Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Khas Papua

4 min read

makanan khas papua

Anda pernah ke Papua? atau anda akan ke Papua? Jika iya jangan sampai kelewatan untuk mencicipi makanan khas Papua. Karena Papua ternyata memiliki makanan khas yang bisa memanjakan lidahmu.

Mau tahu apa saja makan khas Papua? Yuk langsung saja kita cek satu satu. Adakah favoritmu disini?

1. Kue Lontar, Makanan Khas Papua

kue lontar
tandaseru.id

Kue lontar Pulau Papua juga memiliki makanan khas yang enak dan pas untuk lidah orang Indonesia. Jangan heran jika bentuknya seperti pie susu atau cheesetar yang lagi hits pada saat ini. Papua yang membuat lebih dulu kue lontar ini dan rasanya juga jauh lebih enak di lidah.

2. Sate Ulat Sagu, Masakan Khas Papua

sate ulat
idntimes.com

Sajian makanan ini mungkin terdengar cukup ekstrim dan menakutkan bagi masyarakat Indonesia.

Ulat yang selama ini dianggap menjadi hewan yang menjijikan atau malah menakutkan bagi sebagian orang.

Justru oleh masyarakat Papua ulat ini dijadikan sebuah sajian makanan yang berbentuk sate dan makanan ini dianggap sebagai makanan paling lezat dan kaya akan gizi dan protein sehingga bisa menyehatkan tubuh.

3.Ikan Bakar Manokrawi, Kuliner Khas Papua

ikan bakar manokrawi
sajiansedap.grid.id

Ikan bakar tentunya sudah tidak heran lagi di telinga orang indonesia, karena rasa dan aromanya yang khas menjadikan semua orang ingin mencicipinya.

Ikan Bakar Manokwari yang berasal dari Papua ini, sangat enak dan sangat pedas. Makanan ini sangat cocok untuk anda yang memiliki selera pedas.

4.Ikan Bungkus, Masakan Khas Papua

ikan bungkus papua
cookpad.com

Makanan yang satu ini memang sudah terdengar tidak asing lagi ditelinga kita, pasti semua orang sudah mengetahui tentang ikan bungkus.

Namun makanan yang berasal dari Papua ini sangat berbeda dengan ikan bungkus yang lainya, yang membedakan ikan bungkus ini yaitu bungkusannya yang berasal dari daun talas, sedangkan yang lain menggunakan daun pisang, dan ikan yang digunakan harus ikan laut bukan dari ikan air tawar.

5.Papeda, Kuliner Khas Papua

papeda jakarta
backpackerjakarta.com

Kuliner khas Papua yang satu ini terbuat dari sagu yang kemudian dijadikan bubur, bertekstur lengket dan berwarna putih rasa yang dihasilkan dari tawar sehingga masyarakat Papua biasanya menambahkan ikan tongkol yang sudah dibumbui supaya papedanya lebiih enak.

6.Udang Selingkuh, Makanan Dari Papua

udang selingkuh
njajan.com

Makanan ini berasal dari papua timur, orang yang baru mengetahuinya dibuat penasaran. Bukan hanya penasaran makanannya seperti apa, akan tetapi dari namanya juga terdengar cukup aneh.

Masakan khas Papua ini dinamakan dengan Udang Selingkuh karena sebenarnya tidak ada resep khusus, hanya saja namanya berbentuk udang akan tetapi terdapat capit seperti kepiting, sehingga dinamakan Udang Selingkuh.

Penyajiannya juga cukup sederhana, yaitu hanya digoreng atau di rebus.

7.Martabak Sagu, Masakan Khas Papua

martabak sagu
rumahanafandi.worpress.com

Makanan khas Papua yang terbuat dari sagu ialah Martabak Sagu. Martabak ini berbeda dengan martabak yang lainya yang selama ini kita ketahui.

Bahan utama untuk membuat martabak khas Papua ini ialah sagu dan gula merah. Caranya tidak sulit, yang pertama sagu dihaluskan dan digoreng beberapa menit, kemudian di beri gula merah.

8.Sagu Lempeng, Makanan Khas Papua

sagu lempeng
merahputih.com

Sagu ialah makanan tradisional khas Papua, salah satunya olahan yang terkenal ialah Sagu Lempeng.

Bukan hanya Kuliner khas Papua saja, melainkan juga makanan khas Maluku, Riau dan Kalimantan.

Cara membuat kue Sagu Lempeng ini juga tidak jauh berbeda dengan pembuatan roti basah lainya, hanya saja bahan utamanya dari sagu.

Kue ini jarang ditemukan di toko-toko atau warung roti. Hal tersebut dikarenakan masyarakat Papua membuat Sagu Lempeng hanya untuk dikonsumsi sendiri, dan juga makanan ini paling mantap dimakan pada saat masih dalam keadaan panas.

9.Kue Bagea, Kuliner Khas Papua

kue bagea
resepgulaku.com

Kue Bagea yaitu kue yang berasal dari Ternate, Papua. Cita rasa nikmat Kue Bagea ini di dapat dari paduan tepung sagu dan kenari.

Ketika orang mencicipi Kue Bagea ini dijamin bakal ketagihan, karena Kue Bagea ini memiliki bentuk seperti batang pohon yang dipotong-potong.

10. Aunu Senebre, Makanan Khas Papua

makanan khas papua
aunu senebre

Aunu Senebre sebenarnya masuk dalam daftar makanan dan minuman khas Papua yang harus anda coba. Nasi dan ikan teri sebagai bahanpokok dari Aunu Bere.

Bumbu yang dijadikan juga sedikit. Biasanya makanan kas Papua yang satu ini, banyak dijual di toko-toko dekat pantai.

11.Colo-Colo, Kuliner Khas Papua

colo-colo
sajiansedap.grid.id

Selain makanan olahan sagu yang merupakan makanan khas Papua, ada juga makanan sambal Colo-Colo yang merupakan Kuliner khas Papua.

Jadi Colo-Colo yaitu sambal khas Papua, bahan sambal ini sangat sederhana yaitu cabai rawit dan bawang merah yang diiris kasar tomat hijau jeruk nipis gula pasir dan air secukupnya. Sambal ini paling mantap jika disajikan dengan ikan bakar.

12.Petatas, Masakan Khas Papua

makanan khas papua
idntimes.com

Makanan khas Papua ini yang dimakan sehari-hari oleh masyarakat Papua.

Petatas atau yang sering dikenal adalah ubi jalar, di daerah Papua Petatas atau ubi jalar yaitu makanan penganti nasi karena di Papua krisis beras, jadi harga beras di Papua relatif mahal.

Bagi masyarakat Papua, Petatas sebagai makanan pokok yang diolah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

13.Ikan Bakar Colo, Kuliner Khas Papua

makanan khas papua
merahputih.com

Ikan Bakar Colo ini, ialah masakan khas Papua yang berasal dari suku Kamoro atau lebih dikenal dengan masyarakat Timika.

Mereka tinggal di daerah pesisiran pantai, sehingga mereka tidak ingin hidupnya tergantung pada kekayaan yang dihasilkan oleh laut, salah satunya yaitu ikan laut jadi ikan bakar, ini makanan favorit dari masyarakat suku Kamoro , ikan bakar ini dari ikan dabu-dabu, ikan ini merupakan bahan utama Ikan Bakar Colo.

14.Keripik Keladi, Makanan Khas Papua

keripik keladi
makanajib.com

Keripik Keladi yaitu jenis keripik yang terbuat dari jenis ubi keladi yang menjadi khas ubi di daerah Papua. Citra rasa yang ditawarkan biasanya pedas, manis, dan gurih.

Keripik Keladi yaitu oleh-oleh yang paling dinikmati di kota sorong, dan hampir setiap toko mempunyai keripik ini.

15.Roti Abon Gulung, Jajanan Khas Papua

makanan khas papua
tokomesih.com

Selain Keripik Keladi, ada lagi yang tidak kalah terkenal dengan Abon Gulungnya. Abon Gulung yaitu makanan khas cemilan Papua yang sudah populer ke semua orang di Indonesia.

Roti Abon Gulung ini, tidak seperti roti gulung biasanya. Bisa dilihat dari ukurannya yang cukup besar, dan abon yang ada didalamnya sangat banyak.

Akan tetapi Roti Abon Gulung tidak tahan lama, jadi kalau buat oleh-oleh dirumah, harus segera dimakan atau bisa di awetkan dengan disimpan di lemari es.

16.Sarang Semut, Makanan Khas Papua

makanan khas papua
sehatq.com

Sarang Semut khas Papua memiliki  kaya manfaat bagi kesehatan tubuh, selain dijadikan sebuah obat di Papua. Sarang Semut semut juga menjadi makanan khas, berbentuk kue.

17.Bubur Sagu Papua, Kuliner Papua

makanan khas papua
sajiansedap.grid.id

Makanan khas ini sangat dinikmati oleh masyarakat Papua, karena bahan pokok yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Papua yaitu sagu.

Jadi masyarakat Papua mengolah sagu menjadi bubur, hal ini bisa mengganti beras yang harganya relatif mahal.

18. Ayam Rica Papua, Makanan Khas Papua

makanan khas papua
indoresep.web.id

Masakan khas Papua yang satu ini yaitu menu khas masyarakat Papua untuk berbuka puasa. Makanan yang satu ini berbeda dengan makanan lainya, karena menggunakan bahan khusus yang di buat oleh masyarakat Papua.

19.Telur Balado Pedas, Jajanan Khas Papua

makanan khas papua
royco.co.id

Telur ayam adalah sebagai bahan dasar dari makanan ini. Khas rasa yang dihasilkan sangat jelas dari namaya yaitu pedas. Selain pedas rasa yang dihasilkan, juga ada rasi asin, manis, dan ada rasa jagung bakarnya juga.

Kita cek juga Makana Khas Semarang

20. Bandeng Kuah Kuning, Masakan Khas Papua

makanan khas papua
sajiansedap.grid.id

Dari namanya juga, pasti anda  sudah tau bahan dasarnya adalah ikan. Melainkan makanan yang satu ini berbeda dengan yang lain, karena dari khas bumbu yang dibuat oleh masyarakat Papua sendiri.

Itulah deretan makanan khas papua yang bisa dicicipi jika anda sedang atau akan bepergian ke Papua. Semoga bermanfaat.

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Khas Lampung

Abdhi Mujahid
4 min read

Makanan Khas Sunda

Abdhi Mujahid
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *