Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Tempat Wisata di Langsa Aceh yang Menarik Dikunjungi

3 min read

hutan mangrove langsa

Tempat wisata di Langsa adalah tempat wisata yang cocok untuk anda kunjungi. khususnya bagi anda yang saat ini berkunjung ke Provinsi Aceh dan sekitarnya.

Sebelumnya harus anda ketahui terlebih dahulu bahwa Langsa adalah salah satu kota di banda Aceh yang menerapkan hukum syariat Islam.

Selain itu juga, kota yang berjarak kurang lebih 400 km dari kota banda Aceh ini juga banyak dikenal sebagai salah satu kota wisata di Aceh.

Inilah tempat wisata di Langsa Aceh yang menarik dikunjungi:

1. Gedung Bale Juang

tempat wisaata aceh
gedung balee juang (tempat wisata langsa)

Tempat wisata di langsa yang wajib dikunjungi ialah gedung balee juang. Gedung ini sudah berdiri sejak tahun 1924 masehi ini merupakan salah satu ikon bagi kota Langsa Aceh.

Menurut sejarahnya, gedung yang bermotif khas Eropa ini adalah salah satu saksi bisu puncak perjuangan para pahlawan dari segala penjuru Aceh untuk mengusir para penjajah.

Jika anda penasaran dengan gedung bersejarah yang kini berfungsi sebagai museum. Anda bisa mengunjunginya di kelurahan Gampong Jawa, kecamatan Langsa kota Aceh.

Harga tiket: Rp.10.000/orang.

2. Hutan Mangrove kota Langsa

hutan mangrove langsa
tempat wisata langsa (youtube.com)

Selanjutnya tempat wisata di Aceh yang menarik dikunjungi adalah Hutan Mangrove di kota Langsa.

Lokasi wisata ini berada di kelurahan kuala Langsa, kecamatan langsa, kota Aceh.

Kekayaan flora dan fauna di hutan mangrove ini sangat terkenal. Dengan luas 8.000 hektar ini dijadikan sebagai salah satu paru-paru dunia bagi kota Aceh.

Namun bukan hanya itu saja, hutan mangrove langsa Aceh juga disebut sebagai hutan yang memiliki banyak spesies yang cukup lengkap. Sekitar 38 jenis spesies ada di hutan ini.

Untuk bisa masuk ke kota Langsa ini cukup mudah, karena sudah tersedia jembatan kayu. Jam operasional hutan ini yaitu pukul 08:00-17:00.

3. Pulau Toulaga Tujoh

tempat wisata langsa
tempat wisata langsa aceh (viva.co.id)

Dinamakan Pulau Toulaga Tujoh karena memang tempat wisata ini berada di kelurahan telaga tujuh, kecamatan langsa barat, kota langsa Aceh.

Provinsi Aceh ini memang menyuguhkan panorama alam yang sangat mempesona.

Namun bukan hanya itu saja, pulau ini juga cocok dijadikan sebagai salah satu tempat untuk memancing di kota Langsa Aceh.

 Tempat ini buka 24 jam. 

4. Pantai Kuala Gelumpang

pantai kuala gelumpang
tempat rekreasi langsa (peminjam.com)

Sebetulnya, lokasi pantai ini berada di Kabupaten Aceh Timur, atau lebih tepatnya di Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur.

Akan tetapi, karena tempatnya cukup dekat dengan Kota Langsa, sehingga patut dipikirkan untuk dikunjungi.

Kurang lebih sama dengan wisata pantai pada biasanya, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang berwarna biru, ombak yang tidak begitu besar, dan beberapa pohon cemara disekitarnya.

Bukan hanya itu saja, sejumlah fasilitas pendukung pun sudah disediakan disekitar pantai ini, mulai dari tempat parkir kendaraan, warung makan, toilet, gazebo, musholla, hingga tempat penginapan, dan lain sebagainya.

5. Taman Bambu Runcing

tempat wisata langsa
tempat rekreasi aceh (mediamuda.com)

Taman Bambu Runcing merupakan salah satu ikon perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan dari tangan penjajah. Menurut informasinya, taman ini dibangun sejak tanggal 17 Agustus 1948.

Taman yang letaknya berada di Kelurahan Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Aceh ini adalah salah satu tempat nongkrong palik asik bagi masyarakat Kota Langsa dan sekitarnya.

Beberapa fasilitas pendukung yang ada di taman ini yaitu tempat duduk, footpath, tempat sampah, toilet, mushola, dan lain sebagainya. Biasanya, taman ini dibuka 24 jam setiap harinya.

6. Pelabuhan Kuala Langsa

tempat wisata aceh
tempat wisata aceh

Tempat wisata di Langsa (Aceh) yang menarik dikunjungi wisatawan selanjutnya adalah Pelabuhan Kuala Langsa.

Tempatnya berada di Kelurahan Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Aceh.

Pelabuhan Kuala Langsa merupakan salah satu tempat nongkrong favorit bagi masyarakat Kota Langsa dan sekitarnya.

Para wisatawan bisa menyaksikan kapal-kapal yang bongkar muatan, mengisi bahan bakar di hamparan laut yang berwarna biru dari pelabuhan ini.

Bukan hanya itu saja, pada sore harinya, ada sekumpulan anak muda yang unjuk kebolehannya dengan berbagai atraksi bermotor di pelabuhan ini.

7. Hutan Lindung

tempat wisata di aceh
tempat wisata di aceh (steemit.com)

Kawasan hutan lindung yang letaknya berada di Kelurahan Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh ini juga harus dipertimbangkan untuk segera dikunjungi para wisatawan.

Pasalnya, selain sebagai tempat untuk wisata, hutan lindung ini juga bisa dijadikan untuk media belajar bagi wisatawan. Karena, didalam hutan lindung ini ada kurang lebih 300 jenis flora dan fauna.

Lebih asiknya lagi, di kawasan hutan lindung ini juga telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas pendukung, seperti pondok peristirahatan, warung makan, tempat menyewa karpet, dan beberapa wahana permainan lainnya.

8. Mutiara Water Park

tempat wisata langsa
tempat wisata aceh (streemit.com)

Kota Langsa di Provinsi Aceh juga memiliki sebuah taman air (water park), yang cocok dijadikan sebagai salah satu tujuan rekreasi bersama keluarga, terutama bersama anak-anak yaitu Mutiara Water Park.

Taman air (water park) yang tempatnya berada di Kelurahan Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh ini memiliki berbagai jenis perosotan air dengan sensasi yang berbeda-beda.

9. Kolam Renang Vitra Tirta Raya

Kolam Renang Vitra Tirta Raya
Kolam Renang Vitra Tirta Raya
Kota Langsa di Provinsi Aceh juga memiliki beberapa kolam renang yang juga menarik dikunjungi, salah satunya yaitu Kolam Renang Vitra Tirta Raya di Kelurahan Paya Bujok Teungoh, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa, Aceh.
Kolam renang ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang memadai, sehingga kolam renang ini banyak dikunjungi pengunjung, baik pengunjung lokal maupun pengunjung dari luar kota.

10. Kolam Renang Keumuning Selembat

Kolam Renang Keumuning Selembat
Kolam Renang Keumuning Selembat

Selain Kolam Renang Vitra Tirta Raya, ada satu lagi tempat wisata di Langsa (Aceh) yaitu kolam renang, yang juga menarik untuk dikunjungi para wisatawan, yaitu Kolam Renang Keumuning Selembat.

Kolam renang yang berada di Desa Kemuning, Kecamatan Langsa Baru, Kota Langsa, Aceh ini mempunyai pemandangan yang cukup memukau. Pasalnya, kolam renang ini berada tepat diantara pegunungan.

11. Wisata Pantai Buatan Kuala Langsa

Wisata Pantai Buatan Kuala Langsa
Wisata Pantai Buatan Kuala Langsa

Tempat wisata di Langsa yang satu ini berada disebelah Wisata Hutan Mangrove Kota Langsa di Keluarahan Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Aceh. Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya.

Tempat wisata ini mengandalkan vegetasi hutan bakau sebagai daya tarik utamanya. Selain itu, di sepanjang bibir pantainya juga terdapat tempat lesehan, yang biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk bersantai.

Demikianlah pembahasan tentang tempat wisata di langsa Aceh yang bisa anda kunjungi. Tentunya sangat menarik jika berwisata dengan keluarga. Karena Aceh menghadirkan begitu banyak tempat wisata dengan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu harga tiket yang terjangkau juga menjadi salah satu pilihan para wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini.

Abdhi Mujahid Jangan Bosan Jadi Orang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *