Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Penemu Mesin Cetak

4 min read

sejarah mesin cetak

Penemu Mesin Cetak – Pernahkah anda mencetak sebuah dokumen, atau buku, bahkan surat undangan?

Ya, mesin cetak adalah sebuah alat untuk mencetak. Sehingga memudahkan kita untuk melakukan kegiatan yang besangkutan dengan dunia percetakan.

Namun tahukan anda orang paling berpengaruh dalam dunia percetakan?

Nah, jika belum, disini cakbagus akan membagikan informasi tentang siapa sih penemu mesin cetak, sejarah penemuan mesin cetak, dan jenis-jenis mesin cetak yang banyak digunakan sampai sekarang.

Dari pada penasaran, Yuk, langsung saja.

Pengertian Mesin Cetak

penemu mesin cetak
pixabay.com

Mesin cetak ialah alat yang digunakan untuk mencetak buku atau surat kabar.

Penemu Mesin Cetak

penemu mesin cetak
pixabay.com

Dunia mengenal Johannes Gutenburg ialah sebagai penemu mesin cetak. ia dilahirkan dikota mainz sekita1398, di Jerman. Ia adalah putra bungsu dari pedagang kelas atas yang bernama Friele Gensfleisch zur laden, dan istri keduanya Else Wyrich.

Friele ialah seorang tukang emas untuk uskup di Mainz, namun kemungkinan besar ia melakukan perdagangan kain sebagai sumber penghasilan tetapnya. Tahun kelahiran Gutenberg tidak diketahui persis namun kemungkinan besar sekitar 1398-an.

Karir Johannes Guterberg

penemu mesin cetak
pixabay.com

Johannes Guterberg pertama kali bekerja sebagai tukang emas. Pada tahun 1411 terjadi pemberontakan di mainz, kejadian itu mengakibatkan ia harus pindah ke strashbourg dan tinggal disana selama 20 tahun.

Di Strasbourg, untuk membiyai kehidupannya, ia membuat barang-barang dari bahan logam. Gutenberg bisa menghasilkan perhiasan kecil dari cermin dan dijual kepada para biarawan dimasa itu. Setelah itu ia kembali lagi ke Mainz dan bekerja sebagai seorang tukang emas.

Ide Guterberg paling penting ialah disaat ia bekerja sebagai tukang emas di mainz. dia mendapatkan ide untuk membuat mesin cetak ketika ia sedang membuat surat pengampunan.

Pada waktu itu buku dan surat ditulis dengan tulisan skrip gotik dengan tangan dan mengandungi banyak kesalahan ketika penyalinan.

Maka dari itu Guterberg mencoba membuat sebuah huruf dari logam dengan menggunakan timah hitam untuk membentuk huruf skrip gotik.

Pada awalnya Guterberg memapu menghasilkan hampir 300 bentuk huruf untuk meniru bentuk tulisan tangan yang bersambung-sambung.

Kemudian Guterberg berhasil meciptakan mesin cetak pertama di dunia. mesin cetak inilah yang menjadi sumbangan terbesar Guterberg.

Mulai Mencetak Surat Pengampunan

penemu mesin cetak
pixabay.com

Setelah menyempurnakan mesin cetaknya, lalu Gutenberg mulai mencetak ribuan surat pengampunan dosa yang disalah gunakan oleh Gereja Katolik untuk mendapatkan banyak uang. Penyalahgunaan inilah yang menyebabkan timbulnya bantahan dari beberapa pihak seperti Martin Luther.

Pada tahun 1452, mendapatkan pinjaman uang dari Johannes Fust untuk proyek percetakan bible yang popular.

Bible yang berhasil dicetak oleh mesin cetak Guterberg di sebut sebagai bible Guterberg yang dibuat pada tanggal 15 Agustus 1456 dan bible ini dianggap sebagai buku bercetak tertua di dunia barat.

sebanyak dua ratus jilid salinan Bible Guterberg berhasil dicetak, sebagian kecilnya dicetak diatas kulit lembu muda.

Bible Guterberg yang berkualitas dijual dengan harga yang cukup mahal, dan dijual pada saat pameran buku franfurt pada tahun 1456. dan sampai saat ini hampir seperempat bible Guterberg masih ada sampai sekarang.

Selain itu Guterberg juga dikenal mahir dalam membuat Ensiklopedia Catholicon of Johannes de jenua, sebuah buku setebal 748 halaman yang terdiri dari 66 baris per setiap lembarnya.

Guterberg meninggal pada tahun 1468 dan di makamkan di gereja Franciscan, Mainz.

Baca juga: Sejarah Mesin Ketik

Dampak Penemuan Mesin Cetak

penemu mesin cetak
pixabay.com

Sebelum ditemukannya mesin cetak, Eropa dan Asia ialah dua benua yang mempunyai kemajuan hampir sama. Namun setelah keduanya menemukan mesin cetaknya masing-masing, keduanya mengalami kemajuan yang berbeda.

Eropa dengan penemuan mesin cetak Guternberg mengalami kemajuan yang sangat pesat. Mungkin terkesan berlebihan apabila kita menandai kemajuan bangsa dari sisi penemuan mesin cetak saja.

Walaupun begitu, tak dapat dipungkiri jika penemuan mesin cetak itu telah membawa suatu perubahan dan makna yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Contohnya, saat ini kita semua bisa dengan mudah menemukan berbagai informasi dalam bentuk buku atau surat kabar.

Jadi kesimpulannya adalah, dengan ditemukannya mesin cetak yang lebih sempurna oleh Guternberg , maka terjadi kemajuan yang sangat pesat dibidang Teknologi Komunikasi.

Tentunya kita sebagai generasi muda harus pintar memanfaatkan segala teknologi yang sudah diwariskan oleh para penemu terdahulu.

Tidak hanya memanfaatkan saja, namun kita juga harus pintar untuk menjaga teknologi tersebut.

Contoh saja printer, tentunya tidak mungkin mesin cetak ini tidak pernah mengalami rusak bukan? Dan jika ada masalah pada printer tersebut, tentunya kita harus melakukan salah satu upaya dengan cara meresetnya.

Manfaat Mesin Cetak

penemu mesin cetak
pixabay.com
  1. Mencetak Buku

Dengan adanya mesin cetak, kita bisa menerima berbagai informasi dengan cepat, yang sebelumnya informasi ditemukan melalui mulut ke mulut.

Jika tidak ada mesin cetak, pengetahuan barangkali hanya di monopoli oleh sekelompok orang saja karena tidak bisa disebarluaskan kepada masyarakat luas.

  1. Mencetak Berbagai Dokumen atau Surat

Dengan adanya mesin cetak, memudahkan kita untuk membuat dokumen atau surat yang berkualitas dan resmi untuk sebuah instansi.

  1. Mencetak Undangan

Pada jaman dulu memberikan undangan hanya lewat lisan saja yaitu dari mulut ke mulut. namun dengan adanya mesin cetak bisa memudahkan kita untuk memberikan undangan kepada khalayak orang.

Baca juga: Sejarah Mesin Jahit

Jenis Mesin Cetak Paling Banyak Digunakan

penemu mesin cetak
pixabay.com
  1. Mesin Cetak Offset

    penemu mesin cetak
    pixabay.com

Siapa yang tidak mengenal mesin cetak offset, mesin cetak ini banyak dipakai oleh pengusaha percetakan. Biasanya mesin ini dipakai untuk membuat pesanan dalam jumlah yang tinggi.

Para pengusaha lebih memilih memakai mesin offset karena biayanya lebih murah daripada mesin percetakan lainnya.

  1. Mesin Cetak Digital Printing

    penemu mesin cetak
    tokopedia.com

Salah satu mesin cetak yang paling populer yaitu percetakan digital printing. Setiap usaha percetakan pastinya mempunyai mesin ini untuk proses percetakan.

Digital printing ialah terobosan mesin cetak terbaru yang semuanya dilakukan secara otomatis.

Dulu percetakan masih dilakukan dengan manual, namun semenjak adanya digital printing cara manual tersebut semakin hilang.

Apapun bisa dicetak memakai digital printing, seperti brosur, leaflet, kalender, banner, poster dan masih banyak lainnya.

Digital printing sendiri mempunyai bermacam-macam jenis lagi diantaranya yaitu mesin digital indoor, semi outdoor indoor, printing phographic, printing textile, screen digital printing, digital UV printing, dan offset printing.

  1. Flexographi

    penemu mesin cetak
    solusiprinting.com

Flexography ialah mesin percetakan yang sering dipakai untuk keperluan mencetak kemasan suatu produk.

Percetakan ini dipakai untuk seluruh media cetak seperti karton, kantong plastik, karung, kertas karung dan masih banyak lainnya.

Jenis mesin percetakan flexography rata-rata dipakai oleh perusahaan industri dalam mengemas suatu produk agar kualitasnya tetap terjaga.

  1. Gravure

    penemu mesin cetak
    ppdgm.com

Jenis percetakan gravure khusus dipakai dalam melakukan pembuatan ukiran. Para pengusaha furnitur, hiasan rumah dan lainnya biasanya memakai ini untuk membuat ukiran yang bagus.

Bagaimanapun mesin cetak gravure ialah mesin terbaik dalam menciptakan sebuah gambar yang tajam.

Jenis percetakan offset hingga gravure mempunyai fungsi tersendiri dalam menghasilkan percetakan.

Penutup

Demikian pembahasan tentang penemu mesin cetak, sejarah dan jenis-jenis mesin cetak. semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Terimakasih

 

 

 

 

 

 

 

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *