pengertian gambar vektor
Seni

Pengertian Gambar Vektor

Pengertian Gambar Vektor – Selamat datang kembali di situs cakbagus, pada penjelasan sebelumnya cakbagus telah menjelaskan tentang pengertian gambar model. Masih inget kan pengertian gambar model?

Jika lupa, silahkan pelajari lagi ya! he he

Pada kesempatan ini cakbagus akan membahas tentang pengertian gambar vektor, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan serta contoh dari gambar vektor.

Ada yang tau gambar vektor?

Jika belum. Yuk langsung saja.

A. Pengertian Gambar Vektor

pengertian gambar vektor
pixabay.com

Gambar vektor merupakan sebuah gambar yang dihasilkan dari perpaduan antara titik dan garis dengan rumusan matematika, sehingga membentuk sebuah poligon yang menggambarkan objek gambar tertentu.

lokasi dari gambar vektor disebut dengan control points atau nodes, dimana lokasi dari setiap titik mempunyai posisi yang pasti berdasarkan sumbu x dan y pada sebuah bidang kerja.

Pada gambar vektor setiap garis atau titik bisa ditambahkan dengan atribut seperti bentuk, ketebalan garis, kurva, warna garis, serta warna isi.

Untuk membuat gambar vektor pada komputer, anda bisa menggunakan aplikasi desain grafis yang cukup populer ditelinga anda, seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, Macromedia FreeHand, atau Corel Designer.

Objek-objek yang bisa dihasilkan dari gambar vektor antara adalah bujur sangkar, lingkaran, segi tiga, poligon untuk gambar 2 D dan bola, kubus, limas, tabung untuk gambar vektor 3 D.

B. Ciri-Ciri Gambar Vektor

vektor art
pixabay.com
  1. Mempunyai ukuran yang relatif kecil.
  2. Bersifat Scalable hingga tidak akan pecah jika gambar diperbesar.
  3. Jika ditampilkan ke layar monitor memerlukan proses yang lebih lama.
  4. Gambar vektor dibuat dari perpaduan objek-objek yang bersifat individu yang terdiri dari titik, garis dan warna.
  5. Ukuran gambar tidak berpengaruh terhadap kualitas gambar yang ditampilkan, karena tidak tergantung pada resolusi gambar.
  6. Tampilan gambar yang dihasilkan kurang alami, sehingga tidak bisa digunakan untuk memproduksi gambar foto realistik.

Baca Juga: Pengertian Gambar Ilustrasi

C. Kelebihan dan Kekurangan Gambar Vektor

kelebihan dan kekurangan gambar vektor
pixabay.com

Gambar vektor sering digunakan pada proses desain grafis yang mempunyai ukuran cukup besar.

Beberapa contoh desain grafis yang memakai metode gambar vektor ialah membuat desain banner, desain baliho, desain papan reklame dan sejumlah desain lainnya yang mempunyai ukuran cukup besar.

Sedangkan software yang digunakan untuk membuat gambar vektor juga lumayan beragam, sebagai contohnya ialah coreldraw atau Adobe Illustrator.

  • Kelebihan Gambar Vektor

Baiklah, langsung saja Berikut dibawah ini  adalah kelebihan yang dimiliki oleh gambar vektor.

  1. Gambar vektor mempunyai sifat atau karakteristik scalable. Pada saat gambar diubah ukurannya, baik diperkecil maupun diperbesar, maka penurunan kualitas dari gambar vektor tidak akan terjadi.
  2. Ketika dibandingkan dengan gambar bitmap, ukuran file dari gambar vektor akan menjadi lebih kecil.
  3. Seperti yang sudah di singgung diatas bahwa gambar vektor adalah gambar yang paling cocok digunakan untuk mendesain logo, baliho, papan reklame, gambar kartun, dan beberapa desain lainnya karena gambar vektor mempunyai karakteristik warna-warna yang sulit.
  4. Gambar vektor bisa dikonversi ke tampilan tiga dimensi. Proses ini bisa diaplikasikan dengan menggunakan software untuk mendesain 3D.
  • Kekurangan Gambar Vektor

Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh gambar vektor adalah sebagai berikut:

  1. Warna yang dimiliki oleh gambar vektor akan sedikit berbeda dengan warna benda atau objek aslinya. Artinya gambar vektor mempunyai warna yang tidak alami dan juga tidak realistis.
  2. Efek khusus pada gambar vektor sulit direalisasikan meskipun tetap bisa dikerjakan, namun mempunyai tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pengolahan gambar bitmap.

D. Jenis Jenis Gambar Vektor

jenis gambar vektor
pixabay.com
  1. WPAP

WPAP merupakan singkatan dari (Wedha’s Pop Art Potrait) yang artinya ialah gambar yang dibuat dengan bentuk geometri dan dengan warna-warna yang beragam. Biasanya gambar yang dibuat WPAP ialah gambar wajah.

  1. Amine Version

Maksudnya ialah gambar yang dibuat seperti tokoh kartun. Gambar ini hanya mengambil bagian tubuh yang mirip dengan objek aslinya, namun untuk bagian wajah biasanya dibuat seperti salah satu tokoh kartun.

  1. Line Art

Line art ialah sebuah gambar ilustrasi yang terdiri dari garis tegas tanpa menggunakan gradiasi warna. Biasanya hanya menggunakan warna hitam dan putih saja.

  1. Vecktor Art

Vektor ini hampir mirip dengan anime version. Jadi gambar aslinya dibuat seperti gambar kartun, hanya saja vektor art ini memakai gambar wajah yang sebenarnya.

  1. Siluet Art

Siluet art ini seperti gambar bayangan sebuah benda, jadi gambar siluet ini adalah gambar tiruan dari gambar asli namun hasilnya dibuat menjadi warna hitam secara menyeluruh.

  1. Karikatur

Nah kalo untuk karikatur pasti sudah pada banyak yang tahu kan?

Gambar karikatur ini adalah gambar tiruan dari sebuah objek (biasanya manusia) namun bagian kepalanya dibuat lebih besar daripada tubuhnya.

  1. Sketch Art

Sketch Art ini ialah gambar yang dibuat seperti sketsa. Dan kebanyakan dari gambar yang dibuat karya sketch art ialah gambar manusia.

Baca Juga: Pengertian Gambar Teknik

E. Jenis Aplikasi Berbasis Vektor

jenis aplikasi gambar vektor
pixabay.com
  1. Adobe Ilustrator

Adobe Illustrator adalah sebuah software yang dikembangkan oleh perusahaan software terkemuka Adobe Sistem yang bisa digunakan untuk editor gambar vektor.

Bagi pengguna komputer yang banyak berkecimpung pada dunia desain dan multimedia, keberadaan software yang satu ini tidaklah asing.

Fitur dan kemudahan yang ditawarakan oleh Adobe Illustrator sendiri membuat para pengguna menjadi termudahkan untuk terus berkarya.

  1. Coreldraw

Coreldraw ialah sebuah program computer yang melakukan editing pada garis vektor.

Program ini diciptakan oleh corel, sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Ottawa, kanada.

Coreldraw memiliki fungsi untuk mengolah gambar, tak heran jika banyak dipakai pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan maupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

  1. Zoner Draw

Zoner Draw  merupakan Vektor Graphics Editor yang dibuat untuk memudahkan dan untuk membuat gambar, peta, ilustrasi, dll.

Aplikasi ini dirancang untuk membuat bentuk sendiri, menyisipkan gambar, dan memakai template untuk album, kartu nama, label CD, brosur, kartu ucapan, undangan.

  1. Creature House Expresiion

Creature House Expression ialah editor grafis vektor yang memenangkan penghargaan yang dikembangkan oleh Creature House di Hong Kong, yang diciptakan oleh Alex S.C. Hsu dan Irene H. H. Lee.

Baca Juga: Pengertian Gambar Perspektif

F. Contoh Gambar Vektor

contoh gambar vektor
pixabay.com

1. Gambar Vektor Presiden Indonesia

Penghobi design memiliki banyak cara untuk menuangkan ide kreatifnya, Yang mana hasil dari ide kreatifnya tersebut bisa mendatangkan keuntungan bagi dirinya. Baik dijual ataupun di download orang lain setiap hasil kreatifnya di unggah di media online.

Dibawah ini adalah contoh gambar vektor presiden indonesia dari nomor satu sampai tujuh.

pengertian gambar vektor
pintower.com
vektor art soeharto
dewavektor.blogspot.com
Vektor Art Presiden Habibie
pijarsmaga.com
pengertian gambar vektor
behance.net
pengertian gambar vektor
behance.net
vektor art presiden sby
grahma.net
pengertian gambar vektor
kitoisokreatif.blogspot.com

2. Gambar Vektor Wajah Santri

Tidak hanya gambar vektor tokoh atau presiden saja. Lebih menarik lagi membuat gambar vektor santri yang mampu memberikan kesan menarik bagi setiap orang yang melihatnya.

Karena sudah kita ketahui bersama bahwa di negri kita memiliki ratusan juta santri yang tersebar diseluruh penjuru nusantara.

Nah, Inilah contoh gambar vektor santri indonesia yang menarik untuk dilihat.

gambar vektor wajah
ask.fm
gambar vektor wajah
vikamharni.blogspot.com
contoh gambar vektor wajah
kelasdesain.com
gambar vektor wajah bercadar
mobyla.info
pengertian gambar vektor
gramho.com
pengertian gambar vektor
pinterest.com

G. Penutup

Demikian Pembahasan tentang pengertian gambar vektor beserta ciri-ciri, kelebihan dan kekurangan serta contoh dari gambar vektor.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *