Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Khas Lampung

4 min read

makanan khas lampung

Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai makanan khas. Bicara tentang makanan khas tidak akan ada habisnya termasuk membahas tentang makanan khas lampung ini.

Yuk kita ketahui, apa saja sih makanan khas lampung itu?

1.Seruit (Kuliner Khas Lampung)

makanan khas lampung
kuliner khas lampung (idntimes.com)

Makanan yang pertama yaitu seriut Lampung. Makanan ini sangat khas sekali di kota lampung dan biasanya akan dihidangkan sebagai hidangan pada acara penikahan dan acara adat keagamaan. Makanan ini sangat istimewa dan bahkan dijadikan salah satu masakan pokok oleh  masyarakat pepadun.

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas lampung ini yaitu ikan yang di bakar. Bumbu yang digunakan diantaranya terasi, tempoyak atau bahkan mangga.

Tempoyak merupakan daging durian yang difermentasi sehingga akan mempunyai aroma sangat kuat. Namun jika anda tidak tertarik dengan aroma tempoyak bisa memilih seruit lampung dengan mangga segar yang menggoda.

2.Tempoyang (Makanan Khas Lampung)

makanan khas lampung
makanan khas lampung

Makanan khas yang selanjutnya yaitu tempoyang lampung. Makanan ini dibuat dari bahan dasar daging durian yang sudah matang dan kemudian difermentasikan.

Cara untuk membuat makanan ini sangatlah mudah. Buah durian yang kualitasnya baik dengan kadar air yang banyak dan legit kemudian dipisahkan dengan bijinya.

Selanjutnya diberi garam dan cabai. Jika sudah maka bisa disimpan di kulkas selama 5 hari. Jika sudah selesai maka tempoyang lampung  bisa digunakan sebagai pelengkap ikan bakar khas lampung. Tempoyang juga pada umumnya dijadikan sebagai bahan dasar sambal goreng yang khas.

3. Geguduh (Jajanan Khas Lampung)

makanan khas lampung
makanan khas lampung (oomph.co.id)

Makanan selanjutnya sangat cocok bagi anda yang senang dengan makanan bercita rasa manis. Makanan ini disebut geguduh lampung yang berasal dari kota bandar lampung.

Makanan ini yaitu kue yang terbuat dari bahan dasar pisang. Pisang dihaluskan dan dicampuri dengan selai, susu serta tepung terigu.

Makanan ini akan menjadi kue yang sangat lezat, manis, lembut dan juga begitu terasa sekali susunya. Gegadu sangat cocok bila dibuat sebagai oleh-oleh saat anda memang sedang berlibur di lampung.

Cara untuk membuat kue ini sangat mudah yaitu dengan digoreng dan bukan di panggang dalam oven sehingga akan terasa sedikit renyah dan gurih.

Buah pisang yang digunakan ialah jenis pisang kapok. Supaya aromanya lebih nikmat diberi tambahan daun pandan dan air kapur sirih.

4.Gulai Taboh (Masakan Khas Lampung)

kuliner khas lampung
masakan khas lampung (pesona.travel)

Makanan khas lampung enak yang selanjutnya yaitu gulai taboh.

Makanan ini mempunyai nama yang unik namun bahan yang digunakan ialah sederhana.

Bahan utama gulai ini yaitu kacang-kacangan dan juga ubi-ubian sehingga sangat sehat dan alami.

Bahan tersebut akan di masak dengan menggunakan santan dan kemudian diberi tambahan rebung serta kentang.

Jika anda ingin merasakan gulai taboh yang berbeda maka bisa ditambahkan terasi atau daun sirih sehingga akan sangat menggoda aromanya.

5. Umbu (Kuliner Khas Lampung)

makanan khas lampung
makanan khas lampung (blog unnes)

Makanan yang berikut ini yaitu umbu. Namanya sangat unik dan rasanya juga unik karena ada sensasi rasa pahit pada masakan yang satu ini.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan ini yaitu rotan muda sehingga tidak mengherankan jika ada sensasi rasa pahit seperti pare.

Rotan muda akan direbus sampai empuk kemudian akan dimasak seperti sayur oseng.

Makanan ini biasanya dihidangkan sebagai lalapan atau bahkan lauk makan nasi hangat.

Jika anda ingin merasakan umbu rotan yang lebih enak maka bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera apakah itu tahu, ikan atau yang lainnya.

Umbu rotan biasanya hanya akan dihidangkan di acara adat saja.

6.Engkak (Oleh-oleh Khas Lampung)

makanan khas lampung
kuliner khas lampung (cookpad.com)

Makanan berikutnya yaitu engkak. Makanan ini mempunyai rasa yang terbilang manis.

Bahan yang digunakan untuk membuat engkak yaitu mentega dan telur yang dihaluskan dan dicampur bahan lainnya hingga menjadi lembek.

Bahan lainnya yang digunakan untuk membuat engkak yang lezat yaitu gula pasir, telur ayam, tepung ketan putih, santan, susu kental manis, serta mentega.

Semua bahan diaduk hingga tercampur sempurna lalu akan dimasukan ke loyang yang sudah diberi mentega. Makanan ini mirip dengan lapis legit sehingga cocok bila dijadikan sebagai cemilan atau dimakan untuk menu sarapan.

7.Gabing (Makanan Khas Lampung)

makanan khas lampung
masakan khas lampung (gotravelly.com)

Gabing merupakan makanan yang dibuat dengan bahan dasar batang kelapa yang masing sangat muda atau biasanya disebut sebagai pondoh.

Batang muda kemudian akan dipotong menjadi lempengan tipis memanjang dengan ukuran 4 cm.

Setelah itu rebus lempengan tersebut dengan air yang sudah diberi bumbu khas lampung. Makanan ini memang merupakan sayur berkuah karena cara memasaknya seperti membuat sayur.

Supaya terasa lebih enak anda bisa tambahkan daging, jamur atau bahan lainnya yang akan membuat gabing semakin istimewa.

8. Pindang (Kuliner Khas Lampung)

makanan khas lampung
kuliner khas lampung (kompasiana.com)

Pindang yaitu makanan yang sangat terkenal di indonesia akan tetapi jika di lampung pindang merupakan makanan yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan kuah kuning yang pekat.

Rasa dari pindang sangat lezat dna juga bercita rasa gurih, pedas dan sedikit asam.

Aroma dari makanan ini juga sangat istimewa karena diberi tambahan daun kemangi. Jika anda yang berada di lampung atau berencana ke lampung jangan sampai melewatkan makanan yang berasal dari kota Lampung ini.

9.Kemplang (Oleh-oleh Khas Lampung)

masakan khas lampung
oleh-oleh khas lampung

Makanan dari lampung memang kebanyakan berbahan dasar ikan.

Makanan selanjutnya yang terbuat dari ikan ialah kemplang.

Makanan ini berasal dari bandar lampung. Kemplang dibuat dengan cara yang sangat mudah karena cara memasaknya hanya dengan dipanggang saja.

Makanan ini akan sangat cocok disantap oleh mereka yang tidak suka dengan makanan berminyak.

Rasa kemplang sangatlah gurih dan juga renyah. Tampilannya juga begitu istimewa sehingga akan membuat anda penasaran untuk mencicipi makanan yang satu ini. Kemplang cocok dijadikan cemilan maupun sebagai lauk makan.

10.Keripik Nangka (Jajanan Khas Lampung)

makanan khas lampung
kuliner khas lampung

Jika anda ingin mencoba keripik selain keripik pisang, lampung juga adalah kota yang banyak menghasilkan keripik nangka.

Keripik nangka dan pisang sama-sama mempunyai rasa yang manis dan enak sehingga akan sangat cocok dijadikan sebagai cemilan diwaktu senggang atau sebagai teman kerja anda.

Jika anda ingin membawa pulang oleh-oleh khas lampung, keripik ini ialah salah satu yang bisa anda pilih.

11. Kue Segumpal (Kuliner Khas Lampung)

makanan khas lampung
makanan khas lampung (cookpad.com)

Makanan khas lampung yang selanjutnya yaitu kue segumpal. Namanya memang unik namun kue ini terbuat dari bahan yang sederhana yaitu beras ketan dan santan.

Kue ini biasanya disajikan saat bulan ramadan sehingga menjadi salah satu makanan yang akan menambah ramadan semakin terasa istimewa.

Kuliner khas ini merupakan makanan asli dari lampung. Anda bisa menemukan kue ini dengan sangat mudah di bulan ramadhan karena memang banyak dijual sebagai menu buka puasa.

12.Pempek (Oleh-oleh Khas Lampung)

makanan khas lampung
makanan khas lampung (saibumi.com)

Pempek ternyata bukan hanya didaerah  palembang saja melainkan ada juga pempek lampung.

Jika anda berkunjung ke lampung sebaiknya mencoba dan mencicipi pempek lampung dan membandingkan karakter atau rasa dari pempek tersebut.

Kedua pempek baik palembang atau lampung sama-sama mempunyai rasa yang enak.

Itulah makanan khas lampung yang perlu anda ketahui jika anda ingin bepergian ke kota Lampung. Untuk dijadikan santapan ataupun  oleh-oleh ketika anda pulang nanti.

Semoga dengan adanya ini bisa membantu informasi untuk anda.

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Khas Sunda

Abdhi Mujahid
4 min read

Makanan Khas Papua

Abdhi Mujahid
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *