gambar perspektif
Seni

Pengertian Gambar Perspektif

Hi… sahabat cakbagus, bagaimana kabar nya? pada kali ini cakbgaus akan membahas tentang pengertian gambar perspektif.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis gambar yang memiliki fungsi yang berbeda-beda, mulai dari gambar ilustrasi, gambar Model, hingga gambar vektor.

Namun, Pada artikel ini cakbagus akan membahas seputar gambar perspektif saja.

Apa sih yang dimaksud dengan gambar perspektif?

Nah, untuk lebih jelasnya. Yuk.  kita baca dari awal hingga akhir, agar nantinya tidak gagal paham.

A. Pengertian Gambar Perspektif

gambar perspektif
medium.com

Perspektif ialah teknik atau metode dalam menggambar suatu objek baik berupa benda, bangunan, ruangan atau interior, dan lingkungan atau eksterior yang ukurannya melebihi ukuran besar dari manusia. Karena, mata manusia hanya dapat melihat keadaan sekeliling dengan sudut pandang tertentu yang terbatas.

Kemampuan manusia dalam memandang ini tidak dapat dipaksakan untuk melihat objek dengan sudut yang lebih besar.

Pengertian perspektif diambil dari bahasa Italia yaitu prospettia yang berarti gambar pandangan.

Nah, gambar dibuat sedemikian rupa agar terbentuk sebuah objek atau gambar dari besar hingga kecil dengan menggunakan satu titik sudut hilang, dua titik sudut hilang atau bahkan dengan tiga titik sudut hilang.

Ada 3 sudut pandang yang bisa dilihat dari posisi mata kita berada dari obje,k yaitu sudut pandang tinggi normal dan juga rendah. Sudut pandang tinggi juga biasa disebut dengan sudut pandang mata burung yang seolah-olah kita melihat objek atau gambar dari atas.

Jadi gambar perspektif bisa disimpulkan sebagai berikut .

  • Segala benda yang terlihat pada pandangan mata. Apabila kedudukan semakin jauh, maka akan terlihat semakin kecil dari ukuran yang sebenarnya. Begitu juga dengan warnanya, semakin jauh maka warnanya akan terlihat semakin pudar.
  • Jika benda yang kita lihat semakin jauh maka benda tersebut akan tampak semakin kecil dan akhirnya akan menjadi satu titik saja atau titik lenyap.
  • Semua benda yang jauh dari mata akan terlihat seperti titik-titik yang berderet dan terdapat sebuah garis lurus. Dalam perspektif ini disebut dengan garis horizontal.

B. Gambar Perspektif Dengan Berbagai Tipe

tipe gambar perspektif
pinterest.com

Setelah mengetahui pengertian gambar perspektif, lebih baiknya kita mengenali tipe dari gambar perspektif.

Dalam penglihatan tipe perspektif ada beberapa tipe titik sudut pandang, berdasarkan posisi jarak mata kita melihat objek.

Untuk lebih sederhananya, kita bisa bagi menjadi dua tipe perspektif diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gambar Perspektif Sejajar Atau Areal Perspektif

Perspektif sejajar atau sering disebut dengan areal perspektif ialah cara menggambar perspektif berdasarkan garis dan warna, hasil dari penilaian adalah penglihatan mata.

Contoh mudahnya ialah ketika kita melihat benda yang dekat dengan mata kita, maka garis-garis batas terhadap benda yang jauh akan terlihat mengerucut dan pada satu titik akan tidak terlihat lagi dan pada akhirnya menghilang.

Begitu juga dengan warna pada objek yang sedang kita lihat, semakin jauh objek tersebut maka akan semakin memudar. Pengertian mudah tipe perspektif sejajar ini ialah cara menggambar berdasarkan pada buram nya garis atau warna.

  • Gambar Perspektif Sudut atau Linear Perspektif

Gambar perspektif sudut atau yang sering disebut dengan linear perspektif ialah cara menggambar perspektif dengan menggunakan titik lenyap dalam garis yang berpusat pada satu titik yang terlihat.

Hal ini digunakan sebagai acuan untuk pola tumpuan dalam pembuatannya.

Dengan kata lain, gambar perspektif sudut ialah cara menggambar perspektif dengan menggunakan bantuan titik lenyap atau garis-garis yang berpusat ke satu titik.

Baca Juga: Pengertian Gambar Teknik

C. Gambar Perspektif

gambar perspektif
pelajaranindo.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa jarak pandang manusia sangatlah terbatas.

Dengan kondisi seperti ini, maka akan menciptakan sebuah titik hilang pada sebuah objek pandangan yang horizontal.

Contoh mudahnya adalah ketika kita sedang berada di pantai, ketika kita memandang laut lepas, maka kita bisa melihat pertemuan antara langit dengan laut.

Nah, di situlah letak keterbatasan pandangan mata manusia.

Maka dari itu di ciptakanlah media alat bantu berupa teleskop dan teropong bintang. Dengan kondisi seperti ini, timbulah pemikiran manusia dalam menggambarkan alam atau benda, sehingga terciptanya teknik gambar perspektif.

Gambar dibuat sedemikian rupa agar dapat membentuk bojek dari besar ke kecil dengan menggunakan satu titik hilang, dua titik hilang dan tiga titik hilang.

Dibawah ini adalah penjelasan tentang hal tersebut”

  • Gambar Perspektif 1 Titik Hilang

Gambar perspektif 1 titik hilang dikenal juga dengan one point perspective ini sering digunakan untuk penggambaran pada suatu objek benda. Pada gambar ini, dimana letak benda tersebut terlihat lebih dekat dan jelas dengan jangkauan mata.

Dengan letak benda yang terlihat lebih dekat, maka secara otomatis pandangan mata terhadap benda tersebut akan menjadi sempit. Sehingga, garis antara batas pengelihatan akan terfokus pada satu titik saja, sedangkan titik yang lain akan terlihat buram atau bahkan tidak terlihat.

Teknik gambar perspektif 1 titik hilang ini dikenal dengan pararel pespektif.

Mengapa demikian?

Karena ada banyak garis bantu yang memiliki kesamaan sejajar, baik itu pada daerah Horizontal atau garis vertikal. Kelebihan menggunakan teknik yang satu ini, sangat cocok digunakan untuk rancangan bangun interior.

  • Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

Gambar perspektif 2 titik hilang atau sering disebut dengan istilah two point perspektif, digunakan dalam pengambilan suatu sudut pandang terhadap bangunan, ruangan atau juga sebuah interior bangunan.

Dengan menggunakan dua titik hilang ini, jarak letak akan saling berjauhan antara sebelah kanan dan kiri, untuk penggunaan perspektif 3 titik hilang.

Gambar perspektif ini lebih sering digunakan, karena gambar yang dibuat cukup sederhana dan lebih mudah.

sebab dalam pembuatannya juga memiliki bentuk yang statis bukan simetris. Sehingga, lebih nyaman untuk di gambar, pada dasaran nya penggunaan perspektif 3 titik hilang.

pada umumnya, teknik gambar perspektif 2 titik hilang digunakan dalam dunia arsitektur untuk penggambaran sebuah bentuk luar eksterius bangunan.

Teknik yang satu ini memang sangat sering digunakan, karena pada pembuatan gambar, hasil yang ciptakan sangat dinamis dan simetris.

  • Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

Gambar perspektif 3 titik hilang atau sering disebut dengan three point perspektif adalah gambar perspektif dalam penggunaan pada tiga titik untuk membuat sebuah garis antara pembatas suatu objek. Teknik ini sering dipakai dalam menggambar sebuah bangunan.

Dalam pembuatan perspektif 3 titik hilang, ketika mata melihat seakan-akan melihat suatu objek yang berada pada suatu ketinggian atau titik rendah bangunan tersebut.

Yang terlihat dalam gambar perspektif ini adalah sebuah objek yang dibuat dalam media dua dimensi.

Teknik ini sering juga dipakai dalam mengekspos sebuah gambaran objek yang nyata. Terutama pada gedung yang harus menggunakan garis dalam membentuk objek terlebih dahulu dalam proses penggambaran nya.

Baca Juga: Pengertian Gambar Vektor

D. Kegunaan Teknik Gambar Perspektif

teknik gambar perspektif
gudangpelajaran.com

Teknik gambar perspektif, digunakan agar dapat memberikan sebuah gambaran terhadap objek nyata yang terlihat dan sesuai dengan apa yang terlihat oleh pandangan manusia.

Namun, pada perkembangan gambar perspektif pada saat ini, teknik perspektif  digunakan untuk mewakili sudut pandang manusia terhadap sudut pandang suatu objek yang tidak bisa lagi di jangkau oleh pandangan manusia secara langsung.

Contohnya saja sudut pandang dari ketinggian. Karena pada titik hilang ialah batasan penglihatan mata manusia.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah kegunaan dari teknik gambar perspektif:

  • Teknik gambar perspektif dapat membantu dalam penguasaan prinsip dalam menggambar bentuk atau menggambar ilustrasi.
  • Teknik gambar perspektif ini juga dapat membantu dalam pembuatan rancangan gambar kerja, arsitektur, mendesain tata ruang, tata taman dan lain sebagainya.

E. Contoh Gambar Perspektif

contoh gambar perspektif
mondoggiesmusic.blogspot.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pada suatu kedudukan pandangan mata seseorang, semua benda yang sangat jauh dari mata akan terlihat seperti titik yang berderet dan terletak pada sebuah garis lurus yang mendatar dan setinggi mata.

Hal tersebut dalam gambar perspektif dinamakan dengan garis horizon.

Pada dasarnya dalam gambar perspektif, mulai dari satu titik hilang, dua titik hilang, bahkan tiga titik hilang bisa dibagi lagi menjadi beberapa sudut pandang.

Hal ini dapat dibagi berdasarkan posisi mata kita dan tempat kita berada. Lebih sederhananya, sudut pandang ini dapat dibagi menjadi 3 macam sudut pandang.

Nah, berikut ini adalah contoh gambar perspektif.

  • Gambar Perspektif 1 Titik Hilang

Perspektif 1 titik hilang ialah sebuah pembuatan gambar pada sebuah objek gambar yang terlihat dengan garis pusat dan melihat pandangan dengan tegak lurus pada salah satu permukaan.

Sistem perspektif yang satu ini sering dipakai untuk menggambar obyek atau sebuah benda yang terlihat dekat dengan mata.

pengertian gambar perspektif
senirupasmadasolo.blogspot
gambar perspektif
pinterest.com
gambar perspektif titik 1 hilang
site.google.com
gambar perspektif
tes.com
sudut pandang interior
tes.com
sudut pandang interior
studentartguide.com

sudut pandang interior

gambar perspektif
ayuda-master1.blogspot
  • Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

Perspektif titik 2 hilang ialah gambar pada objek yang terlihat pada dua titik sudut pandang mata atau yang terlihat dari sebelah kanan dan kiri sudut garis penglihatan.

Biasanya, perspektif dua titik lenyap dalam penggunaan teknik gambar ruang ini memiliki dua titik acuan.

Gambar perspektif ini lebih sering digunakan, karena hasil gambar yang diciptakan cukup sederhana dan lebih mudah. Karena dalam pembuatan nya juga memiliki bentuk yang statis bukan simetris.

gambar perspektif
indexbenner.com
gambar perspektif titik 2
ams-cuesd.com
gambar perspektif
pinterest.com
pengertian gambar perspektif
tes.com
  • Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

Tiga titik perspektif adalah penggambaran dengan memakai tingkat rendah. Dalam teknik ini, sering dipakai ketika menggambar bangunan yang dilihat dari tingkat mata yang rendah atau tinggi.

Mengenai gambar perspektif yang dapat anda gunakan sebagai lukisan gambar atau bahan untuk membuat sketsa gambar.

gambar perspektif 3
mondoggiesmusic.com
gambar perspektif
dzargon.com
gambar perspektif 3
pinterest.com
gambar perspektif
devianart.com

 

F. Penutup

Demikian penjelasan mengenai pengertian gambar perspektif. Bisa diambil garis besar dari ulasan artikel ini bahwa gambar perspektif ialah segala sesuatu yang terlihat pada pandangan mata.

Apabila benda semakin jauh, maka akan terlihat semakin kecil dari ukuran yang sebenarnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi kita wawasan baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *