Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Kas Indramayu

6 min read

makanan khas undramayu

Makanan Khas Indramayu – Di jawa barat ada sebuah kabupaten yang disebut indramayu. Indramayu adalah salah satu wilayah yang terkenal akan kelezatan buah mangganya.

Selain mangga, ada banyak pula makanan lain yang juga sangat nikmat dan lezat. Jika anda penasaran dengan aneka kuliner khas dari kabupaten tersebut, maka bisa datang langsung ke indramayu.

Eit, namun sebelum datang ke Indramayu, alangkah baiknya anda melirik-lirik terlebih dahulu makanan khas Indramayu dibawah ini.

Aneka Makanan Khas Indramayu

Kurang lebih ada 17 aneka makanan khas Indramayu yang akan kami sajikan untuk anda. Jika anda sedang main-main ke kota ini, jangan lupa untuk mampir walaupun hanya sekedar mencicipi ya.

Nasi Lengko

makanan khas indramayu
cookpad.com

Makanan khas Indramayu yang satu ini sudah lama terkenal. Lengko atau orang menyebutnya dengan nasi lengko ialah makanan yang menggunakan bahan dasar nasi, yang ditambah dengan sayuran lainnya. Di Indramayu sendiri makanan tersebut dijadikan sebagai menu sarapan.

Bahan pelengkap yang biasanya ditambahkan pada makanan yang satu ini antara adalah goreng, tempe goreng, dan beberapa jenis sayuran lainnya, seperti mentimun mentah yang diiris dan toge yang telah direbus, serta daun kucai yang sudah dipotong-potong kecil.

Bumbu atau saus yang digunakan ialah kuah kacang yang bentuknya mirip dengan rujak atau pecel. Tingkat kepedasan sendiri bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Demikian pula dengan kecap sebagai pelengkap kelezatan.

Pindang Gombyang Manyung

makanan khas indramayu
travel.kompas.com

Pindang gombyang manyung ialah makanan khas Indramayu yang tidak diragukan lagi kelezatanya. Bahan utama yang dipakai untuk memasak makanan yang satu ini ialah ikan manyung, dimana ikan yang satu ini berasal dari laut. Jika dilihat selintas, masakan yang satu ini seperti gulai, namun bahan utama yang digunakan adalah ikan.

Untuk rasa, makanan yang satu ini cukup kaya rasa. Bahan bumbu yang biasanya dipakai untuk masakan ini adalah kunyit, jahe, kemiri, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan beberapa jenis bumbu lainnya.

Rumbah

makanan khas banten
7terbaik.com

Makanan Rumbah ini mirip seperti lotek di Bandung atau Gado-gado di Jakarta. Rumbah ialah kuliner yang memakai beberapa jenis sayuran yang sudah dikukus/direbus sebelumnya, kemudian diberi bumbu kacang.

Adapun jenis sayuran yang biasanya dipakai untuk makanan yang satu ini antara lain kangkung, kacang panjang, toge, kol, timun, dan beberapa jenis sayuran lainnya.

Yang membedakan antara makanan yang satu ini dengan jenis makanan yang lain adalah adanya tambahan kuah yang digunakan. Adanya sambal asam yang dicampur dengan air petis.

Air petis ini sendiri terbuat dari air sisa ikan laut yang dimasak, dan ditambah dengan gula merah agar cita rasanya nikmat dan lezat.

Burbacek

makanan khas indramayu
twgram.me

Makanan Burbacek sendiri sebenarnya singkatan dari bubur, rumah dan cecek. Itu artinya makanan yang satu ini terdiri atas 3 jenis makanan, yaitu bubur, yang ditambah dengan rumbah dan cecek.

Cecek ini ialah kikil sapi, kikil ini terlebih dahulu dimasak menggunakan parutan kelapa yang ditambah dengan bumbu cabai merah.

Makanan  yang satu ini kaya rasa, adanya rasa asam pedas dari rumbah, serta rasa gurih pedas dari cecek membuat makanan  yang satu ini pas jika dikonsumsi ketika siang hari.

Mencari makanan yang satu ini juga tidak sulit, karena makanan ini banyak dijajakan di hampir setiap kawasan di Indramayu.

Orog-orog

makanan khas indramayu
idntimes.com

Makanan orog-orog ini sebenarnya lebih tepat jika disebut dengan kudapan. makanan yang satu ini terbuat dari tepung beras yang diberi gula merah, serta parutan kelapa. Makanan orog-orog ialah salah satu makanan yang paling disukai oleh masyarakat Indramayu.

Pada zaman dahulu makanan ini disajikan pada acara tahlilan, tepatnya pada hari ketujuh.

Namun sekarang, makanan yang satu ini mudah Anda temui dimana saja. Bahkan sekarang orog-orog dapat Anda temukan di toko oleh-oleh dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Indramayu selain buah mangga dan oleh-oleh lainnya.

Pedesan Entog

makanan khas indramayu
radarcirebon.com

Pedesan entog ini pas untuk Anda yang hobi makanan dengan cita rasa pedas. Pedesan yang berarti rasa pedas, sedangkan entog ialah binatang sejenis bebek.

Jadi pedesan entog ialah makanan sejenis bebek yang dimasak menggunakan bumbu pedas.

Seperti yang sudah diketahui bersama, entog ialah salah satu jenis bebek yang memiliki tekstur daging yang cukup tebal, sekaligus terkenal akan dagingnya yang amis. Namun jika memasaknya benar, maka aroma amis tersebut tidak akan tercium.

Bumbu yang digunakan untuk memasak makanan khas Indramayu yang satu ini memang cukup banyak, hal ini untuk menutupi serta membuat cita rasa masakan semakin kaya dan semakin nikmat untuk disantap.

Adapun bahan bumbu yang biasanya digunakan antara lain tomat, serai, daun jeruk, kecap manis, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lengkuas, garam, dan tidak lupa cabai merah.

Mie Ragit

makanan khas indramayu
pinterest.com

Anda tentu sudah tidak asing dengan makanan mie. Hampir semua tempat di Indonesia memiliki makanan khas dari bahan mie, demikian pula dengan daerah Indramayu.

Namun ada yang unik dengan makanan mie khas Indramayu ini, bahan mie yang dipakai sama, namun kuah yang dipakai berbeda.

Mie ragit ini, memakai kuah santan sayur, santan udang, dan sebagai pelengkap, juga ditambahkan telur yang sudah diiris tipis.

Masyarakat Indramayu biasanya mengkonsumsi makanan ini pada saat buka puasa. Anda akan menemukan makanan ini di warung-warung kecil yang ada di pinggir jalan.

Untuk harga tidak masalah, harga makanan ini sangat terjangkau.

Bubur Glintir

makanan khas indramayu
idntimes.com

Bubur glintir ini mirip dengan bubur candil, namun yang membedakan antara kedua jenis bubur ini yaitu bahan dasar yang digunakan.

Dimana bubur gintir ini terbuat dari tepung beras bukan dari jagung. Tepung beras ini kemudian di campur dengan air secukupnya hingga kalis, kemudian dibentuk bulat-bulat dan direbus menggunakan gula merah dan santan. Sehingga cita rasa yang dihasilkan oleh makanan ini manis, dan juga gurih.

makanan yang satu ini biasanya disajikan pada saat panen padi yang dilakukan oleh para petani. Sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang sudah dilakukan.

Bubur ini biasanya dibagikan kepada para tetangga terdekat. Namun kini Anda tidak perlu menunggu hingga panen tiba, karena makanan yang satu ini dapat Anda peroleh dengan mudah di pasar.

Geblog

makanan khas indramayu
belitung.tribunews.com

Geblog atau gemblong ini ialah makanan atau kudapan lain dari Indramayu. makanan yang satu ini berbeda dengan geblong yang Anda kenal.

Makanan ini berasal dari Indramayu yang dibuat dari singkong, namun ada juga yang terbuat dari ketan hitam. Kuliner yang satu ini sekarang sudah jarang ditemukan.

Cara membuat kue gemblong khas Indramayu ini sangat mudah, yaitu singkong yang telah diparut kemudian diperas, garam, kelapa parut, gula merah, gula pasir dan daun pandan.

Untuk memasak makanan yang satu ini ialah dengan mencampur singkong yang sudah diparut, kelapa parut, dan garam secara merata. Adonan tersebut kemudian dibentuk oval, dan diisi dengan gula merah, gula pasir dan juga daun daun pandan. Goreng adonan tersebut hingga tercium aroma.

Cimplo

makanan khas indramayu
oketourcirebon.com

Dahulu makanan khas Indramayu ini dibuat hanya pada acara tertentu, dimana makanan yang satu ini dimaksudkan sebagai makanan untuk menolak bala. makanan yang satu ini terbuat dari tepung beras, tape singkong, gula putih dan juga ragi.

Jika adonan sudah tercampur merata, langkah selanjutnya adonan tersebut  dicetak bulat, lalu ditambah gula merah yang telah dicairkan dan ditambah parutan kelapa dan juga santan kelapa.

Blengep Cotot

makanan khas indramayu
idntimes.com

makanan lainnya yang juga terbuat dari singkong dan gula merah khas Indramayu ialah blengep. Cotot sendiri jika diartikan kedalam bahasa Jawa artinya keluar, itu artinya, ketika seseorang mengkonsumsi makanan ini, maka gula merah akan keluar dari kulier tersebut dan meleleh di mulut Anda.

Singkong yang ada akan dibentuk bulat-bulat seperti bakpau. makanan ini cukup terkenal di Indramayu, dan paling banyak di daerah Bangkir atau di pasar bangkir Indramayu.

Makanan yang satu ini biasanya dijajakan ketika pagi hari.

Dodol Indramayu

makanan khas indramayu
putratravel.net

Indramayu ternyata juga mempunyai jajanan berupa dodol indramayu. Dodol biasanya dikenal dari garut, namun dodol dari indramayu juga tidak kalah menggoda dengan yang lainnya.

Makanan ini sangat lezat dan nikmat,anda bisa menemukan dodol ini dalam dua jenis. Jenis yang pertama adalah dodol lolos dan juga dodol gula merah.

Dodol lolos ialah jenis dari dodol basah yang terbuat dari tepung beras yang diberi tambahan gula merah.

Dodol ini juga terdapat toping ampas santan yang menggumpal sehingga mudah dibedakan dengan dodol gula merah. Dodol gula merah bahan dasarnya ialah gula merah sehingga sangat terasa sekali manisnya.

Blendung

makanan khas indramayu
cookpad.com

Blendung juga merupakan makanan khas indramayu yang sangat populer. Bahan makanan blendung ialah dari jagung yang kemudian di reteli.

Setelah itu direbus sampai daging jagung matang. Jika sudah matang maka akan diberi parutan kelapa yang lembut.

Makanan ini memang terkesan sederhana dan sangat bernuansa. namun masyarakat di indramayu begitu menyukainya.

Perpaduan jagung yang manis dengan kelapa yang gurih bisa menjadikan anda merasa senang menikmati makanan ini, apalagi ketika jagung masih hangat. Rasanya bikin ketagihan.

Kue Koci

makanan khas indramayu
kuekoci.grid.id

Kue koci juga menjadi salah satu makanan khas Indramayu yang sangat layak untuk anda coba. Kue ini sudah ada sejak lama dan mirip sekali dengan kue bugis.

Jika anda ingin merasakan makanan khas indramayu ini, silahkan coba. Harga dari kue koci sangat murah dan terjangkau dan biasanya dijual bersama dengan kue nagasari.

Bahan yang dipakai untuk membuat kue ini ialah tepung ketan yang kemudian dibentuk menjadi prisma. Proses selanjutnya adonan akan diberi isi parutan kelapa yang sudah dimasak dengan gula merah, sehingga rasanya sangat manis dan gurih.

Emping Tike

makanan khas indramayu
sebandung.com

Makanan khas Indramayu ini ialah emping tike. Jenis makanan ini termasuk salah satu ikon dari masyarakat Indaramayu dalam mengolah rumput teki menjadi panganan yang mantap.

Bahan dasar dari rumput teki pun bisa didapatkan dengan mudah, karena sifatnya yang liar dan bisa hidup di mana saja.

Melihat keadaan tersebut, para pengolah makanan memanfaatkan peluang dengan mengolahnya menjadi makanan yang bernilai sehingga bisa dikonsumsi oleh banyak orang.

Docang

makanan khas indramayu
primarasa.co.id

Makanan khas dari Indramayu ini ialah docang yang berasal dari dua kata, yaitu bodo (baceman) dari oncom dage dan kacang hijau yang dibuat menjadi toge.

Makanan populer ini ialah hasil kombinasi dari lontong, toge, kerupuk, dan daun singkong yang kemudian disiram sayur Oncom Gembos.

Bahan baku pengolahan oncom gembos ini berasal dari ampas tahu dengan campuran sedikit kacang tanah dan parutan kelapa muda.

Menurut sejarah, menu legendaris ini sangat disukai wali songo ketika pada zamannya. Sejak saat itulah, docang menjadi masakan yang banyak dicari oleh pencinta kuliner. Bisa disajikan ketika pagi atau malam hari.

Ampo

makanan khas indramayu
dzargon.com

Ampo ialah makanan khas dari Indaramayu selanjutnya. Bahan baku dari kuliner ini adalah  olahan tanah liat tanpa campuran apapun. Biasanya dikonsumsi sebagai camilan ringan, terutama untuk ibu hamil.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai makanan khas Indramayu yang enak dan lezat. Jika anda mampir ke kota ini jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Indramayu yang enak dan lezat ini.

Terimakasih

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Khas Subang

Abdhi Mujahid
4 min read

Makanan Khas Cianjur

Abdhi Mujahid
5 min read

Makanan Khas Cirebon

Abdhi Mujahid
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *