Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Khas Sunda

4 min read

kuliner khas sunda

Bicara tentang kuliner tidak akan pernah habisnya., karena setiap daerah pasti memiliki makanan khas masing-masing. Seperti makanan khas sunda, jawa dan daerah-daerah lainnya.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang makanan khas dari sunda.

 Yuk langsung saja! 

1.Makanan Khas Sunda (Nasi Liwet)

makanan khas sunda
took-me.blogspot.com

Makanan Khas Suku yang kedua yaitu Nasi Liwet. Selain Nasi Timbel, Suku Sunda juga memiliki makanan Khas yang terkenal di banyak Kota-Kota di Indonesia.

Makanan tersebut yaitu Nasi Liwet yang sudah tidak asing lagi di lidah penduduk Indonesia.

Nasi Liwet memiliki dua versi. Versi pertama yaitu berasal dari Solo, sedangkan versi kedua yaitu berasal dari Sunda. Ada perbedaan dari kedua versi Nasi Liwet.

Di daerah solo nasi liwet dibuat dengan santan dan disajikan bersama labu siam yang dimasak dengan santan. Sedangkan di Sunda tidak memakai santan dalam proses pemasakannya.

Nasi Liwet Khas Sunda ini memiliki cita rasa yang gurih meski tidak menggunakan santan. Rasa gurih yang dimiliki oleh makanan ini dihasilkan dari hasil penggunaan bumbu-bumbu rempah Khas Indonesia seperti batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi dan daun salam.

Nasi Liwet biasanya disantap bersama ikan asin sebagai menu pelengkapnya. Sebagian orang juga memakan Nasi Liwet dengan sayur asem, ikan bagar atau gorengan tahu tempe sahabat.

2.Kuliner Khas Sunda (Nasi Tutung Oncom)

makanan khas sunda
makanajib.com

Selanjutnya yaitu Nasi Tutuk Oncom. Dari namanya saja masakan yang satu ini membuat penasaran ya, oke langsung saja kita bahas masakan yang satu ini.

Kuliner Khas Sunda yang satu ini sudah pasti memiliki aroma tradisional. Nasi Tutuk Oncom atau orang Sunda disebut dengan Sangu Tutug Oncom, yang disingkat dengan T.O, yaitu hidangan Nasi yang diaduk dengan oncom goring atau oncom bakar.

Nasi Tutuk Oncom paling enak jika disajikan dalam keadaan hangat. Di Jakarta dan Kota-Kota lain, ada cukup banyak warung makan khusus menyajikan Nasi Tutuk Oncom ini banyak berbagai variasi lauk pauk.

Nasi Tutuk Oncom ini sebenarnya merupakan makanan Khas Tasikmalaya. Makanan ini dinamakan tutug karena dalam bahasa Sunda memiliki arti menumbuk.

Jadi proses mengaduk dan menumbuk Nasi dengan Oncom bisa dihidangkan bersama dengan lauk pendamping seperti tahu goring, tempe goring, ayam goring, lalapan sayur dan sambal terasi.

3.Kuliner Khas Sunda (Karedok)

masakan khas sunda
sukita.info

Di Jakarta, sudah banyak sekali penjual karedok. Karena hal tersebut banyak orang mengira kalau Keredok merupakan makanan Khas Betawi, padahal bukan.

Keredok ialah makanan Khas Sunda yang memiliki kemiripan dengan gado-gado. Keredok menyajikan aneka banyak sayuran dan ditaburi dengan saus kacang tanah dengan kepedasan yang bisa menggugah selera.

Sayuran yang digunakan membuat Keredok cukup beragam, seperti timun, toge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil dan aneka sayuran yang bisa ditambahkan sesuai selera pembuatnya, ada perbedaan antara gado-gado dengan Keredok.

Keredok itu menggunakan sayuran yang masih mentah. Di Sunda, Orang juga menyebut Keredok ini dengan nama Lotek Atah yang berarti Lotek Mentah. Keredok paling enak dimakan bersama dengan nasi panas, tempe, tahu dan kerupuk.

Artikel Terkait: Makanan Khas Papua

4.Masakan Sunda (Lotek)

kuliner khas sunda
ulyadays.com

Makanan Khas Sunda selanjutnya yaitu Lotek. Lotek dan Keredok merupakan makanan khas Sunda yang mirip dengan gado-gado Jakarta.

Akan tetapi jika berdasarkan tampilan dan bahan pembuatannya, Lotek lebih cenderung mirip dengan pecel Khas Jawa.

Di Sunda makanan lotek menjadi masakan yang digemari banyak masyarakat. Jika anda berwisata ke Jawa Barat, jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini untuk mencoba dan menyicipinya.

Lotek sendiri juga memakai sayur mayuran yang tak jauh berbeda dengan gado-gado,seperti kangkung, kembang kol dan toge.

Sayur-sayuran yang sudah dicacah akan disiram dengan bumbu kacang yang ditaburkan dengan ketang rebus yang sudah ditumbuk dan kecur sehingga rasanya menjadi lebih variasi.

Lotek biasanya disajikan bersama potongan lontong dan menu pelengkap yaitu kerupuk udang.

5. Kuliner Khas Sunda (Sayur Asem)

kuliner khas sunda
selerasa.com

Sayur Asem merupakan sayurannya orang Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang suka dengan Sayur Asem ini.

Sayur Asem yaitu makanan Khas Suku Sunda yang mempunyai berbagai variasi local, seperti di Jakarta ada Sayur Asem Betawi, atau di beberapah daerah lain juga ada variasi Sayur Asem kangkung.

Untuk mengetahui kenapa makanan ini dinamakan Sayur Asem, jawabannya ialah karena menggunakan asam Jawa untuk memberikan cita rasa asam pada kuahnya.

Sayur Asam terbuat dengan menggunakan berbagai sayuran yang mudah ditemukan didataran tanah air Indonesia.

Adapun Sayuran tersebut yaitu labu siam, jagung, kacang panjang, nangka muda, belimbing sayur, melinjo, dan kacang tanah.

Makanan tradisional Khas Sunda ini memiliki rasa asam yang menyegarkan.

Sayur Asem sangat enak bila dihidangkan bersamaan nasi hangat dan lauk pendamping seperti ikan goreng asin dan lalapan serta sambal.

6. Masakan Khas Sunda (Empal Gentong)

masakan khas sunda
jalanjalanyuk.com

Empal Gentong memiliki perbedaan dengan empal gepuk. Kesamaan dari kedua jenis makanan Khas Sunda ini mungkin ada pada bahan utama yang digunakan yakni daging.

Empal Gentong ini termasuk masakan sederhana yang saat ini dikenal oleh masyarakat luas.

Untuk anda yang tidak tahu, Empal Gentong merupakan salah satu makanan Khas daerah Cirebon, Sunda Jawa Barat.

Kuliner ini biasa disajikan dengan kucai dan sambal yang dibuat dari abai kering giling.

Empal Gentong terbuat dari bahan baku berupa daging sapi yang dimasak menggunakan gentong.

Empal Gentong atau gulai daging sapi disajikan oleh orang Sunda kebanyakan sama dengan lontong atau nasi.

Citra rasa yang timbul oleh daging sapi sangat spesial. Hal tersebut wajar ada karena saripati bumbu Empal Gentong melekat pada gentong tersebut.

7. Masakan Khas Sunda (Asinan Bogor)

masakan sunda
goodindonesiafood.com

Perlu anda ketahui, di Indonesia ini ada dua jenis asinan yang populer. Yaitu, asinan betawi dan asinan bogor.

Dan kedua asinan ini berbeda sekali dari segi bahan dan sajian.

Dan kita akan membahas Asinan yang berasal dari Bogor.

Asinan Bogor terbagi menjadi 3 macam yaitu Asinan Sayur, Asinan Buah dan Asinan Campur.

Asinan buah ini biasanya yang paling banyak digemari orang-orang. Adapun buah yang biasa dipakai untuk menjadi asinan yaitu mangga muda, pepaya, nanas, kedondong, jambu dan bengkoang.

Sementara itu Asinan Sayuran terdiri dari beberapa campuran seperti metimun, kol, sawi asin, daun antanan, toge, wortel, dan tahu.

Dan yang terakhir yaitu Asinan Campur, sudah kita lihat ya teman-teman sesuai dengan namanya, Asinan Campur menggunakan kombinasi antara buah dan sayur.

Kuah yang biasa digunakan untuk semua jenis asinan tidaklah berbeda.

Kuah Asinan ini dibuat dari campuran gula, garam, cabai, kacang tanah dan ubi goreng. Yang menjadikan makanan Khas Sunda ini menjadi favorit banyak orang karena cita rasa kuah yang menyegarkan.

8. Kuliner Khas Sunda (Laksa Bogor)

makanan khas bogor
laksakangdadi.blogspot.com

Kuliner Khas Sunda selanjutnya yaitu Laksa Bogor .

Laksa merupakan makanan yang sudah dikenal di Kawasan Asia, termasuk di Indonesia di mana cukup populer salah satu Laksa dari daerah Bogor Jawa Barat.

Laksa Bogor dari segi tampilan mirip sekali dengan laksa pada umumnya.

Perbedaanya yaitu, Laksa Bogor menghidangkan mie bersama dengan oncom sehingga memberi cita rasa Khas Sunda.

Selain itu laksa bogor juga kaya dengan bumbu rempah pilihan yang menambah kelezatan dari kuah kuningnya.

Itulah makanan khas sunda yang populer dikalangan lidah Indonesia. Jika anda bepergian ke daerah sunda, jangan lupa untuk mencicipi ya.

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Makanan Khas Lampung

Abdhi Mujahid
4 min read

Makanan Khas Papua

Abdhi Mujahid
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *