Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Profil Negara Indonesia

5 min read

profil negara indonesia

Profil Negara Indonesia – Republik Indonesia atau lebih dikenal dengan Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan terletak di antara benua Asia dan benua Australia serta India dan Pasifik.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.504 pulau, atau istilah yang sering disebut kepulauan.

Dengan jumlah penduduk lebih dari 263 juta,  Indonesia adalah negara terpadat  keempat di dunia setelah Cina, India dan Amerika Serikat.

Bentuk pemerintahan di Indonesia adalah republik, di mana DPR dan presiden dipilih langsung oleh rakyat setiap lima tahun.

Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta, yang merupakan pusat pemerintahan dan pusat perekonomian.

Tetapi bagaimana dengan profil lengkap negara Indonesia, berikut ini adalah penjelasan tentang profil negara Indonesia, yang dibagi menjadi beberapa bab.

A. Profil Negara Indonesia

profil negara indonesia

  • Etimologi

Profil negara pertama Indonesia adalah untuk membahas asal usul nama Indonesia. Kata “Indonesia” berasal dari kata Yunani kuno Indus yang mengacu pada Sungai Indus di India dan kata “Nesos” yang memiliki arti pulau.

Oleh karena itu, kata Indonesia berarti daerah kepulauan India. Pada tahun 1850, George Windsor Earl, seorang etnolog dari Inggris, pada awalnya yang mengusulkan atau menyetujui ketentuan Indunesia dan Melayunesia.

Tetapi dalam tulisan akademis Belanda, media India menulis negara Indonesia dalam istilah Kepulauan Malaysia Timur, India, atau India Timur.

Namun sejak 1900 nama Indonesia menjadi lebih terkenal di kalangan akademisi di luar Belanda, dan nasionalis Indonesia menggunakannya sebagai bentuk ekspresi politik.

  • Wilayah Negara Indonesia

Profil negara Indonesia berikut yang dibahas adalah tentang lokasi geografis Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara.

Memiliki 17.504 pulau yang dihuni atau tidak, tersebar di garis khatulistiwa yang menawarkan cuaca tropis ke negara Indonesia.

Indonesia terletak pada koordinat 6 derajat lintang utara hingga 11 derajat lintang selatan, dan 95 hingga 141 derajat bujur timur.

Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudera. Indonesia membentang lebih dari 3977 mil antara dua samudera, Pasifik dan India.

Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km persegi dan luas laut 3.257.483 km persegi.

  • Politik dan pemerintahan Indonesia

Profil negara Indonesia, dilihat dari bentuk politik dan administratifnya, negara Indonesia memiliki sistem presidensial multi partai yang demokratis.

Seperti halnya negara demokrasi lainnya di dunia, sistem politik Indonesia didasarkan pada prinsip Trias politica, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

  • Hubungan luar negeri dan militer

Profil negara Indonesia berikut yang dibahas di bawah ini adalah tentang hubungan luar negeri dan tentara Indonesia.

Berbeda dengan sikap Presiden Sukarno, yang anti-imperialisme dan berdebat dengan tetangga Malaysia.

Hubungan luar negeri Indonesia di era Orde Baru didasarkan pada kerja sama ekonomi dan politik dengan Barat.

Indonesia mempertahankan hubungan baik dengan tetangganya dari benua Asia, dan bahkan Indonesia memulihkan hubungan dengan negara Cina pada tahun 1990.

Sementara Indonesia sebelumnya memiliki pembekuan diplomatik karena kerusuhan politik anti-komunis dalam pemerintahan Suharto awal.

Indonesia tidak hanya salah satu pendiri  organisasi ASEAN , tetapi juga telah menjadi anggota PBB sejak 1950.

Selain itu, Indonesia juga merupakan pendiri Gerakan Non-Blok dan Organisasi untuk Kerjasama Islam atau yang sering kita sebut OKI.

Tentara negara Indonesia terdiri dari tiga kekuatan, yaitu tentara, angkatan udara dan angkatan laut dengan 400.000 staf aktif.

  • Pendidikan di Indonesia

Berdasarkan konstitusi saat ini di Indonesia, pemerintah pusat dan daerah harus mengalokasikan anggaran sebesar 20% untuk pendidikan selain gaji dan perjalanan dinas.

  • Ekonomi Negara Indonesia

Profil negara Indonesia dalam hal ekonomi, negara Indonesia mengikuti sistem koperasi.

Saat ini, perekonomian Indonesia relatif stabil dibandingkan beberapa dekade yang lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2004 dan 2005 lebih dari 5% dan diperkirakan akan terus berlanjut.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif stabil belum terasa sepenuhnya merata, karena banyak orang Indonesia masih hidup di bawah garis kemiskinan.

  • Agama di Negara Indonesia

Islam adalah agama terbesar yang dianut oleh masyarakat Indonesia, pengikut Islam di Indonesia mencapai 85,2% dari total populasi.

Sementara itu, pengikut agama lain di Indonesia adalah Kristen Protestan tidak kurang dari 8,9%, Hindu 1,8%, Buddha 0,8% dan lainnya sebanyak 0,3%. Selain agama-agama ini, ada juga Konfusianisme.

  • Populasi Negara Indonesia

Menurut sensus 2016, total populasi Indonesia mencapai 263 juta. Lebih dari 150 juta orang Indonesia tinggal di pulau Jawa, menjadikan pulau ini pulau terpadat di dunia.

Mayoritas penduduk Indonesia terdiri dari Austria dan ada juga orang Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia.

Banyak orang Indonesia mengekspresikan diri mereka lebih khusus dari suku daerah, seperti Jawa, Sunda, Batak, Minang, Bali, Madura, dan sebagainya. Selain itu, ada juga migran minoritas dari kelompok etnis Asia lainnya, seperti Cina, India, dan Arab.

Mereka telah datang melalui jalur perdagangan ke Indonesia sejak abad ke-8, sampai akhirnya mereka menetap di Indonesia.

  • Arsitektur Negara Indonesia

Arsitektur di Indonesia mencerminkan keragaman budaya, sejarah dan geografi yang telah membentuk Indonesia sepenuhnya.

Karakteristik arsitektur Indonesia kuno dapat dilihat di rumah-rumah tradisional di Indonesia.

Sebagai contoh, deskripsi profil negara Indonesia, dengan mengetahui wilayah Indonesia dan batasannya, dapat berkontribusi pada kecintaan kita terhadap rakyat Indonesia.

B. Lambang Negara Indonesia

profil negara indonesia
ilmupengetahuanumum.com
 Garuda Pancasila adalah  simbol negara Indonesia. Ada beberapa fakta tentang Garuda Pancasila yang harus diketahui. Lalu apa?

Orang Indonesia harus menghormati Garuda Pancasila dan bendera merah putih. Karena keduanya adalah hasil pertarungan para pemburu kita.

Berikut adalah  fakta-fakta Garuda Pancasila  yang dirangkum dalam cakbagus:

1. Desainer

Garuda Pancasila dirancang oleh seorang prajurit KNIL bernama Sultan Hamid II. Pemilihan lambang nasional dilakukan pada tahun 1950 oleh Komisi Emblem Negara.

2. Jumlah mata air

Jumlah bulu elang sesuai dengan tanggal kemerdekaan. Bagian tentang Garuda Pancasila untuk sayap terdiri dari 17 helai bulu kiri dan kanan. Untuk ekor ada 8, yang artinya Agustus.

Kemudian, di pangkal ekor, jumlah bulu mencapai 19 dan leher 45. Artinya, jumlah bulu Garuda Pancasila menunjukkan makna 17 Agustus 1945.

3. Perisai

Set simbol Garuda Pancasila berikutnya adalah pelindung. Perisai ini mewakili semua resep Pancasila, bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan beras dan kapas.

4. Arti Bhennika Tunggal Ika

Fakta lain dari Garuda Pancasila adalah layar perak di mana ‘Bhennika Tunggal Ika’ ditulis. Kata itu berarti berbeda tetapi tetap satu.

5. Warna

Ada berbagai warna pada Garuda Pancasila. Setiap warna juga mengandung makna, seperti putih murni, hitam abadi, merah keberanian, kesuburan hijau dan kuning ekstra besar.

6. filsafat

Garuda Pancasila dikenal dengan filosofi kuno tentang kendaraan berani Dewa Wisnu. Burung Garuda menggambarkan Indonesia sebagai bangsa yang kuat.

7. Lagu

Fakta terakhir dari Garuda Pancasila adalah lagunya. Logo ini memiliki nomor yang disebut ‘Garuda Pancasila’ yang dibuat oleh Sudharnoto.

C. Nama-Nama Provinsi di Indonesia

nama provinsi indonesia

Berikut ini daftar nama Provinsi yang ada di Indonesia beserta nama Ibukotanya:

 NO      PROVINSI         IBU KOTA
1AcehBanda Aceh
2Sumatera UtaraMedan
3Sumatera BaratPadang
4RiauPekan Baru
5Kepulauan RiauTanjung Pinang
6JambiJambi
7Sumatera SelatanPangkal Pinang
8Kepulauan Bangka BelitungBangka Belitung
9BengkuluBengkulu
10LampungBandar Lampung
11DKI JakartaJakarta
12BantenSerang
13Jawa BaratBandung
14Jawa TengahSemarang
15Jawa TimurSurabaya
16DIY YogyakartaYogyakarta
17BaliDenpasar
18Nusa Tenggara BaratMataram
19Nusa Tenggara TimurKupang
20Kalimantan BaratPontianak
21Kalimantan TengahPalangkaraya
22Kalimantan SelatanBanjarmasin
23Kalimantan TimurSamarinda
24Kalimantan UtaraTanjung Selor
25Sulawesi UtaraManado
26Sulawesi TengahPalu
27Sulawesi BaratMamuju
28Sulawesi SelatanMakassar
29GorontaloGorontalo
30Sulawesi TenggaraKendari
31MalukuAmbon
32Maluku UtaraSofifi
33PapuaJayapura
34Papua BaratManokrawi

D. Nama-Nama Budaya di Indonesia

Indonesia memiliki berbagai banyak budaya, diantaranya adalah pakaian adat indonesia. Inilah daftar pakaian adat indonesia berdasarkan daerah asalnya.

NoBUDAYAASAL
1Pakaian Adat EwerPapua Barat
2Pakaian Adat PapuaPapua
3Pakaian Adat BiliuGorontalo
4Pakaian Adat BodoSulawesi Selatan
5Pakaian Adat KualaviSulawesi Selatan
6Pakaian Adat Suku TolakiSulawesi Tenggara
7Pakaian Adat NgembeSulawesi Tengah
8Pakaian Adat MandarSulawesi Barat
9Pakaian Adat LombokNusa Tenggara Barat
10Pakaian Adat NTTNTT
11Pakaian Adat Manteren LamoMaluku Utara
12Pakaian Adat Baju CeleMaluku
13Pakaian Adat BaliBali
14Pakaian Adat ParangKalimantan Barat
15Pakaian Adat KesatrianYogyakarta
16Pakaian Adat PangsiBanten

E. Topografi dan iklim di Indonesia

 iklim di indonesia

Indonesia, sebagai negara yang terletak di garis katulistiwa, biasanya memiliki iklim tropis. Jadi jangan heran jika ada dua musim di Indonesia, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang memiliki perairan luas, serta lokasinya yang dikelilingi oleh dua samudra, menjadikan Indonesia sebagai iklim maritim.

Dalam iklim seperti itu, udara institusional cukup tinggi, yang mencapai lebih dari 80%. Ini karena sifat pulau tropis, sehingga disebut iklim tropis lembab.

Keuntungan dengan iklim laut adalah salah satunya adalah efek dari angin laut, yang membawa kelembaban ke daratan.

Dengan demikian, efek ini bisa mendinginkan lahan panas dan kering di musim kemarau. Sedangkan pada malam hari tidak terlalu dingin karena pengaruh laut yang hangat.

Kepulauan Indonesia terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan dengan puncak yang menjulang tinggi yang menciptakan perubahan iklim.

Dengan demikian, wilayah Indonesia memiliki iklim tropis lembab di dataran rendah dan iklim salju abadi di puncak jajaran pegunungan Jaya Vijaya. Ada juga iklim tropis di tempat-tempat di mana angin bertiup, dan iklim kering di daerah di mana hujan turun.

Dengan demikian, beberapa informasi terkait dengan deskripsi peta Indonesia dan keanekaragamannya. Indonesia sebagai negara kepulauan, tentunya memiliki posisi geografis yang menarik dengan lokasinya yang strategis.

Dengan berbagai bentuk topografi, varietas lain juga dibuat, seperti flora dan fauna, yang dapat ditemukan dalam distribusi berbagai wilayah di peta Indonesia.

Selain itu, berbagai bentuk topografi di Indonesia juga menciptakan kondisi iklim berbeda yang memengaruhi kehidupan manusia.

F. Penutup

Demikian Penjelasan tentang profil negara indonesia, semoga bisa dijadikan referensi dan pengetahuan kita. Semoga bermanfaat.

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *