gambar ilustrasi
Seni

Pengertian Gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi – Gambar ilustrasi biasanya digunakan untuk memberikan suatu penjelasan tentang pengertian. Dengan adanya gambar ilustrasi tersebut dapat membuat orang semakin mudah untuk memahami apa yang sedang ia baca.

Nah… Pada kali ini cakbagus akan membahas tentang pengertian gambar ilustrasi hingga ke akar-akarnya.

So. Baca terus ya.

Pengertian Gambar Ilustrasi

pengertian gambar ilustrasi
nujakgerjak.com

Ilustrasi menurut bahasa berasal dari bahasa Belanda ilustratie yang memiliki arti suatu hiasan dengan gambar.

Sedangkan secara terminologi, ilustrasi adalah hasil dari visualisasi suatu tulisan dengan teknik gambar, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya. Ilustrasi menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.

Ada beberapa pengertian ilustrasi menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut.

1. Martha Thoma

Menurut Martha Thoma (dalam Sofyan, 1994: 171), pengertian ilustrasi yaitu suatu karya inspirasi dari karya kesustraan untuk menghiasi naskah dan menjelaskan cerita atau mencatat peristiwa.

2. Soedarso

Menurut Soedarso (1990:1), pengertian ilustrasi adalah seni gambar yang diabadikan untuk kepentingan lain dan memberikan penjelasan atau mengiringi suatu pengertian, misalnya cerpen di majalah.

3. Rohidi

Menurut Rohidi (1984:87), arti ilustrasi adalah penggambaran suatu hal melalui elemen rupa untuk lebih menerangkan, menjelaskan, atau memperindah suatu teks sehingga pembaca bisa merasakan langsung sifat-sifat gerak, dan kesan cerita yang disajikan.

4. Fariz

Menurut Fariz (2009:14), pengertian ilustrasi yaitu suatu ekspektasi dari ketidakmungkinan yang sifatnya maya atau virtual.

Tujuan Gambar Ilustrasi

fungsi dan tujuan gambar ilustrasi
digination.id

Menarik Perhatian Pembaca

Seorang penulis yang menggunakan ilustrasi di tulisannya akan membuat pembaca merasa penasaran dan tertarik untuk melanjutkan membaca.

Memperjelas Makna Tulisan

Selain menjadikan sebuah tulisan menjadi menarik, adanya visualisasi ilustrasi dapat membantu memperjelas arti dari penulis yang ingin sampaikan. Selain itu, hadirnya ilustrasi dapat membantu pembaca dalam mengembangkan imajinasinya terhadap bacaan.

Menciptakan Kesan Bermakna

Ilustrasi yang disajikan dengan baik bisa memberikan kesan yang berarti bagi pembaca. Kemudian hal ini akan memicu pembaca mengulik lebih dalam mengenai konten yang menyajikan ilustrasi tersebut.

Fungsi Ilustrasi

Ilustrasi mempunyai beberapa fungsi penting dalam sebuah tulisan. Adapun beberapa fungsi ilustrasi ialah sebagai berikut:

1. Fungsi Ilustrasi Secara Umum

  • Menarik Perhatian Pembaca; gambar ilustrasi yang ada pada buku, majalah, koran, dan media lainnya menjadikan ninformasi di dalam media lebih menarik untuk dibaca.
  • Memudahkan Pembaca Memahami Isi Pesan; seringkali pembaca lebih mudah memahami isi sebuah informasi apabila dilengkapi dengan gambar ilustrasi.
  • Dapat Menggambarkan Sesuatu; gambar ilustrasi bisa membuat pembaca memahami suatu informasi tanpa harus membaca keseluruhan isi informasi tersebut.
  • Memudahkan dalam Mengungkap Kejadian; suatu peristiwa akan menjadi lebih mudah diingat orang lain jika dijelaskan dengan ilustrasi tanpa harus diceritakan secara rinci.
  • Mengandung Nilai Estetika; informasi dalam bentuk teks membosankan bisa menjadi lebih menarik jika dilengkapi dengan gambar ilustrasi karena mengandung nilai estetika.

2. Fungsi Ilustrasi Secara Khusus

  • Deksriptif; dalam hal ini, gambar ilustrasi mampu memberikan penjelasan ringkas suatu tulisan sehingga lebih cepat dipahami para pembacanya.
  • Ekspresif; menyampaikan ide dan gagasan dalam bentuk gambar adalah fungsi ekspresif dari ilustrasi.
  • Kualitatif; penyampaian informasi penting bisa dilakukan dengan ilustrasi dalam bentuk grafik, tabel, simbol, dan lain-lain.
  • Analitis; dalam proses analitis, suatu ilustrasi bisa digunakan untuk menjelaskan bagian-bagian suatu benda secara rinci.

Jenis Jenis Gambar Ilustrasi

jenis gambar ilustrasi
finansialku.com
  • Gambar Ilustrasi Karya Sastra

Karya sastra yang dimaksud di sini ialah prosa, puisi, dan drama. Gambar ilustrasi karya sastra ialah gambar untuk mengilustrasikan cerita di dalam novel, drama, atau cerpen, sehingga gambar bisa menjadi bahan visual atau penjelasan singkat mengenai isi dari cerita tersebut.

Biasanya karya sastra yang lain seperti dongeng,  legenda pasti membutuhkan ilustrasi gambaran sehingga pembaca lebih tertarik untuk membacanya.

  • Gambar Ilustrasi Khayalan

Khayalan memang ialah kegiatan imajinasi yang dilakukan oleh seseorang. Gambar ilustrasi khayalan yaitu gambar ilustrasi yang sepenuhnya digambarkan dari khayalan penggambarnya.

Jenis gambar yang pertama ini ialah jenis gambar yang murni dari khayalan seseorang kemudian ia mengilustrasikannya atau menjelaskannya dalam bentuk gambar supaya bisa lebih mudah untuk dipahami.

  • Gambar Ilustrasi Karikatur

Gambar ilustrasi karikatur ialah gambar ilustrasi yang mengilustrasikan suatu peristiwa dengan cara menyindir atau untuk mengkritik suatu hal tertentu.

  • Gambar Ilustrasi Mata Pelajaran

Selain dapat digunakan untuk menggambarkan karya sastra yang bersifat khayalan. Gambar ilustrasi juga dapat digunakan untuk mengilustrasikan pelajaran.

Contohnya saja adalah mengilustrasikan kegiatan olahraga pada pelajaran olahraga, mengilustrasikan kegiatan kerja bakti pada pelajaran IPS, dan juga masih banyak lagi gambar ilustrasi yang bisa dibuat untuk memperjelas materi pelajaran.

  • Gambar Ilustrasi Alam

Gambar ilustrasi alam yang bertujuan untuk menjelaskan alam  yang sebenarnya seperti mengilustrasikan laut, pemandangan atau gunung dan alam lainnya.

  • Gambar Ilustrasi peristiwa

Gambar ilustrasi peristiwa ialah gambar untuk menjelaskan peristiwa yang sedang terjadi. Biasanya dapat digunakan dalam koran-koran, majalah atau artikel-artikel. Peristiwa-peristiwa tersebut bisa merupakan kejadian perampokan, gempa bumi dan lain-lainnya.

  • Gambar Ilustrasi Kartun

Jenis selanjutnya ialah gambar untuk mengilustrasikan kartun. Biasanya gambar jenis ini bisa didapatkan di beberapa komik anak-anak, cerita anak, atau cerita bergambar lainnya.

  • Cerita Bergambar

Jenis selanjutnya ialah cerita bergambar. Cerita bergambar pasti membutuhkan sebuah gambaran atau ilustrasi karena konsep cerita bergambar yaitu menggunakan media gambar sebagai sumber cerita.

Baca Juga: Pengertian Gambar Model

Unsur-Unsur Gambar Ilustrasi

unsur unsur gambar ilustrasi
siapsukses.net

Diantara unsur-unsur gambar ilustrasi adalah sebagai berikut:

  • Gambar Manusia.
  • Gambar Binatang.
  • Gambar Tumbuhan.
  • Gambar Benda Lainnya.

Teknik Menggambar Ilustrasi

teknik menggambar ilustrasi
lampost.com

Jika anda ingin menggambar ilustrasi, maka yang perlu diperhatikan ialah tekniknya. Teknik ialah sebuah cara yang digunakan untuk menuangkan ide karya seni sehingga menghasilkan sebuah karya seni yang indah.

Berikut dibawah ini Teknik Menggambar Ilustrasi.

Teknik Menggambar ilustrasi sedikitnya ada dua yaitu:

  • Teknik Basah.
  • Teknik Kering.

Untuk teknik kering, alat yang digunakan adalah sebagai berikut.

  • Pensil.
  • Arang.
  • Krayon.
  • Carcoal.
  • Pulpen.
  • Spidol.
  • Serbuk.

Untuk teknik basah yang biasa digunakan adalah.

  • Cat Air.
  • Cat Minyak.

Baca Juga: Pengertian Gambar Teknik

Contoh Gambar Ilustrasi

1. Gambar Kartun

 

Adalah ilustrasi berupa gambar lucu dari manusia, hewan, tumbuhan, dan benda mati, yang dipakai  untuk melengkapi suatu cerita. Beberapa contoh gambar kartun, yaitu; komik strip, gambar kartun, dan kartun editorial.

contoh gambar ilustrasi kartun

2. Gambar Karikatur

Penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Kata karikatur berasal dari kata Italia “caricare” yang berarti melebih-lebihkan.

contoh gambar ilustrasi karikatur

3. Ilustrasi Naturalis

Adalah gambar ilustrasi yang bentuk dan warnanya sesuai dengan kenyataan yang ada di alam tanpa penambahan dan pengurangan.

contoh gambar ilustrasi naturalis

4. Ilustrasi Dekoratif

Adalah gambar ilustrasi dengan bentuk yang dilebih-lebihkan atau disederhanakan untuk menghiasi sesuatu.

contoh gambar ilustrasi dekoratif

5. Ilustrasi Khayalan

Adalah gambar ilustrasi yang diciptakan dari imajinasi pembuatnya. Jenis ilustrasi ini banyak dikenakan pada novel, komik, dan roman.

contoh gambar ilustrasi khayalan

6. Ilustrasi Cergam

Cergam sindkatan dari cerita bergambar merupakan jenis komik yang berisi gambar dan teks dengan sudut pandang yang menarik.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai pengertian gambar ilustrasi beserta fungsi, tujuan, unsur-unsur jeni-jenis dan teknik yang terdapat pada gambar ilustrasi.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *