor.

Tekstur yang dihasilkan dari makanan khas Bandung ini yaitu renyah dimulut jika baru matang. Akan tetapi setelah beberapa jam biasanya teksturnya mulai sedikit keras cenderung kenyal.

Dalam penyajian kuliner yang sudah dikenal oleh hampir diseluruh Indonesia ini, hasil dari makanan khas Bandung batagor goreng akan dipotong kecil-kecil kemudian bumbu kacang dan kecap akan ditaburkan di atasnya.

Sebagai pelengkap biasanya produsen juga menambahkan tahu dan sayur kol, walaupun tanpa itu batagor tetaplah enak dikonsumsi. Untuk menemukan batagor sangatlah mudah, di Bandung hampir di setiap sudut kota akan dijumpai penjualnya.

5. Makanan Khas Bandung (Cuanki)

makanan khas bandung
qraved.com

Cuankie mungkin tidak dikenal di daerah lain, karena menjadi makanan ini menjadi makanan yang endemik di Kota Bandung.

Pemberian nama cuankie ini faktanya diambil dari rangkaian kata ‘cari uang jalan kaki’, karena dulunya kebanyakan bahkan hingga sekarang yang menjualnya hanya dengan gerobak saja.

Cuankie sendiri adalah makanan berkuah khas Bandung dengan isian berupa bakso, siomay, dan tahu dengan penyajian kuah yang bening.

Selain adanya isian tersebut, cuankie sering juga disajikan bersama dengan keringan sebagai menu pendampingnya.

Meskipun penjualnya banyak yang jalan kaki, ada juga kedai-kedai yang menetap agar pembeli mudah jajan di sana. Diantaranya ialah Cuanki Dara Kembar di Jalan Gajah dengan ciri khasnya menggunakan piring dari tanah liat atau hot plate. Sedangkan keringannya merupakan pangsit dan juga reuwazz dengan harga seporsinya mulai dari 10 ribu rupiah saja.

6. Makanan Khas Bandung (Rujak Cuka)

makanan khas bandung
youtube.com

Rujak cuka adalah kuliner dari buah-buahan hingga sayuran yang bercampur dengan kuah asam dengan rasa pedas manis asam.

Sekilas memang mirip dengan rujak-rujak lain, akan tetapi rujak cuka menggunakan kuah yang lebih mencair dan lebih banyak daripada bumbu rujak normal.

Selain itu, buah-buahan yang dipakai nantinya akan dipotong kecil akan tetapi bercampur dengan sayuran tauge dan kol.

Sedangkan untuk buah yang digunakan dalam pembuatannya tidak ada ketentuan khusus, hanya dicari yang mudah didapatkan.

Akan tetapi buah-buahan yang kerap digunakan yaitu mangga muda, jambu air, mentimun, bengkoang, nanas muda, kedondong, dan lain sebagainya.

Sedangkan kuah asam yang dibuat untuk membumbuinya dibuat dari bumbu halus dengan rempah cabai merah, cabai keriting merah, terasi, garam, dan ebi kering.

Selanjutnya bumbu tersebut akan dicampur pada hasil air mendidih dan gula pasir, dan ditambah pula air perasan jeruk lemon sehingga terciptalah rasa pedas manis asam.

Artikel Terkait: Makanan Khas Semarang

7. Makanan Khas Bandung (Peuyeum)

kuliner khas bandung

Peuyeum merupakan makanan khas Bandung untuk oleh-oleh yang dibuat dengan cara fermentasi, atau dalam Bahasa Indonesianya disebut dengan tape.

Sebenarnya ada dua jenis peuyeum, yaitu yang dibuat dari beras ketan yang difermentasi dan ada juga yang dibuat dari singkong dengan taburan ragi.

Nama kedua tersebut menjadi yang paling identik dengan kota Bandung, mengingat di sana banyak sekali penjualnya. Yang unik lagi, para penjual peuyeum di tatar Pasundan akan menggantungkan peuyeum mereka didepan toko dengan tujuan untuk memikat para konsumen.

Pembuatan peuyeum bisa dibilang sangat mudah, yaitu hanya dengan mengukus singkong beberapa saat kemudian ditaburi ragi secara merata, setelah itu disimpan dalam tempat tertutup selama 2 sampai 3 hari.

Baru setelah itu kemudian singkong akan berubah menjadi tape dengan ciri khasnya bewarna putih dan saat dicicipi mempunyai rasa yang enak.

 Menurut sebagian orang, tape ini berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, sehingga cocok makan pada saat musim dingin. 

Untuk mendapatkannya cukup mudah, karena di pasar-pasar atau kawasan wisata di Bandung banyak yang menjual dengan harga relatif murah.

8. Makanan Khas Bandung (Oncom)

kuliner khas bandung

Oncom adalah makanan yang mirip dengan tempe, akan tetapi dibuat dengan jenis ragi yang berbeda dan mempunyai penampilan mirip tempe namun ada warna oranye yang mengelilinginya.

Pembuatan oncom khas Bandung ini dibuat dari bahan dasar seperti kacang tanah sehingga akan menghasilkan olahan oncom dengan adanya kacang-kacangan di sekelilingnya.

Selain dibuat dari kacang tanah, oncom juga bisa dibuat dari ampas buah kelapa.

Dalam pembuatan oncom ini, bahan ragi yang digunakan berbeda dengan tempe, karena yang digunakan ialah jamur Neurospora sitophila.

Jamur tersebut pulalah yang menjadikan oncom menjadi warna oranye dan karena adanya jamur tersebut oncom menjadi satu-satunya makanan yang terbuat dari jenis jamur keluarga Neurospora.

Itulah Kuliner khas Bandung yang bisa anda beli ketika anda sedang berwisata ke Bandung.

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Khas Lampung

Abdhi Mujahid
4 min read

Makanan Khas Sunda

Abdhi Mujahid
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *