pengertian gambar teknik
Seni

Pengertian Gambar Teknik

Pengertian Gambar Teknik – Dalam sebuah perancangan teknik yang dilakukan oleh ahli arsitektur, diperlukan sebuah gambar teknik yang menjadi sebuah alat komunikasi atau biasa disebut dengan bahasa teknis untuk menyatakan maksud dari seorang ahli teknik tersebut.

Jika anda sedang belajar di jurusan teknik anda harus mengetahui terlebih dahulu definisi gambar teknik, fungsi, standarisasi dan alat-alat yang diperlukan untuk melakukan penggambaran tersebut agar anda memahami cara membuatnya dengan baik dan benar.

A. PENGERTIAN GAMBAR TEKNIK

gambar teknik
pixabay.com

Gambar teknik adalah suatu gambar yang dijadikan media komunikasi oleh seorang ahli teknik dalam membuat dan merancang sebuah desain atau produk.

Dalam sebuah gambar teknik diperlukan kejelasan dari hal-hal teknis agar dapat meneruskan keterangan yang dimaksud tersebut secara tepat dan akurat, sehingga gambar yang dibuat bisa dipahami dengan jelas.

Setiap keterangan harus diwakili oleh lambangnya masing-masing, sehingga memerlukan keterampilan yang baik dalam membuat suatu gambar teknik.

Seorang ahli teknik, harus bisa memberikan gambar yang mudah dibaca oleh pembacanya.

B. CIRI-CIRI GAMBAR TEKNIK

pengertian gambar teknik
pixabay.com

Ada banyak sekali macam-macam gambar yang bisa anda temukan, namun yang membedakannya dengan gambar teknik ialah cara penyajiannya.

Berikut ciri-ciri gambar teknik:

  • Mempunyai Skala tercantum didalamnya, agar anda mengetahui perbandingan ukuran aslinya.
  • Mempunyai dimensi.
  • Mempunyai detail dari gambar utama, agar pelaksana lebih mudah mengetahui bentuk aslinya.
  • Terdapat perbedaan garis, yang mempunyai arti tersendiri.
  • Setiap item pada gambar, mempunyai nama sendiri.
  • Mempunyai keterangan dan spesifikasi pada bagian element tertentu.
  • Warna hitam putih, untuk gambar kerja, agar lebih mudah dibaca dan diperbanyak.

Baca Juga: Pengertian Gambar Ilustrasi

C. FUNGSI GAMBAR TEKNIK

pengertian gambar teknik
pixabay.com

Dalam sebuah perencanaan dan perancangan, fungsi gambar teknik mempunyai tiga poin penting yang harus dimilikinya, yaitu antara lain:

  • Sebagai penyampaian informasi

Gambar teknik harus bisa meneruskan informasi yang dimaksud oleh ahli teknik kepada orang-orang yang terkait didalam proyek tersebut, seperti operator, pemeriksa, kontraktor dan lainnya yang berhubungan dengan proyek.

  • Sebagai sarana penyimpanan dan penggunaan

Gambar yang dibuat adalah suatu gambar teknis yang sangat penting untuk bahan informasi perencanaan kedepannya, sehingga harus disimpan dan dijaga dengan baik sebagai informasi untuk rencana-rencana yang akan mendatang.

Dokumentasi diatur dengan teliti untuk memudahkan mencari data yang diperlukan dalam suatu perencanaan dan perancangan

  • Sebagai Konsep Perencanaan

Konsep atau pemikiran yang terlintas dalam perencanaan diciptakan dalam suatu bentuk gambar yang awalnya dari ide kemudian dianalisis, lalu dibuat kedalam gambar untuk diteliti dan dievaluasi lebih lanjut.

Proses ini dilakukan terus menerus hingga mendapatkan suatu gambar yang sempurna. Oleh sebab itulah seorang ahli teknik harus bisa mengolah sebuah ide yang ada di benak mereka kedalam gambar teknik untuk direalisasikan.

D. STANDARISASI GAMBAR TEKNIK

pengertian gambar teknik
pixabay.com

Untuk memudahkan ahli teknik dalam penyampaian informasi pada gambar teknik yang dibuat, diperlukan suatu standarisasinya agar setiap orang yang terlibat dapat membaca dan mempunyai persepsi yang sama terhadap gambar yang dibuat.

Indonesia sebenarnya mempunyai standar tersendiri yaitu SNI. Namun, dengan semakin meningkatnya kerjasama internasional, maka industri dan pelaku kegiatan didalamnya diwajibkan untuk menggunakan standar internasional, sehingga secara umum penerapan standarisasi gambar teknik di Indonesia menganut sistem ISO karena indonesia adalah anggota ISO.

ISO adalah suatu badan non pemerintah yang mengatur penyatuan teknik antar bangsa. Bidang kerja organisasi ISO ini yang terkait dengan standar gambar teknik ialah ISO/TC 10, yang mempunyai tugas untuk menstandarkan gambar-gambar teknik sehingga bisa diterima di dunia internasional sebagai bahasa teknik umum.

Baca Juga: Pengertian Gambar Model

E. PERALATAN GAMBAR TEKNIK

pengertian gambar teknik
pixabay.com

Alat-alat yang digunakan untuk membuat gambar teknik secara manual antara lain adalah:

  • Kertas Gambar

Kertas gambar yang sering digunakan ialah kertas putih (kertas padalarang/kertas manila) dan kertas kalkir.

Kertas padalarang dan kertas manila ialah jenis kertas yang tidak tembus cahaya, agak tebal, biasanya untuk membuat gambar dengan pensil dan kadang-kadang juga dengan tinta.

Adapun kertas kalkir ialah kertas yang tembus cahaya (transparan) biasanya untuk membuat gambar dengan tinta yang merupakan proses lanjutan dari pembuatan gambar dengan pensil untuk mempermudah dalam penggandaan (reproduksi).

  • Pensil Gambar

Untuk menggambar teknik dibutuhkan pensil (potlot) yang berbeda untuk kebutuhan menulis, baik kualitas ataupun tingkat kekerasannya. Biasanya kekerasan pensil dicantumkan pada salah satu ujungnya.

  • Mistar Gambar Penggaris Segitiga

Penggaris segitiga ialah alat untuk menarik garis, mempunyai salah satu sudut 900 (siku-siku). Sepasang penggaris segitiga siku-siku terdiri dari dua buah penggaris segitiga siku-siku, yang satu bersudut 450 hingga 450 dan yang lainnya bersudut 600  hingga 300.

  • Jangka

Jangka digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran atau busur lingkaran. Biasanya jangka ditempatkan dalam suatu kotak.

  • Rapidograph

Untuk membuat gambar dengan tinta, bisa menggunakan pen tarik yang biasanya terletak pada kotak jangka.

Namun, hal ini tidak praktis karena tinta dapat menetes keluar dan untuk membuat garis dengan ketebalan yang dikehendaki harus menyetel berkali-kali.

Rapido bersifat refill atau bisa diisi ulang jika tinta telah habis, oleh karena itu rapido perlu dilengkapi dengan tinta gambar yang biasanya banyak dijual di pasar .

  • Sablon

Untuk keseragaman dan kerapihan dalam membuat tulisan, cobalah gunakan sablon atau mal huruf dan angka, sedangkan untuk membuat gambar lambang-lambang dan bentuk-bentuk digunakan sablon atau mal bentuk..

Adapun untuk menggambar garis lengkung (kurva) misalnya elips, parabola, dan hiperbola digunakan mal kurva.

  • Busur Derajat

Busur derajat dipakai untuk mengukur sudut atau membagi sudut. Biasanya busur derajat ini memiliki garis-garis pembagi 00 sampai dengan 1800.

  • Meja Gambar

Meja gambar terdiri dari dua bagian yaitu papan gambar serta standar (rangka penyangga). Standar atau rangka penyangga bisa diatur kemiringannya sesuai dengan kemiringan yang di inginkan oleh juru gambar.

F. APLIKASI GAMBAR TEKNIK

Aplikasi Gambar Teknik
pixabay.com

Jika anda ingin memasuki dunia keteknikan, maka ada beberapa aplikasi desain yang buat khusus untuk perencana/pembuat gambar teknik.

Aplikasi ini sudah mempunyai fitur yang memang sudah menjadi landasan dalam proses membuat gambar teknik.

Aplikasi Gambar Teknik Adalah:

  • Autocad
  • Sketchup
  • 3dmax
  • Archicad

Baca Juga: Pengertian Gambar Vektor

G. SIMBOL BANGUNAN PADA GAMBAR TEKNIK

simbol gambar teknik
pixabay.com

Buat anda yang masih awam atau yang baru mengenal menggambar teknik pasti bingung dengan simbol simbolnya.

Jujur saya juga bingung waktu awal-awal kuliah hehe.

Bingung simbol ini buat apa simbol itu menggambarkan apa. Nah disini saya akan membagikan apa yang saya dapatkan di lapangan dan di bangku perkuliahan.

gambar teknik

simbol gambar teknik bangunan

simbol bahan bangunan

simbol teknik bangunan kayu

simbol beton

H. PENUTUP

Demikian penjelasan tentang pengertian gambar teknik beserta ciri-ciri dan fungsinya.

Semoga setelah membaca artikel tentang pengertian gambar teknik ini anda bisa lebih memahami tentang gambar teknik, apalagi jika anda yang bercita-cita atau yang sedang kuliah jurusan arsitek tentunya.

Selain artikel gambar teknik anda juga bisa memahami tentang pengertian gambar ilustrasi, karena dari kedua gambar ini memiliki perbedaan dan fungsi yang berbeda-beda.

Jika gambar ilustrasi berguna untuk memberikan pemahaman pada tulisan sedangkan gambar teknik adalah membuat gambar untuk suatu proyek.

Terimakasih.

Semoga Bermanfaat.

 

7 Replies to Pengertian Gambar Teknik

  1. Pelajaran Yang Sangat Menarik Bagi Sayaa

  2. Pelajaran Yang Sangat Seru Dan Menarik

  3. Pelajaran yang sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *