Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Profil Negara Singapura

6 min read

profil negara singapura

Profil Negara Singapura – Hi teman-teman kembali lagi bersama situs cakbagus yang selalu setia memberikan informasi pendidikan kepada anda semua.

Pada sebelumnya, cakbagus sudah menulis artikel tentang profil Negara Indonesia, namun pada artikel ini cakbagus menulis artikel tentang Profil Negara Singapura.

Yuk kita lihat, ada apa saja sih di Negara Singapura?

A. Profil Negara Singapura

bendera negara singapura
profil negara singapura: nationalflags.shop

Negara Singapura merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Konon katanya negara ini dijuluki sebagai macan Asia.

Lantas apa yang menyebabkan Negara Singapura dijuluki sebagai Macan Asia?

1. Lambang Negara Singapura

profil negara singapura
profil negara singapura: fahmikus.wordpress.com
  • Lambang Negara Singapura terdapat sebuah perisai merah di tengah serta bulan sabit dan lima buah bintang yang berwarna putih.

Mirip dengan bulan sabit dan lima bintang yang terdapat pada bendera Negara.

  • Warna merah memiliki arti persaudaraan dan persamaan derajat manusia.
  • Warna putih memiliki arti kesucian dan kebaikan.
  • Bulan sabit memiliki arti sebuah negara muda yang sedang maju.
  • Lima bintang memiliki arti lima prinsip yang dipegang oleh Negara Singapura, yaitu demokrasi, perdamaian, keadilan, kemajuan dan persamaan.
  • Di bawah perisai ada kata, “Majulah Singapura”, sebagai motto Singapura yang juga adalah judul lagu kebangsaan Singapura.

2. Sejarah Singkat Singapura

profil negara singapura
profil negara singapura: (money.kompas.com)

Singapura di ambil dari kata  sansekerta , yaitu Singa dan Pura. Pura Berarti kota. Singapura yang berarti kota singa.

Dalam bahasa inggris, singapura lebih dikenal dengan istilah Lion City.Pada zaman dahulu, kota Singapura ini dikenal dengan nama kota Tumasik. Kota ini juga adalah wilayah bagian dari negara Sriwijaya yang terletak di Palembang.

Singapura adalah negara yang paling maju di antara negara–negara yang kecil di dunia. Negara Singapura berada di ujung paling selatan dari Semenanjung Makaka ini, dibangun oleh Sir Stamford Rafles.

Karena melihat potensi yang luar biasa dari Singapura, kemudian Rafles melakukan hunungan kerja sama dengan Sultan Husein Shah.

Sultan Husein Shah adalah wakil dari The British East India Company.  Kerja sama tersebut yang bertujuan untuk membangun Negara Singapura sebagai tempat untuk perdagangan dan pemukiman.

Karena jasa Rafles tersebut, kemudian Rafles dikenal sebagai pendiri dan sekaligus peletak dasar-dasar negara Singapura.

Singapura pernah diduduki oleh Jepang dan sekaligus dijadikan sebagai pusat strategi invasi Jepang ke wilayah Pasifik.

Kejadian tersebut terjadi pada Perang Dunia II. Hingga saat ini, peninggalan masa kolonial Jepang tersebut masih bisa ditemukan di Pulau Sentosa.

Selanjutnya, pada tahun 1959, Negara Singapura berdiri sebagai salah satu negara yang berada di bawah pemerintahan Kerajaan Inggris. Pada tahun 1963,

Singapura menjadi negara republik, setelah mendapatkan  kemerdekaan dari Inggris.

Selain itu, pada tahun 1963 tersebut, negara Singapura bergabung dengan Malaya, Sabah, dan Serawak untuk membentuk sebuah Negara Federasi Malaysia.

Namun pada tahun 1965, negara Singapura mulai menarik diri dari federasi dan membentuk negara yang terpisah.

Singapura menjadi negara mandiri yang dipimpin oleh Perdana Menteri yang bernama Oertama Lee Kuan Yew . Lee Kuan Yew, bahkan lebih dikenal sebagai seorang tokoh pembangunan negara Singapura modern.

Negara yang di dirikan tahun 1819 ini, oleh Thomas Stanford Raffles, untuk dijadikan sebagai kota pelabuhan kecil.

Namun, untuk saat ini Singapura dinyatakan sebagai pelabuhan laut yang terbesar di dunia. Pelabuhan yang ada di Singapura selalu disinggahi oleh kapal-kapal dagang.

Bahkan, dengan kondisi ini, pembangunan ekonomi untuk bidang perdagangan menjadi tumbuh dengan pesat.

Perdagangan di Negara Singapura menjadi salah satu pusat perdagangan terbesar di dunia.

Hal tersebut didukung dengan letak Negara Singapura yang strategis, sehingga menjadikan negara ini sebagai tempat transit untuk jalur perdagangan.

Maka tidak heran jika negara Singapura dikatakan sebagai sebuah negara yang paling maju perekonomiannya di kawasan Asia Tenggara.

Penjelasan di atas menjelaskan tentang asul usul berdirinya negara Singapura menjadi negara dengan perekonomian yang paling padat di Asia.

3. Letak Astronomi Negara Singapura

profil negara singapura
profil negara singapura: (slidshere.net)

Negara Singapura adalah negara yang berada di paling ujung selatan dari Semenanjung Malaka. Negara ini memiliki luas wilayah 660 km2.

Luas wilayah negara Singapura ini bisa dikatakan lebih kecil dari negara Brunei Darussalam. Secara astronomis, negara Singapura berada di garis lintang 1015’ Lintang Utara (LU) hingga 1026’ Lintang Selatan (LS) dan berada di garis bujur di 1030 Bujur Timur (BT) sampai 1040 Bujur Timur (BT).

Negara Singapura ini memiliki pulau utama dengan 60 pulau-pulau yang lebih kecil. Pulau kecil yang termasuk ke dalam wilayah Negara Singapura ialah Pulau Tekong Besar, Pulau Ubin, Pulau Sentosa, dan Pulau Ayer Chawan.

Negara Singapura ini adalah negara yang sudah melakukan reklamasi pantai. Beberapa pulau kecil sudah direklamasikan untuk digabung menjadi pulau yang lebih besar.

Kegiatan reklamasi di negara Singapura ini sudah terjadi sejak tahun 1960-an. Bahkan, di Singapura hutan bakau nyaris sudah habis dan berubah menjadi daratan.

4. Letak Geografi Negara Singapura

profil negara singapura
profil negara singapura: (edusejarah.blogspot.com)

Secara geografis, batas-batas wilayah yang dimiliki oleh Singapura ialah sebagai berikut:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia.
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Indonesia atau Selat Malaka.
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Malaysia dan Laut Cina Selatan.
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Malaysia dan Samudra Hindia.

Di negara Singapura ada dua jalur perbatasan yang dihubungkan oleh jembatan yang ada di darat dengan Malaysia, yaitu Johor-Singapore Causeway yang berada di utara dan Tuas Second Link yang terletak di Singapura bagian barat daya.

Berdasarkan penjelasan di atas menunjukkan luas yang dimiliki oleh negara Singapura, mungkin masih akan bertambah dengan adanya reklamasi pantai tersebut.

5. Iklim Negara Singapura

profil negara singapura
profil negara singapura:(ekonomi.kompas.com)

Negara Singapura termasuk kedalam negara yang mempunyai  iklim tropis.  Di negara Singapura tidak terjadi perbedaan cuaca yang ekstrem.

Negara ini berada di utara garis khatulistiwa. Karakteristik musim yang dimiliki oleh negara ini dibedakan berdasarkan pada suhu dan tekanan pada udara, kelembaban, dan tingkat curah hujan yang terjadi di sepanjang tahun.

Suhu rata-rata tahunan di Singapura mencapai 260 C.

Kelembaban rata-ratanya yaitu 90 % pada pagi hari dan pada sore hari 60 %. Curah hujan yang dimiliki oleh negara Singapura kurang lebih 2500 mm per tahun.

Hujan di negara ini berlangsung pada bulan November hingga Maret. Pada periode tersebut, negara Singapura sedang berhembus angin muson timur laut yang basah.

Daerah yang banyak menerima curah hujan, yaitu pada bagian perbukitan tengah.

Selanjutnya, pada bulan April hingga Semptember mulai bertiup angin muson barat daya yang kering. Bulan yang terpanas di negara Singapura ini, pada bulan Juni hingga Juli.

Berdasarkan penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa singapura adalah negara tropis yang dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin muson timur.

Kemudian bagaimana keadaan sosial budaya yang dimiliki oleh negara Singapura?

6. Sosial Budaya Negara Singapura

profil negara singapura
profil negara singapura: (sunburstandventure.com)

Sebagai negara yang mempunyai kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Jumlah penduduk yang dimiliki oleh Singapura sekitar 4.608. 167 jiwa pada tahun 2008.

Adapun Angka pertumbuhan penduduk di negara Singapura mencapai 1,08 %.

Pertumbuhan penduduk tersebut menunjukkan bahwa negara Singapura mempunyai populasi yang meningkat dengan pesat.

Ciri-ciri paling penting dari penduduk Singapura ialah support ratio. Yang berarti bahwa rasio yang digunakan untuk membandingkan antara individu dengan individu lainnya dinilai produktif dan individu yang dinilai tidak produktif secara ekonomi.

7. Etnis Di Negara Singapura

profil negara singapura
profil negara singapura: (tirto.id)

Negara singapura memiliki berbagai macam etnis. inilah daftar etnis yang ada di Negara Singapura:

  • Kaum Tionghoa atau Etnis Cina
  • Kaum Eurasia
  • Etnis India
  • Etnis Melayu
  • Etnis Peranakan

8. Perekonomian Negara Singapura

profil negara singapura
profil negara singapura: (any-pedia.blogspot.com)
 Sir Thomas Stamford Raffles  sebagai pendiri negara Singapura telah menetapkan negara Singapura menjadi pusat perdagangan.

Bahkan apa yang diinginkan oleh Raffles tersebut kini telah terwujud.

Negara Singapura menjadi salah satu pusat perdagangan yang ada di wilayah Asia Tenggara. Negara Singapura ini mendapat julukan sebagai macan Asia.

Hampir 80 % dari penduduk Singapura bekerja pada sektor perdagangan dan Perindustrian.

Negara Singapura menjadi negara yang pencetus industri di wilayah Asia Tenggara.

Industri di Singapura sudah berkembang pesat semenjak pertama kali berdiri sendiri.

 Wilayah industri yang penting bisa dijumpai di daerah Jurong. 

Industri yang dihasilkan dari negara Singapura ialah industri petrolium, pengolahan karet, makanan dan miniman, cat, semen, kertas, dan barang-barang elektronik.

Selain itu, ada juga industri baru yang berkembang di negara Singapura dan tidak kalah penting, yaitu industri pembuatan dan perbaikan kapal.

Bahan mentah untuk keperluan industri dan bahan bakar minyak di dapatkan Singapura dari kegiatan impor.

Kegiatan industri untuk peleburan biji timah bisa ditemukan di Pulau Brani. Sedangkan pengolahan minyak mentah bisa ditemukan di Pulau Bukum.

Negara Singapura dinyatakan sebagai negara yang mempunyai pendapatan terbesar di dunia.

Singapura menjadi induk bank dari berbagai negara yang ada di penjuru dunia,

disamping mengandalkan sektor perdagangan dan industri. Selain itu, negara Singapura menjadi tempat tujuan utama wisata dan pendidikan di seluruh dunia.

9. Peta Negara Singapura

profil negara singapura
profil negara singapura: (peta-hd.com)

Peta Negara Singapura di atas meliputi peta dataran, peta perairan, peta kota, gunung, batas-batas wilayah dan peta lalu lintas.

Peta Singapura terdapat ikon-ikon yang menjelaskan hall penting yang ada pada gambar tersebut.

Keterangan ikon-ikon peta meliputi sebagai berikut:

  • Ikon ibukota meliputi ibukota provinsi, ibukota kabupaten, kota besar, dan kota.
  • Ikon gunung ada dua yaitu gunung berapi dan gunung saja.
  • Ikon batas meliputi batas negara dan batas provinsi.
  • Ikon lalu-lintas meliputi jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal, jalur kereta api, lapangan terbang nasional, lapangan terbang perintis, pelabuhan laut nasional, dan pelabuhan laut penyeberangan.

10. Politik Negara Singapura

profil negara singapura
profil negara singapura: (wix.com)

Bagaimanakah sistem politik yang berkembang di Negara Singapura?

Singapura adalah negara yang berdasarkan pada sistem  westminster . Sistem ini dipilih karena Singapura adalah negara bekas jajahan Inggris. Di mana presiden hanya menempati posisi sebagai simbolis bagi Negara Singapura.

Justru perdana menteri yang mempunyai kekuasaan dalam pemerintahan. Perdana menteri adalah seorang ketua partai politik yang mempunyai kedudukan mayoritas dalam parlemen.

Partai Aksi Rakyat adalah partai yang menguasai arena politik. Partai ini sudah memerintah semenjak Singapura merdeka.

Bahkan Partai Aksi Rakyat ini memperkenalkan undang-undang yang tidak bisa memberikan kesempatan untuk tumbuhnya partai oposisi yang efektif.

Sebetulnya apa yang dilakukan oleh partai tersebut bisa dikatakan otoriter, bukan demokrasi.

Meskipun demikian, cara tersebut sudah bisa membuat Negara Singapura menjadi negara yang maju, bebas dari praktik korupsi, dan mempunyai pasar ekonomi yang terbuka untuk internasional.

Berdasarkan penjelasan di atas menunjukkan bahwa Partai Aksi Rakyat adalah  partai politik yang menguasai negara Singapura dengan menggunakan sistem otoriter. 

B. Penutup

Demikianlah penjelasan tentang profil negara singapura, semoga dengan membaca artikel ini pengetahuan kita terhadap negara lain semakin bertambah.

Semoga bermanfaat.

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *