Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Penemu Mesin Jahit

4 min read

penemu mesin jahit

Penemu Mesin Jahit – Mesin jahit ialah alat yang anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari, baik untuk menjahit kebutuhan baju yang robek hingga merancang pakaian sendiri. bahkan bisa juga menjadi pendukung untuk membuat kerajinan tangan.

Banyak masyarakat yang terjun ke dunia konveksi, karena memang bidang ini tentu akan menguntungkan dan selalu dibutuhkan dari masa ke masa. apalagi kegiatan ini sangat dibutuhkan ibu rumah tangga yang ingin memiliki kesibukan setiap hari.

Namun, Pernahkah anda berpikir asal usul mesin jahit?

Jika belum, disini cakbagus akan membahas tentang sejarah mesin jahit dari awal hingga macam-macam mesin jahit.

Yuk! langsung saja.

Pengertian Mesin Jahit

penemu mesin jahit
pixabay.com

Mesin jahit ialah peralatan mekanis atau elektromekanis yang berfungsi untuk menjahit bahan atau pakaian, baik untuk memperbaiki pakaian atau pun membuat pakaian baru.

Sejarah Mesin Jahit  

penemu mesin jahit
pixabay.com

Banyak orang yang bertanya-tanya siapa sih yang pertama kali menemukan mesin jahit?

Jawabannya ialah Elias Howe yang terkenal dI dunia sebagai penemu dari mesin jahit pertama. Dengan menggunakan mesin jahit, menjahit akan menjadi lebih cepat daripada menjahit menggunakan tangan.

Sejak mesin jahit ditemukan oleh Elias Howe, mesin jahit terus mengalami perkembangan hingga sampai sekarang.

Dimana sudah banyak sekali bermunculan berbagai jenis mesin jahit dari mesin jahit tangan, mesin jahit kaki, mesin jahit listrik, dan mesin jahit serba guna.

Ada juga yang disebut dengan mesin jahit khusus yaitu mesin jahit yang digunakan untuk satu pekerjaan menjahit tertentu.

Ide Penemuan Mesin Jahit

penemu mesin jahit
pixabay.com

Ide penemuan mesin jahit Elias Howe muncul disaat ia sedang mengamati istrinya.

Elias Howe berpikir mengenai sebuah alat yang dapat meniru gerakan dari tangan dan lengan ketika orang sedang menjahit pakaian.

Dia terus memikirkan ide bagaimana hal tersebut bisa terjadi hingga Elias Howe kemudian tertidur pulas dan pemikiran mengenai ide mesin jahit itu terbawa hingga mimpinya disiang bolong.

Dalam mimpinya tersebut ia melihat dirinya ditusuk menggunakan tombak oleh seorang kanibal dimana ujung kanibal tersebut dijadikan inspirasi dalam menciptakan bentuk jarum dari mesin penciptaannya.

dari situ kemudian ia mengeluarkan idenya untuk membuat mesin jahit dan dibutuhkan waktu selama lima tahun untuk mewujudkan mimpinya tersebut.

Perjalanan Menciptakan Mesin Jahit

penemu mesin jahit
pixabay.com

Mesin jahit pertamanya gagal karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. karena alatnya menirukan gerakan manusia ketika menjahit dengan lubang dari benang berada di pangkal jarum, bukan diujung jarum seperti saat ini.

Kemudian Elias Howe juga mengalami musibah, yaitu bengkelnya terbakar dan menghanguskan mesin jahit pertama ciptaan Elias Howe.

kemudian pada tahun 1844, mesin jahit buatannya yang kedua berhasil membuat jarum seperti lubang jarum pada saat ini. mesin jahit buatannya ini mampu menjahit 250 jengkal permenit.

uji coba dilakukan dengan berlomba menjahit melawan lima orang gadis yang menjahit dengan menggunakan tangan.

Perang Hak Paten Mesin Jahit Elias Howe

penemu mesin jahit
pixabay.com

Ketika ia menjual mesin jahit temuannya itu, tidak ada satupun yang mau membelinya. Karena  di Wilayah Amerika Serikat terlihat cukup rumit. kemudian ia mematenkan mesin hasil temuannya dan kemudian menjualnya ke Inggris dan dibeli oleh orang bernama William Thomas.

Di Inggris, Elias Howe bekerja dengan Willaim Thomas, namun karena gaji yang ia dapatkan sangat minim serta banyak merasakan ketidakadilan. Kemudian ia memutuskan untuk pulang ke Amerika Serikat dan tak lama setelah itu Istrinya meninggal dunia.

Sejak ditemukannya mesin jahit oleh Elias Howe, banyak pengusaha yang mengambil ide mesin jahit buatan Elias Howe salah satunya pengusaha bernama Isaac  M. Singer.

Setelah itu Elias Howe berjuang untuk mendapatkan hak paten atas mesin ciptaanya di dipengadilan, setelah mengalami proses yang panjang akhirnya ia berhasil mendapatkan apa yang ia perjuangkan.

Sejak tahun 1867, Elias Howe mendapatkan royalti atas penjualan dari mesin jahit buatannya sendiri.

Hingga saat ini ia menjadi seorang jutawan dari mesinjahit ciptaanya tersebut dan membuat pabrik yang memproduksi mesin jahit bernama Howe Machine Company di kota Bridgeport.

Untuk setiap mesin jahit yang dibuat, ia menetapkan royalti sebesar 5 dollar dan 1 dollar diluar wilayah Amerika Serikat. Elias Howe kemudian wafat pada tanggal 3 Oktober 1867 saat perang saudara di Amerika Terjadi.

Macam-macam Mesin Jahit dari Dulu Hingga Sekarang

penemu mesin jahit
pixabay.com

Pada zaman dahulu, mesin jahit yang dikenal ialah tipe yang manual atau klasik. Namun, dengan diiringi perkembangan zaman yang terus berkembang, maka muncul banyak sekali macam macam mesin jahit modern.

Apa saja?

Mesin Jahit Klasik

penemu mesin jahit
pixabay.com

Mesin jahit ini banyak dikenal oleh hampir semua penjahit, karena pernah mengguanakan mesin jahit jenis tersebut dan masyarakat pada umum pun sering menjumpai bahkan memiliki mesin  jahit jenis ini dirumahnya.

Awalnya mesin jahit ini hanya bisa dimanfaatkan untuk menjahit jahitan rantai. Di satu sisi jahitan rantai memang gampang lepas sehingga kurang bagus untuk menjaga keawetan pakaian.

Namun penjahit tidak kehabisan akal, disini mereka membuat jahitan kunci dengan memakai dua benang yang sejajar.

Akhirnya mesin jahit manual bisa digunakan untuk menjahit jahitan dekoratif dan zigzag. Merk yang terkenal pada saat itu ialah Butterfly dan Singer.

Mesin Jahit Highspeed

penemu mesin jahit
pixabay.com

Mesin jahit dengan kecepatan tinggi dan biasanya dipakai oleh konveksi-konveksi dan garment. Sangat cocok untuk menjahit bahan jeans.

Mesin jahit jenis ini dilengkapi dengan pasokan minyak otomatis sehingga mengasilkan jahitannya stabil. Mengoperasikannya cukup mudah dan mengerjakan pekerjaan bisa lebih cepat karena dilengkapi dengan motor listrik yang berkecepatan tinggi.

Penerapan dalam Konveksi biasanya digunakan untuk mesin utama jahit lurus dalam pembuatan Kemeja dan Jaket. Merk yang terkenal ialah Juki dan typical.

Mesin Jahit Obras

penemu mesin jahit
pixabay.com

Mesin jahit obras cocok untuk  overclocking dan overedging, karena memiliki bahan yang ringan.

Dalam penerapannya di usaha konveksi, Mesin obras biasanya digunakan untuk menjahit/menggabung badan depan dan belakang dalam kaos, kemeja dan produk lainnya.

Mesin Lubang dan Pasang Kancing

penemu mesin Jahit
pixabay.com

Mesin jenis ini berfungsi untuk membuat jahitan dalam lubang kancing dan pada beberapa tipe juga bisa digunakan secara bersamaan untuk memasang kancing.

Ukuran dan harganya juga bermacam-macam, mesin ini  sangat efektif dan efesien dalam melakukan pekerjaan anda.

Mesin Jahit Jarum Dua Rantai

penemu mesin jahit
pixabay.com

Mesin jahit ini mampu menangkap dan menghasilkan dua baris jahitan rantai, cocok untuk jahitan biasa dan jahitan dekoratif. pakaian dalam, pakaian dasar kaos,dana kulit.

Mesin Jahit Overdeck

penemu mesin jahit
bukalapak.com

mesin jahit ini mengadopsi sistem pelumas otomatis tertutup yang lengkap.

Jenis mesin jahit ini harus di servive secara khusus, untuk meningkatkan kapasitas ketahanan ausnya.

model dasar dari jenis mesin jahit ini dapat membentuk dasar menjahit dan tingkat lanjut. mesin ini biasanya di pakai untuk membuat pakaian berbahan kaos. tetapi bisa juga dipakai untuk menjahit resleting niloon dan scallop.

Penutup

Demikian sejarah tentang mesin jahit yang dapat kami sampaikan untuk anda. untuk mengetahui sejarah lainnya seperti sejarah mesin ketik bisa anda klik disini.

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *