pengertian gambar model
Seni

Pengertian Gambar Model

Pengertian Gambar Model – Menggambar adalah proses pengungkapan gagasan dan ide seseorang melalui bahasa gambar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menggambar adalah kegiatan meniru barang, binatang, manusia dan lain-lain yang dibuat dengan goresan pensil atau alat lainnya pada media dua dimensi seperti kertas, dinding dan sebagainya.

Nah, pada kali ini cakbagus akan membahas tentang pengertian gambar model.

Daripada penasaran. yuk. langsung saja.

A. Pengertian Gambar Model

pengertian gambar model
dictio.id

Model adalah objek pada gambar yang menjadi bahan ispirasi dalam kegiatan menggambar model.

Menggambar model ialah kegiatan menggambar dengan menentukan objek pada gambar berupa objek tiga dimensi yang digambar atau direkam diatas bidang dua dimensi dengan ketentuan, kemiripan/ ketepatan, bentuk dan warna.

Untuk menciptakan gambar yang menarik dan tepat, perlu memperhatikan prinsip-prinsip, langkah-langkah, dan teknik dalam menggambar model yang baik dan benar.

Objek gambar model sangat beragam diantaranya yaitu objek benda hidup (manusia, hewan dan tumbuhan), dan benda mati (gelas, piring, botol, mangkuk, dan lain-lain).

Dalam menggambar model benda hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam menggambar.

Karena gerak dan posisi binatang tidak bisa diatur sesuai keinginan penggambar, sehingga memerlukan kejelian dan kecermatan yang lebih ketika menggambar binatang.

Beberapa contoh objek gambar model binatang yang lumayan mudah antara lain seperti menggambar sapi, kerbau, kambing, kucing, anjing, ayam, kuda, kelinci, dan jenis-jenis binatang peliharaan lainnya.

Objek gambar model berupa tumbuh-tumbuhan adalah objek gambar yang menarik. Secara teknis dan proses pengerjaannya bisa dibilang mudah daripada menggambar Model dengan objek Manusia dan Binatang.

Namun, semudah dan sesulit apapun objek gambar model tersebut, perhatikanlah ketentuan-ketentuan dalam menggambar model seperti prinsip-prinsip, unsur-unsur, dan teknik menggambar model yang baik dan benar, agar menghasilkan gambar yang berkualitas.

Objek gambar model tumbuh-tumbuhan yang cukup mudah digambar diantaranya adalah seperti menggambar beragam jenis bunga di taman, menggambar aneka jenis pohon dikebun, menggambar bermacam-macam buah hasil kebun, dan lain-lain.

Baca Juga: Pengertian Gambar Ilustrasi 

B. Prinsip-Prinsip Menggambar Model

prinsip gambar model
gambarrantangblog.wordpress.com

Untuk menciptakan hasil gambar yang baik dan benar diperlukan penerapan prinsip-prinsip menggambar model, yang terdiri dari:

  1. Komposisi

Komposisi yaitu susunan atau tata letak objek pada gambar antara objek gambar yang satu dengan yang lainnya sehingga menjadi satu kesatuan bentuk yang harmonis.

Komposisi ialah cara mengatur susunan objek gambar yang dipakai sebagai model gambar, sehingga hasil gambar tampak menarik, harmonis dan berkualitas.

Komposisi dapat dilakukan dengan cara mengatur susunan objek gambar menurut bentuk, ukuran, warna, ataupun jenis objek gambar dengan latar belakang gambar.

Jenis-jenis komposisinya  antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kompisisi Simetris

Adalah susunan objek gambar pada posisi seimbang antara sisi kiri dan sisi kanan baik dalam susunan bentuk ataupun objeknya.

  • Komposisi Asimetris

Adalah susunan objek gambar dalam posisi ataupun ukuran yang tidak sama antara sisi kiri dan sisi kanan, namun masih tetap memperhatikan proporsi, keseimbangan, dan kesatuan antar objek gambar.

  • Komposisi Sentral

Adalah Susunan objek gambar pada posisi ditengah-tengah bidang gambar sebagai pusat perhatian, dengan memperhatikan proporsi bentuk dan model gambar agar terwujudnya keseimbangan dan kesatuan antar objek gambar.

  1. Proporsi

Proporsi ialah perbandingan ukuran dan bentuk objek antara bagian satu dengan bagian yang lain secara ideal dan harmonis.

Menggambar dengan proporsi yang tepat dapat menciptakan hasil yang ideal dan enak dipandang.

Namun jika gambar dibuat tanpa memperhatikan proporsi yang tepat, maka akan terkesan janggal dan tidak nyaman di lihat.

Sebagai contoh misalnya menggambar benda berupa peralatan minum seperti gelas, porong, dan kendi tanpa memperhatikan proporsi yang tepat akan sangat janggal dan kurang harmonis jika ukuran gelas sama dengan ukuran porong dan kendi.

  1. Keseimbangan

Keseimbangan ialah keselarasan antara objek gambar, bidang gambar dan gambar yang diciptakan. Keseimbangan dalam menggambar model bisa di dapatkan dengan cara memberikan efek perspektif pada objek gambar, sudut pandang gambar, ataupun dengan cara membuat skala.

  1. Kesatuan

Kesatuan ialah penataan unsur dengan cara menyatukan unsur satu dengan unsur lainnya berdasarkan bentuk, ukuran ataupun jenisnya, sehingga mendapatkan hubungan yang kuat, erat, dan saling mendukung antar satu dengan yang lain.

Kesatuan juga bisa diartikan keserasian dalam mengatur objek gambar sehingga objek yang diatur antara satu dengan lainnya mempunyai kesan ruang, kedalaman, dan saling mendukung antar objek satu dengan yang lainnya sehingga menciptakan gambar yag baik.

  1. Perspektif

Perspektif yaitu memperhitungkan hukum alam dengan mempertimbangkan jauh dekat benda dari pandangan mata kita, jika benda dekat dengan mata kita akan terlihat jelas, sementara benda yang jauh dari pandangan mata akan terlihat samar dan tidak jelas.

Contoh penerapan hukum perspektif ini dilakukan ketika menggambar objek seperti kereta api yang berjalan mendekati kita, pada bagian yang dekat seperti mesin kereta terlihat jelas sedangkan bagian gerbong kereta api bagian belakang semakin jauh akan terlihat kurang jelas dan semakin buram.

  1. Lay out

Lay out ialah tata letak objek gambar dengan keseluruhan bidang gambar. Prinsip lay out dibutuhkan dalam menentukan tata letak atau posisi objek gambar dengan bidang gambar, misalnya jika objek yang digambar tinggi sebaiknya bidang gambar vertikal/ potrait.

sedangkan jika menggambar dengan objek yang lebar sebaiknya bidang gambar horizontal/ landscape, begitupun dalam mempertimbangkan posisi objek gambar secara keseluruhan.

  1. Gelap Terang

Gelap terang ialah efek gelap dan terangnya suatu permukaan objek atau bidang dari pengaruh cahaya pada objek atau bidang tersebut, atau latar belakang karena pengaruh cahaya.

Prinsip gelap terang dalam menggambar suatu objek tidak hanya diterapkan pada permukaan objek karena pengaruh cahaya, akan tetapi juga bisa diterapkan pada bayangan objek dan latar belakang objek karena efek cahaya pada objek tersebut.

  1. Plastisiteit

Plastisiteit ialah kesan alami dari hasil gambar yang seolah-olah seperti benda aslinya. Plastisiteit dapat diperoleh dengan mengolah secara maksimal anatomi, tekstur, pencahayaan, bayangan, warna, latar belakang, dan efek-efek lainnya.

Baca Juga: Pengertian Gambar Teknik

C. Unsur-Unsur Gambar Model

unsur gambar model
gudangpelajaran.com

Menggambar model adalah bagian dari seni rupa, jadi unsur-unsur gambar model sama dengan unsur-unsur dalam seni rupa, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Titik

Unsur titik adalah unsur seni rupa dalam hal ini gambar model yang paling sederhana. Unsur titik akan tampak dan berarti jika dalam jumlah yang banyak. Gabungan dari banyak titik-titik akan menjadi sebuah garis.

  1. Garis

Garis ialah unsur seni rupa yang tercipta dari gabungan atau rangkaian titik-titik yang terjalin dalam kesatuan memanjang dengan kedua ujung terpisah.

Terdapat bermacam-macam bentuk garis, seperti garis lurus, garis, putus-putus, garis lengkung, garis berombak, garis zigzag, garis tebal, garis tipis, garis halus, dan garis lainnya.

  1. Bidang

Bidang adalah unsur seni rupa (gambar model) yang terbentuk dari gabungan atau pertemuan dari beberapa garis.

Bentuk bidang bisa dikategorikan ke dalam beberapa macam, antara lain seperti bidang geometris, bidang nongeometris, bidang biomorfosis, dan bidang bersudut.

  1. Bentuk

Bentuk adalah unsur seni rupa (gambar model) yang terbentuk dari gabungan beberapa bidang yang membentuk ruang atau volume. ada beberapa macam jenis bentuk, seperti bentuk kubistis, silindris, limas, prisma, kerucut, bola, dan lain-lain.

  1. Warna

Warna adalah kesan yang dihasilkan oleh pantulan cahaya pada mata. Terdapat bermacam-macam warna yang secara umum dapat dikategorikan ke dalam dua macam, yaitu spektrum warna (me-ji-ku-hi-bi-ni-u) dan pigmen yang berwarna (warna primer, sekunder, tersier, komplementer, dan analog).

  1. Tekstur

Tekstur adalah nilai permukaan suatu benda sehingga dapat memberikan kesan tertentu jika dirasakan menggunakan indera peraba, sehingga dapat dikatakan halus, kasar, licin, mengkilap, rata, berlubang, kusam, dan lain-lain.

Secara visual ada dua macam tekstur, yakni tekstur nyata Tekstur semu.

  1. Gelap Terang

Gelap terang adalah keadaan suatu bidang yang terjadi karena adanya perbedaan warna dan intensitas cahaya yang diterima oleh suatu objek.

Gelap terang bisa diterapkan dengan menggunakan warna tua (gelap) dan warna muda (terang) . Gelap terang dapat memicu kesan tekstur dan kedalaman suatu benda.

  1. Ruang

Ruang adalah unsur seni rupa (gambar model) yang bisa memberikan kesan kedalaman, baik dalam bentuk nyata ataupun semu.

Unsur ruang dalam bentuk nyata bisa ditemukan pada karya seni rupa tiga dimensi, sedangkan dalam bentuk semu bisa ditemukan pada karya seni rupa dua dimensi.

D. Alat dan Bahan Menggambar Model 

alat menggambar model
pixabay.com

Alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar model sangat beragam tergantung kemampuan dan keahlian masing-masing individu untuk menggunakan alat dan bahan menggambar tersebut.

Menggambar model bisa menggunakan media seperti:

  • Pensil.
  • Penghapus.
  • Kertas.
  • Pensil Warna.
  • Krayon.

E. Teknik Menggambar model

teknik menggambar model
pixabay.com

Teknik menggambar model adalah cara yang dilakukan dalam menggambar model. Ada berbagai macam cara atau teknik dalam menggambar model tergantung media yang digunakan.

Teknik menggambar model menurut media yang digunakan tersebut antara lain adalah:

1.Menggambar dengan Media Pensil, Arang dan Crayon

  • Teknik arsir

Teknik arsir ialah pengulangan garis secar acak & saling menyilang dengan tujuan untuk menentukan gelap terang suatu objek gambar sehingga tampak mempunyai kesan ruang atau kedalaman.

Teknik arsir biasanya dilakukan dengan media pensil dan arang.

Macam-Macam Teknik Arsir

  • Teknik Arsiran Satu Arah.
  • Teknik Arsiran Silang.
  • Teknik Arsiran Searah Kontur.
  • Teknik Arsiran Coretan Bebas.
  • Teknik Arsiran Titik.
  • Teknik Arsiran Melingkar.
  • Teknik Pointilis
  • Teknik Dussel.

2.Menggambar Dengan Media Cat

Macam-Macam Teknik Dengan Media Cat

  • Teknik Transparan.
  • Teknik Plakat.
  • Teknik Pointilis.
  • Teknik Blok.

F. Objek menggambar Model

objek menggambar model
pixabay.com

Menggambar model bagi pemula memerlukan panduan dalam memilih objek yang tepat.

Bermacam-macam objek bisa dijadikan model untuk digambar, namun setiap jenis objek gambar mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Objek gambar model sangat beraneka ragam, baik jenis ataupun coraknya. Objek-objek tersebut bisa berupa benda hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan benda mati seperti gelas, piring, mangkuk, termos, dan lain-lain.

Dalam seni menggambar model sebetulnya lebih menekankan pada objek manusia sebagai model yang digambar, sedangkan objek-objek alam benda diketahui dengan istilah menggambar bentuk.

Berikut beberapa objek yang bisa digunakan untuk menggambar model.

  • Manusia

Manusia adalah salah satu objek yang menarik dalam menggambar model. Menggambar manusia membutuhkan latihan dan mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi jika dilakukan oleh pemula.

Bagi pemula yang ingin memulai menggambar objek manusia sebaiknya melakukan latihan menggambar dengan cara meniru bentuk gambar manusia pada kertas.

Lakukan latihan menggambar dengan memahami pedoman bentuk anatomi dan proporsi tubuh manusia yang tepat.

Setelah hasil gambar anda sudah tepat dan ideal membentuk gambar manusia, silahkan lakukan menggambar dengan objek manusia sebagai modelnya.

  • Tumbuhan

Menggambar model tumbuhan bisa dilakukan dengan melihat berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekitar anda.

Amati dan pilihlah objek yang menarik untuk digambar, seperti objek bunga di pot ataupun di vas, tanaman di taman, sayuran di dapur, buah-buahan, dan beragam jenis tumbuhan lainnya.

  • Hewan

Menggambar model hewan juga terbilang tidak mudah bahkan lebih sulit daripada menggambar manusia jika dilakukan dengan melihat binatang secara langsung.

Sama halnya dalam menggambar manusia, sebagai pemula lakukan latihan menggambar dengan mengamati objek gambar binatang dari hasil foto ataupun gambar binatang pada buku dan majalah.

Baca Juga: Pengertian Gambar Vektor

G. Contoh Gambar Model

1. Contoh Gambar Model Manusia Berhijab

contoh gambar model manusia berhijab
onlinekarikatur.com
contoh gambar model manusia berhijab
pinterest.co.uk
contoh gambar model manusia berhijab
instazu.com

2. Contoh Gambar Model Bunga

contoh gambar model manusia berhijab
notepam.com
contoh gambar model manusia berhijab
pngdowload.id
contoh gambar model bunga
sigambarbaru.com

3. Contoh Gambar Model Hewan

contoh gambar model hewan
fineartamerica.com
contoh gambar model hewan
aminoapps.com
contoh gambar model hewan
gambarantanganblog.wordpress.com

H. Penutup

Demikian penjelasan tentang pengertian gambar model. Dapat disimpulkan bahwa gambar model dan gambar perspektif sangat berbeda.

Semoga Bermanfaat.

6 Replies to Pengertian Gambar Model

  1. Made Taranita Rahayuni berkata:

    Saya sudah mengerti

  2. Satrio Aji Wicaksono berkata:

    Menurut saya menggambar itu agak sulit tapi jika terus menerus mencoba pasti akan bisa

  3. Satrio Aji Wicaksono berkata:

    Karena saya sudah mencoba dan terus mencoba agar lebih baik dari sebelum nya

  4. Saya akan berusaha sebisa saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *